PERAN ORANG TUA, SEKOLAH DAN MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN MASYARAKAT KEWARGAAN (CIVIL SOCIETY) DI SMA NEGERI 4 KUPANG

efraim semuel nalle(1*),


(1) Universitas Nusa Cendana
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya penyimpangan–penyimpangan  dalam masyarakat yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi karakteristik masyarakat itu sendiri. Hasilnya, apa yang masyarakat lihat, alami dan rasakan, memberikan pengaruh terhadap perkembangan masyarakat , baik pengaruh positif maupun negatif. Karena itu, diperlukan modal kajian masyarakat kewaragaan (Civil Society) sebagai  tolok ukur dalam membangun masyarakat. Penelitian kualitatif  dengan metode fenomenologi dan budaya  ini dilakukan di SMA Negeri 4 Kupang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumnetasi. Data yang diperoleh dari informen, selanjutnya diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis model interaktif,  hasilnya sebagai berikut : 1) Kurang optimalnya peran orang tua dalam membangun masyarakat kewargaan (Civil Society), 2) Sekolah secara baik menanamkan konsep masyarakat pada peserta didiknya namun perlu penguatan karakter pada pesertadidik, 3) Tidak dijalankan secara baik konsep masayarakat kewargaan (Civil Society) dalam kehidupan bermasyarakat, 4) kendala yang mengakibatkan tidak terbentuknya masyarakat kewargaan (Civil Society) secara baik meliputi kurang obtimalnya pendidikan karakter, sifat ketergantungan masyarakat yang begitu tingi kepada pemerintah, kurangnnya fasilitas dalam pengembangan anak di sekolah, kurangnnya pendidikan politik dan komunikasi politik serta, dan adanya praktik nepotisme dan kepentingan dalam pelaksanaan keadilan sosial.

Full Text:

PDF

References


Adha Muhammad M dan Kesuma Febra A. 2010. Penguasaan Konsep Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa. Jurnal Civicus. Vol. 15 No. II Juni 2010

AF Ahmad Gaus. (2011). Pemetaan Problem Radikalisme di SMU Negeri di 4 Daerah. Jurnal Maarif vol 8 No 1 Juli 2013.

Ahmadi Abdul. 2009. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Rineka Cipta

Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Amin, Maswardi. M. 2015. Pendidikan Karakter Anak Bangsa Edisi 2. Yogyakarta : Calpulis

Azra Azyumardi. 2016. Demokrasi Menurun. Kompas Rabu 10 Agusutus.

Badudu, J, S. Zain S, M. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Berita Resmi Statistik Nasional No. 73/08/Th. XIX, 03 Agustus 2016

Berita Resmi Statistik NTT No. 15/08/53/Th. XVIII, 13 Agustus 2015

Buku Guru PPKn. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ceka Ardita dan Murati Rabije. 2016. The Role of Parents in the Education of Children. Faculty of Philosophy, University of Tetova, 176 no.53A, Tetovo,1200 Macedonia, Faculty of Philosophy, University of Tetova,1200 Macedonia. Journal of Education and Practice Vol.7, No.5, 2016

Fagbeminiyi. Fasina, F. 2011. The Role of Parents in Early Childhood Education: A Cas Study of Ikeja, Lagos State, Nigeria. Covenant University, Ota, Ogun State Global. Journal of Human Social Science Volume 11 Issue 2 Version 1.0 March 2011.

Fahmi Donny Anhar dan Sundari Riris Setyo. 2014. Peranan Keluarga dan Masayarakat dalam Pendidikan Anak di Sekolah. Prosiding Seminar Hasil-hasi MBS. Universitas PGRI Semarang

Fajar Wildan Nurul. 2010. Model Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Media Pendidikan Politik bagi Kader dalam Meningkatkan Kesadaran Politik (Penelitian Grounded Theory dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia). Jurnal Civicus. Vol. 16. No.1 Januari 2011

Feka Mikhael. 2016. Perempuan dan Pilwalkot Kupang. Pos Kupang Jumat 29 April

Gafar Afan. 2006. Politik Indonesia: Transisi Menuju Demokrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gaurav Sachar. 2015. Teacher’s Positive Influence On Learner’s Character Formation. International Journal of Educational Research and Technology P-ISSN 0976-4089; E-ISSN 2277-1557 IJERT: Volume 6 June 2015:49-52

Hadzuka Irvan. 2014. Peran dan Tanggung jawab Keluarga dalam Membentuk Masyarakat Madani. Artikel Perahu Jagat. http :// perahujagad. Blogspot .co .id/2014/10/peran-dan-tanggung-jawab-keluarga-dalam.html. 18/01/2017

Hamdani. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia

Haq Fajar Riza Ul. 2013. Intoleransi di Tahun Politik. Kompas Kamis 7 Maret

Haryanto. 2011. Pendidikan Karakter menurut Ki Hajar Dewantara. Dalam Jurnal Cakrawala Pendidikan. Edisi Khusus Dies Natalis UNY

Hasbullah. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gafindo persada.AF Ahmad Gaus. (2011). Pemetaan Problem Radikalisme di SMU Negeri di 4 Daerah. Jurnal Maarif vol 8 No 1 Juli 2013.

Hayati. 2013. Fungsi Sekolah dan Implikasinya Bagi Pengembangan Kurikulum. Jurnal Vol 1. No 1

Idi Abdullah. Hd Safarina. 2014. Sosiologi Pendidikan: Individu,Masyarakat dan Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Idi Abdullah.2016. Etike Pendidikan:Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ihsan H. Fuad. 2010. Dasar-Dasar Kependidikan: Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.

Kusuma Febra Anjar. 2012. Peranan Penguasaan Konsep Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa di SMP N 1 Pagelaran Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Program Studi PKNJurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung

Labola, Muhadam. Ilham, Teguh. 2015. Partai Politik dan Sistem Pemilihan Umum di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Malik Hermen. 2016. Membangun Generasi Berperadaban. Pamulang; Indes Publishing.

Manalu, Mario.P dan Aimamora, Boni. F. 2014. Gerakan Pramuka: Mempersiapkan Generasi Muda. Jakarta Timur: Lestari Kiranatama.

Mayasari Feri. 2013. Hubungan antara pola asuh demokratis orang tua Terhadap moralitas pada remaja. Jurnal. Fakultas Psikologi Universitas Semarang

Miles, Mattew B dan Huberman A. Michael. 2007. Analisis Data Kualitatif. Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, Lexy. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

NTT Terkini. 20016. 53,8 Persen Remaja Kota Kupang Alami Kekerasan Gender. http://www.nttterkini.com/538-persen-remaja-kota-kupang-alami-kekerasan-gender/. 17/01/2017

NTT Terkini. 2013. Terlibat Tawuran, 18 Pelajar Diamankan. http ://www .nttterkini.com/terlibat-tawuran-18-pelajar-diamankan/. 17/01/2017

Parsa, I. Made. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan (MPP). Bahan Ajar Mandiri. Program Studi PIPS, Program Pascasarjana UNDANA.

Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang pendidikan agama dan pendidikan keagamaan

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

PP Nomor 32 Tahun 2013 Penjelasan Pasal 77 I Ayat (1) huruf a

PP Nomor 32 Tahun 2013 Penjelasan Pasal 77 I Ayat (1) huruf b

Purwaningsih, Endang. 2010. Keluarga dalam Mewujudkan Pendidikan Nilai : Upaya Mengatasi Degradasi Nilai Moral. “Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, Volume I No 1

Raharjo Basuki. 2006. Mewujudkan Kota Kasih dengan Semangat P2KP. Artikel P2KP

Salamor, Lisye. 2010. Peranan Keluaraga dan Sekolah dalam Pelaksanaan Pendidikan Nilai Guna Membentuk Karakter Anak. Prosiding Seminar Aktualisasi Pendidikan Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Samsuri. 2010. Transformasi Gagasan Masyarakat Kewargaan (Civil Society) Melalui Reformasi Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia (Studi Pengembangan Kebijakan Kewarganegaraan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Erah Reformasi). Disertasi. Sekolah Pasacasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

.2010. Model Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Kompetensi Warga Negara. Jurnal Civicus. Vol. 15 No. II Juni 2010

Sontani, Erni. N. 2012. Studi Tentang Peran Orang Tua dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral dalam Keluarga di TK Pertiwi Kupang di Kelurahan Naikolan Kota Kupang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. FKIP UNDANA

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suherman Eman. 2011. Pramuka Membangun Ekonomi Bangsa: Menggagas Pembangunan EkonomiMasyarakat Melalui Kegiatan Entreoreneurship di lingkungan Gerkan Pramuka. Bandung: Alfabeta.

Sujatmiko Iwan Gardono. 2001. Wacana Civil Society di Indonesia. Jurnal Masyarakat No 9 2001

Suroto. 2015. Konsep Masyarakat Madani Di Indonesia Dalam Masa Postmodern (Sebuah Analitis Kritis). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraaan. PPKN, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin

Ubaedillah A, Rozak Abdul(Ed). 2010. Pendidikan Kewargaan (Civic Education): Demokrasi, Hak Asasi Manusai dan Masyarakat Madani edisi ke-Tiga. ICCI UIN: Jakarta.

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik

Utari Retno. 2011. TAKSONOMI BLOOM Apa dan Bagaimana Menggunakannya Jurnal Widyaiswara Madya, Pusdiklat KNPK.

UU No 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional pada pasal 13 ayat 1

UU Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka Pasal 4

Westergard Elsa . 2013. Teacher Competencies and Parental Cooperation. University of Stavanger Stavanger, Norway. International Journal about Parents in Education. Vol. 7, No. 2, 91-99

William G. Thompson . 2002. The Effects of Character Education on Student Behavior. Dissertation. the faculty of the Department of Educational Leadership and Policy Analysis East Tennessee State University.

Yunus, Mahmud. 2006. Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran. Jakarta: Hidakarya Agung.

Yusuf LN, Syamsu dan Nurihsan A, Juntika. 2008. Teori Kepribaian. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya




DOI: 10.24235/edueksos.v6i2.2189

Article Metrics

Abstract view : 360 times
PDF - 160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon