The Effect of Online Learning on Student Learning Interest and Motivation
(1) Universitas Hamzanwadi
(2) Universitas Hamzanwadi
(3) Universitas Hamzanwadi
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstract: The purpose of this study was to determine the effect of online learning on the interest and learning motivation of Hamzanwadi University economics students. The type of research is quantitative research using simple random sampling technique, and the data collection technique is a Google form questionnaire using a Liker scale, namely strongly agree 3, agree 2, and disagree 1. The data analysis technique uses simple linear regression analysis. Then the results of the study show that online learning on learning interest is obtained tcount 7.697 > t table 1.989, at a significant level of 5%. The magnitude of the influence of online learning on learning interest based on the results of the hypothesis test is 42.9% while the remaining 57.1% is influenced by other factors not examined. While the results of data analysis on online learning variables on learning motivation obtained tcount 5.156 > ttable 1.989, at a significant level of 5%. The magnitude of the influence of online learning on learning interest based on the results of the hypothesis test is 25.2% while the remaining 74.8% is influenced by other factors not examined.
Keywords: Online Learning, Learning Interest and Learning Motivation
Â
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Hamzanwadi. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik simple random sampling, dan teknik pengumpulan data yaitu angket google form menggunakan skala liker yakni sangat setuju 3, setuju 2, dan tidak setuju 1. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring terhadap minat belajar diperoleh thitung 7,697 > t tabel 1,989, pada taraf signifikan 5%. Adapun besarnya pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar berdasarkan hasil uji hipotesis 42,9% sedangkan sisanya yakni 57,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Sedangkan hasil analisis data variabel pembelajaran daring terhadap motivasi belajar diperoleh thitung 5,156 > ttabel 1.989, pada taraf signifikan 5%. Adapun besarnya pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar berdasarkan hasil uji hipotesis 25,2% sedangkan sisanya yakni 74,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Minat Belajar dan Motivasi Belajar
Full Text:
PDF 258-270References
REFERENCE
Aliyas, A., & Ma’ruf, M. W. ars E. (2022). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI SDN 26 TAMANROJA KABUPATEN PANGKEP. NineStars Education, 2(1), 15–25.
Aprizan, Subhanadri, & Avana, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Basicedu, 5(3), 3445–3459. https://jbasic.org/index.php/basicedu%0APengaruh
Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339-2347.
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar ipa pada siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231–238.
Cahyani, A., Listiana, I. D., Puteri, S., Larasati, D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140.
Fahrurrozi, M., & Majid, M. A. (2017). Pengembanggan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Sman 1 Selong Tahun Pelajaran 2017/2018. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 1(1), 57. https://doi.org/10.29408/jpek.v1i1.459
Firdausih, F. (2020). Efesiensi Metode Pembelajaran Daring Bagi Pelajar Dimasa Pandemi Covid 19. Islamic Akademika, 7(1), 210–224.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.
Hilmiatussadiah, K. G. (2020). Hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi dengan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 66–69.
Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa pada masa pandemik covid-19. Behavioral Accounting Journal, 3(1), 37–46.
Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 di Provinsi Lampung. Idaarah, 4(2), 200–209.
Kurnianto, B., & Rahmawati, R. D. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi. Sendika, 2(1), 1–11.
Kurniawan. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring (Online) di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Tingkat Minat Belajar Mahasiswa. PGRI Yogyakarta, 9(2), 47–51.
Moonicca, I., Subkhan, & Setiyani, R. (2015). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Di Smk Palebon Semarang. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 414–426. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Mustakim, M. (2018). Penerapan Promosi Dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha (PT JM Mutu Utama Serpong). Jurnal Pemasaran Kompetitif. https://doi.org/https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i2.855
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160.
Ngabidin, M. (2021). Pembelajaran Di Masa Pandemi, Inovasi Tiada Henti (Kumpulan Best Practices Inovasi Pembelajaran). Deepublish.
Pratama, A. P. (2021). Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa sd. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Puspitha, F. C., Sari, M. I., Oktaria, D., Kedokteran, F., Lampung, U., Kedokteran, B. P., Kedokteran, F., & Lampung, U. (2018). Hubungan Stres Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Journal Majority, 7, 24–33.
Putriana, C., Studi, P., Matematika, T., Tarbiyah, F., Ngembalrejo, J. C., & Tengah, J. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6.
Rahman, M. H. (2014). Professional competence, pedagogical competence and the performance of junior high school of science teachers. Journal of Education and Practice, 5(9), 75–80.
Santoso, R. (2021). Pengaruh motivasi dan sarana belajar online terhadap kemandirian belajar mahasiswa feb institut asia di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1), 25–36.
Selvia, D. (2021). Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 4(2), 47–55.
Sirait, E. D. (2016). engaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43.
Sodik, S. S. A. (2015). Dasar Metodologi penelitian. Literasi Media.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sur, W. A. A., Hasanah, M., & Mustofa, M. R. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EQUATION Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematikaal, 3(2), 40–54.
Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2).
Yani, S. R., & Siwi, M. K. (2020). Analisis penggunaan media sosial dan sumber belajar digital dalam pembelajaran bagi siswa digital native di SMAN 2 painan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 1–7.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45.
DOI: 10.24235/edueksos.v11i2.12132
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF 258-270 - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.