PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PLANTED QUESTIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

jubaedah jubaedah(1*), aris suherman(2), yeti nurizzati(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam suatu proses belajar mengajar, salah satu yang terpenting adalah adanya strategi atau metode pembelajaran. Penggunaan strategi pembelajaran dalam proses belajar mengajar seharusnya dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Namun kondisi di lapangan memperlihatkan bahwa penggunaan metode konvensional masih digunakan seperti halnya metode ceramah dan tanya jawab kurang mampu untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu adanya penggunaan strategi atau metode yang terbaru agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tersebut. Sebagai hasil pengkajian, maka dalam penelitian ini digunakanlah strategi pembelajaran aktif Planted Questions. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas.  Subyek pada penelitian ini ialah siswa kelas VIII B MTs Negeri 2 Kota Cirebon dengan jumlah 40 siswa. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Pengamatan pada pelaksanaan penelitian menunjukan terjadinya peningkatan. Hasil belajar siswa meningkat dari pra siklus dengan rata-rata kelas 71,12 dengan ketuntasan belajar 47,5% menjadi rata-rata kelas 75,25 dan ketuntasan belajar 67,5% pada siklus I dan siklus II rata-rata kelas menjadi 80,37 dengan ketuntasan belajar 82,5% adapun pada siklus III rata-rata kelas menjadi 86,75 dan ketuntasan belajar 90%. Aktivitas guru meningkat pada siklus I yaitu 52% menjadi 70% pada siklus II dan 94% pada siklus III. Aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 50% menjadi 70% pada siklus II dan 94% pada siklus III. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelaajaran aktif Planted Questions dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas pembelajaran.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Planted Questions, Penelitian Tindaan Kelas



Full Text:

PDF

References


Azis, Abdul, dkk. 2009. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ahmadi, Iif Khoiru dan Amri Sofan. 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

-------------------. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Eri Murniasih, dkk. 2009. 101 Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan. Semarang: Sindur Press.

Gulo, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Hasbullah, 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayanti. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Hisyam Zaini. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Mandiri.

Ibrahim & Syaodi, Nana. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Jihad, Asep & Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelittian Tindakan Kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muslich Mansur. 2011. Melaksanakan PTK itu Mudah,Jakarta: Bumi Aksara.

Puskur Balitbang Depdiknas. 2003. Model-model Pembelajaran Efektif. (www.puskur_balitbang_depdiknas.com).

Riduwan, 2007. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman, Muhammad. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

SilbermanL. Melvin. 2011. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif.Bandung: Nuansa.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta; Rineka Cipta.

Sumadayo, Samsu. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumadi, Suryabrata. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surya, Muhammad. 2004. Psikologi Belajar dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Masmedia Buana Pustaka.

Syah, Muhibbin. 2002. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.

Tineredja, Tukiran. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Media Group.

Uno B.Hamzah, dkk. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

-------------------. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibawa, Basuki. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional.

Wiraatmadja, Rachiati. 2012. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

(http;//Aktivitas belajar.html) di akses hari Selasa pada tanggal 12 Desember 2015 jam 20:00

(http://gudangmakalah.blogspot.com/2013/05/efektifitas-strategi-planted.html). di akses hari Selasa pada tanggal 12 Desember 2015 jam 21




DOI: 10.24235/edueksos.v5i2.1169

Article Metrics

Abstract view : 832 times
PDF - 638 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon