Educational Interaction Patterns of Students in Blended Learning during Covid 19
(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Ahmad Dahlan
(4) Universitas Nusa Cendana
(5) STKIP Pasundan Cimahi
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstract: The Covid 19 pandemic requires teachers to apply blended learning. This raises several patterns of interaction between teachers and students and various potentials that support and hinder them. This study aims to understand the patterns of educational interaction in blended learning at SDN 210/X Bandar Jaya during the pandemic as well as the obstacles and support in interaction patterns. This research method is descriptive qualitative. Data were obtained from school principals and teachers. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data display and data verification. The results of this study indicate that there are three types of interaction patterns in blended learning at SDN 210/X Bandar Jaya, namely one-way interaction that occurs when the teacher uses the lecture method, two-way interaction that occurs when the teacher uses the combined lecture method with question and answer, and interaction three directions that occur when the teacher uses the discussion method. The supporting factors for educational interaction patterns consist of teachers, facilities and infrastructure, and educational staff, while the inhibiting factors for educational interactions consist of teachers, internet networks, and passive students.
Keywords: Educative Interaction, Blended learning, Covid 19 Pandemic
Â
Â
Abstrak: Pandemi Covid 19 mengharuskan guru menerapkan pembelajaran blended learning. Hal ini memunculkan beberapa pola interaksi antara guru dan peserta didik dan berbagai potensi yang mendukung dan menghambatnya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pola interaksi edukatif dalam pembelajara blended learning di SDN 210/X Bandar Jaya pada masa pandemi serta hambatan dan dukungan dalam pola interaksi. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data didapatkan dari kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis pola interaksi dalam pembelajaran blended learning di SDN 210/XÂ Bandar Jaya yaitu interaksi satu arah yang terjadi ketika guru menggunakan metode ceramah, interaksi dua arah yang terjadi ketika guru menggunakan metode gabungan ceramah dengan tanya jawab, dan interaksi tiga arah yang terjadi ketika guru menggunakan metode diskusi. Faktor pendukung pola interaksi edukatif terdiri dari guru, sarana dan prasarana, dan tenaga kependidikan, sedangkan faktor penghambat interaksi edukatif terdiri dari guru, jaringan internet, dan pasifnya peserta didik.
Kata kunci: Interaksi Edukatif, Blended learning, Pandemi Covid 19Full Text:
PDF 193-205References
REFERENCES
Adib, H. (2021). Pola Interaksi Edukatif dalam Metode Pembelajaran di Pesantren Khozinatul ‘Ulum Blora. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 38–47.
Ahmad, V. I., Ikmal, H., Mumtahana, L., & Fatmala, E. (2021). Blended learning Sebagai Solusi Pembelajaran di Era Pandemi. New Litera Publishing.
Aidah, S. N. (2020). Cara Efektif Penerapan Metode dan Model Pembelajaran. KBM Indonesia.
Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i.(7), 5, 395–402.
Amelia, R., Priatmoko, S., & Sugiri, W. A. (2021). Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Desain Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. ELSE : Elementary School Education Journal, 5(2).
Ardiana, D. P. Y., Widyastuti, A., Susanti, S. S., Halim, N. M., Herlina, E. S., Nugroho, D. Y., Fitria, D., Veryawan, & Yuniwati, I. (2021). Metode Pembelajaran Guru. Yayasan Kita Menulis.
Arifin, H. N. (2021). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Masa Pandemi Covid-19 Ma Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2).
Ayub, M. (2020). Interaksi Edukatif Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Fathussalam Desa Banyiur Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala.
Chanifah, Budiyanto, C., & Raharjo, J. S. (2020). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Online Menggunakan Aplikasi Zoom Pada Mata Pelajaran Btik Kelas Viii A Smp Takhassus Al-Qur’an Kalibeber. Jiptek: Jurnal Ilmu Pendidikan Teknik Kejuruan, 13(2).
