Strengthening Character Education Based on Local Wisdom in Learning IPS
(1) IAIN Kudus
(2) IAIN Kudus
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstract: The purpose of this research is to reveal the local wisdom of Lau village in Dawe, Kudus as a social study learning resource for strengthening the character education of students at MTs NU Sunan Muria Kudus. This research type is field research with a descriptive qualitative approach in which the research subjects are social studies teachers, eighth grade students, and the Lau village community in Dawe, Kudus. Data collection techniques are using interviews, observation, and documentation. The analysis used is data collection, data reduction, data display, and drawing conclusions. The results of this research indicate local wisdom in the form of Tapa Ngeli and Pager Mangkok and the relevance of both local wisdom with social studies learning resources at MTs NU Sunan Muria can be seen in the cultural function academically and practically according to basic competences and GPA as well as the implementation of strengthening character education through local wisdom of Lau village in Dawe, Kudus with social studies learning activities starting with the opening. The main activities include literacy, collaboration, and communication activities. In the end, there are material concluding and advising. For the closing, ended with prayers and parting. In conclusion, local wisdom forms of Lau village in Dawe, Kudus can become a social study learning resource that strengthens the character of the students at MTs NU Sunan Muria Kudus.
Â
Keywords: Character Education, Local Wisdom, Social Studies Learning Resources Â
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kearifan lokal Desa Lau Dawe Kudus sebagai sumber belajar IPS untuk penguatan pendidikan karakter peserta didik di MTs NU Sunan Muria Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru IPS, peserta didik kelas VIII,  dan masyarakat Lau Dawe Kudus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, mereduksi data, mendisplay data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kearifan lokal berupa tapa ngeli dan pager mangkok dan relevansi kearifan lokal tapa ngeli dan pager mangkok dengan sumber belajar IPS di MTs NU Sunan Muria terlihat dalam fungsi budaya secara akademis  dan praktis sesuai antara KD dan IPK serta implementasi penguatan pendidikan karakter melalui kearifan lokal Lau Dawe Kudus dengan kegiatan pembelajaran IPS dimulai dengan pembukaan. Kegiatan inti dengan kegiatan literasi, collaboration, dan communicaty. Akhir, ada kesimpulan materi dan pemberian nasehat. Penutup, diakhiri doa dan salam. Simpulannya bentuk-bentuk kearifan lokal Desa Lau Kudus dapat menjadi sumber belajar IPS yang menguatkan karakter peserta didik di MTs NU Sunan Muria.
Â
Keywords: Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, Sumber Pembelajaran IPSÂ
Full Text:
PDF 243-257References
REFERENCES
Afwan, A., Istiqomah, & Armando, R. (2022). Wawancara dengan Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, dan Guru IPS.
Ahmad, N., & Nafis, U. Z. (2021). Dakwah Kultural Nilai-Nilai Kearifan Lokal: Ajaran Sunan Muria di Kampung Budaya Dawe Kudus. At Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 8(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/at-tabsyir.v8i1.11176
Armando, R. (2022). Wawancara dengan Guru IPS.
Asri Noorrodliyah. (2022). Wawancara dengan Masyarakat Lau.
Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral Dan Karakter. Pamator Journal, 13(1).
Fa, N. A. (2021). Dampak Penggunaan TikTok Terhadap Kondisi Sosial Budaya Masyarakat. Retrieved from yoursay.suara.com website: https://yoursay.suara.com/kolom/2021/06/13/190500/ dampak-penggunaan-aplikasi-tiktok-terhadap-kondisi-sosial-budaya-masyarakat
Farid, M. (2021). Implementasi Teori Bourdieu dalam Upaya Menjaga Warisan Budaya Sunan Muria pada Masyarakat Piji Wetan Desa Lau Kabupaten Kudus. Jurnal Penelitian, 15(2). https://doi.org/10.21043/jp.v15i2.11305
Hendraman. (2019). Pendidikan Karakter Era Milenial. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Indonesia Darurat Krisis Kebudayaan. (2016). Retrieved from Badan Litbang Kementerian Dalam Negeri website: https://litbang.kemendagri.go.id/website/indonesia-darurat-krisis-kebudayaan
Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.10244
Jangan Abaikan, 7 Efek Buruk Bermain Gadget Dan Internet Pada Anak-Anak. (2021). Retrieved from kompas.com website: kompas.com/sains/read/2021/07/04/100500323/jangan-abaikan-7-efek- buruk-bermain-gadget-dan-internet-pada-anak-anak
Kahn, R. (2008). From Education for Sustainable Development to Ecopedagogy: Sustaining Capitalism or Sustaining Life? in Green Theory & Praxis. The Journal of Ecopedagogy, 4(1).
Octaviani, A. A., Furaidah, & Untari, S. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Nilai Religius Dalam Program Kegiatan Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11).
Octaviani, A. A., Furaidah, & Untari, S. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Nilai Religius dalam Program Kegiatan Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 4(11). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13044
Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264
Rasimin. (2019). Pengembangan Karakter Toleran Dalam Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal. Salatiga: LP2M Press IAIN Salatiga.
Sapriya. (2015). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumarto. (2019). Budaya, Pemahaman dan Penerapannya. Jurnal Literasiologi, 1(2).
Suratman, Munir, M., & Salamah, U. (2013). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Malang: Intimedia.
Tumanggor, N. R., & Ridho, K. (2015). Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar. Jakarta: Prenadamedia.
Ula, V. M. (2021). Mengenal Pager Mangkok Warisan Sunan Muria. Retrieved November 19, 2022, from murianews.com website: https://www.murianews.com/2021/11/26/254790/mengenal-pager-mangkok-warisan-sunan-muria
Utomo, E. P. (2020a). Nilai-Nilai Karakter Ritual King Ho Ping Sebagai Sumber Belajar IPS. Harmony, 5(1).
Utomo, E. P. (2020b). Nilai-Nilai Karakter Ritual King Ho Ping Sebagai Sumber Belajar IPS. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/harmony.v5i1.40281
Valiana, L. (n.d.). Dampak Pengunaan Aplikasi Tik Tok Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Kelas VI MIN 1 Aceh Utara. Retrieved from https://repo.iainlhokseumawe.ac.id/index. php?p=show_detail&id=2183&keywords=
Zaini, M. (2022). Wawancara dengan Masyarakat Lau.
DOI: 10.24235/edueksos.v11i2.11897
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF 243-257 - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.