Chomaidi, & Salamah. (2018). Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran di Sekolah. Kompas Gramedia.
Dewi, A. A. (2018). Guru mata tombak pendidikan. CV Jejak (Jejak Publisher).
Dilaga, D. S. P. (2016). Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Prenadamedia Group.
Djamarah, S. B. (2014). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif (Edisi Revisi). Rineka Cipta.
Fatirul, hmad N., Walujo, D. A., & Wiryokusumo, I. (2020). Desain Pembelajaran Blended learning: Desain Pembelajaran Online Hasil Penelitian. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.
Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. Bumi Aksara.
Himmah, A. F. (2021). Implementasi Strategi Metode Ceramah dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Siswa Kelas II MI Nurul Islam 02 Balung Kulon di Masa Pandemi. PESAT:Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Agama, 6(6).
Kompri. (2017). Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah: Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional Edisi Pertama. Kencana.
Kuswandi, D., Zulnaidi, H., Kurniawan, C., Wedi, A., Aulia, F., Maknuunah, L., Nafi’ah, M. Z. I., Thaariq, Z. Z. A., & Wijanarko, D. A. (2021). Kesiapan dan Keterlibatan Pebelajar dalam Kurikulum Pembelajaran Online. Academia Publication.
Lubis, Ananda, D. F., Munthe, S. A., Maru’ao, W. S., Nasution., T. S. F., Triana, N. M., Rahayu, D., & Hasibuan, M. R. (2021). Administrasi Pembelajaran (Studi Praktis Mahasiswa di Lembaga Pendidikan). UMSU Press.
Manullang, J., Sidabutar, H., & Manullang, A. (2021). Efektifitas Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Imliah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3).
Marjono. (2018). Rahasia Sembilan Kiat Sukses Siswa Berprestasi. LPPM IAI Ibrahimy Genteng Press & Erisy Syawiril Ammah, M.Pd.
Muzakki, M. N. S., Daryono, Damayanti, A. M., & Mujiwati, Y. (2021). Efektifitas Metode Pembelajaran Student-Centered Learning Pada Learning management System di Univesitas PGRi Wiranegara. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional 2021, 1.
Nasution, A. H., Tanjung, F., & Iqbal, M. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran Sejarah. Yayasan Kita Menulis.
Ngabidin, M. (2021). Pembelajaran di Masa Pandemi: Inovasi Tiada Henti (Kumpulan Best Practice Inovasi Pembelajaran Pada Sekolah Model di Masa Pandemi Covid 19) SD. Deepublish.
Nur Afif, M. P. I., & Bahary, A. (2020). Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan Pendidikan dalam Al-Quran. Karya Litera Indonesia.
Nurfatimah, Affandi, L. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Kelas Tinggi di Sdn 07 Sila Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Profesi Pendidikan, 5(2).
Rianse, U. (2012). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi (Teori dan Aplikasi). Alfabeta.
Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagodik Guru: Dilengkapi Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Kencana.
Subakti, H., Zakaria, Muslikhah, R. I., Ismail, J. K., Badi’ah, A., Maisarah, Sumarsih, & Munandar, A. (2022). Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Media Sains Indonesia.
Sudiyono. (2020). Metode Diskusi kelompok dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Adab.
Sudiyono. (2021). Metode Diskusi Kelompok dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=mxQSEAAAQBAJ
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Suhelayanti, S., Aziz, M. R., Sari, D. C., Safitri, M., Saputra, S., Purba, S., Revida, E., Purba, R. A., Muharlisiani, L. T., & Simarmata, J. (2020). Manajemen Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Usman, D. H., Mujahidin, E., & Fath, A. F. (2021). Penerapan metode ceramah online dalam pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Ta’dibuna, 10(4).
Wibowo, D. R. (2020). Problematika Guru SD Dalam Pembelajaran IPS Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Terampil, 7(2).
DOI: 10.24235/edueksos.v11i2.11893
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF 193-205 - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.