Development of Android-Based Learning Media in the Characteristics of Trading Company Materials

Riski Rona Annisa(1), Kuswanto Kuswanto(2*),


(1) Jambi University
(2) Jambi University
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract: The development of technology in the field of education provides opportunities in the use of android as a learning medium. Android is a device containing an operating system (open source) based on Linux which is widely used as a learning medium in the classroom to make the learning process more effective and efficient. This study aims to determine how the development of android-based learning media in the characteristics of trading company materials class XII IPS SMAN 6 Jambi City as an effort to meet the demands of the paradigm and how the level of feasibility of android-based learning media characteristics of trading company materials class XII IPS SMAN 6 Jambi City according to media experts, material experts, and students. This research was conducted at SMAN 6 Jambi City in April-May 2022. The development of android media uses the 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate method. The research data was obtained using observation questionnaires to teachers in the field of economic studies as well as students, media experts and material experts. The results showed that android-based learning media material characteristics of trading companies for class XII IPS SMAN 6 Jambi City based on the assessment of media experts, material experts, teachers, and students were declared eligible or valid by obtaining a score of 119 ("very good" category) by material experts; a score of 92 (“good” category) by media experts; and a score of 116 or an average percentage of 97% (category "very good") based on student response questionnaires. From the results of this study, it is suggested that: (1) Students can use their cellphones more often for learning activities compared to other entertainment activities; (2) Teachers can use android-based learning media more often if there are limitations of learning media provided by the school; (3) Schools can further equip innovative or technology-based learning media facilities for economic learning; and (4) other researchers can test the effectiveness of this media on learning.

Keywords: Android Media Development, Characteristics of Trading Companies

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis android materi karakteristik perusahaan dagang kelas XII IPS SMAN 6 Kota Jambi sebagai upaya pemenuhan tuntutan pardigma serta bagaimana tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis android materi karakteristik perusahaan dagang kelas XII IPS SMAN 6 Kota Jambi menurut ahli media, ahli materi, dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMAN 6 Kota Jambi pada April-Mei 2022.  Data penelitian diperoleh dengan angket observasi terhadap guru bidang studi ekonomi serta siswa, memberikan lembar validasi kepada ahli media ahli materi  dan menyebarkan angket respon siswa. Setelah itu masing-masing data dianalisis baik secara kualitatif ataupun kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa media android sebagai upaya pemenuhan tuntutan pardigma telah berhasil dikembangkan dengan mengadaptasi model pengembangan 4D Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran) menggunakan beberapa yakni; software Java Runtime Environment (JRE), Powerpoint, iSpring Suite, dan Website 2 APK Builder Pro. Untuk kelayakan media pembelajaran berbasis android materi karakteristik perusahaan dagang kelas XII IPS SMAN 6 Kota Jambi ahli media, ahli materi, guru, dan peserta didik dinyatakan layak atau valid dengan memperoleh skor 119 (kategori “sangat baik”) oleh ahli materi; skor 92 (kategori “baik”) oleh ahli media; dan skor 116 atau persentase rata-rata 97% (kategori “sangat baik”) berdasarkan angket respon peserta didik. Dari hasil penelitian ini disarankan agar: (1) Peserta didik dapat lebih sering memanfaatkan handphone yang dipunyai untuk kegiatan pembelajaran dibandingkan kegiatan hiburan lainnya; (2) Guru dapat lebih sering memanfaatkan media pembelajaran berbasis android jika terjadi keterbatasan media pembelajaran yang disediakan oleh pihak sekolah; (3) Bagi sekolah dapat lebih melengkapi fasilitas media pembelajaran yang inovatif atau berbasis teknologi untuk pembelajaran ekonomi; dan (4) Bagi peneliti lain dapat menguji efektivitas media ini terhadap pembelajaran.

Keywords: Pengembangan media android, karakteristik perusahaan dagang


Full Text:

PDF 136-151

References


REFERENCES

Alhafidz, M. R. L., dan Haryono, A. (2018). Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 118-124.

Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167.

Bakhruddin, M. (2021). Strategi Belajar Mengajar "Konsep Dasar dan Implementasinya". Bojonegoro: Agrapana Media.

Damayanti, P. A., dan Qohar, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis powerpoint pada materi kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119-124.

Destiawan, M. C., & Adi, S. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Olahraga Renang (Literature Review). Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(1), 73-88.

Fatmawati, F., Sukartiningsih, W., & Indarti, T. (2021). Media Pembelajaran Audio Visual: Literature Review. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(1).

Fikri, H dan Madona, A.S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yokyakarta: Samudra Biru.

Guntoro. (2019). Android Studio Mastery “Panduan Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula Dalam 9 Hari”. Banten: Badoy Studio.

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media pembelajaran matematika konkret versus digital: Systematic literature review di era revolusi industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131-140.

Hilir, A. (2021). Teknologi Pendidikan Di Abad Digital. Klaten: LAKEISYA.

Japar, M. (2018). Teknologi dan Informasi Pendidikan. Jakarta: Laboratorium Sosial Politik Press.

Kartini, K. S., dan Putra, I. N. T. A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12-19.

Kemp, S. (2021). https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia diakses 21 November 2021 Pukul 22.32.

Mulyana, R. A., Nurchotimah, A. S. I., & Mutaqin, Z. (2022). Konsep Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, 11(1).

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., & Iskandar, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Purwati, Y., Buyung, B., dan Relawati, R. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Matriks Siswa Kelas XI MIA SMAN 6 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(1), 213-221.

Putra, A. (2021). Systematic Literature Review: Media Video Blog (Vlog) pada Pembelajaran Matematika. Alauddin Journal of Mathematics Education, 3(1), 111-121.

Rahmawati, A. (2015, November). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mekanika Teknik Melalui Media Pembelajaran Inovatif. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (Vol. 1, No. 1).

Riduwan. (2018). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, A., & Yunani, E. (2020). The Effectiveness of Video as a Tutorial Learning Media in Muhadhoroh Subject. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(02), 73-80.

Sarah, R. A P., dan Effendi, Z. M. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Sma. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(3), 356-365.

Setiadi, M. E., dan Ghofur, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(3).

Shoffa, S. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Bojonegoro: CV. Agrapana Media.

Wahyono, H. N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Interaktif Berbasis Android Sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 4(2), 74-77.

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., dan Setyansah, R. K. (2018). Media pembelajaran interaktif berbasis animasi pada materi statistika untuk siswa kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101-112.

Widoyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wijaya, R. E., Mustaji, M., & Sugiharto, H. (2021). Development of Mobile Learning in Learning Media to Improve Digital Literacy and Student Learning Outcomes in Physics Subjects: Systematic Literature Review. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 3087-3098.

Yuniastuti, M., dan M. Khoiron. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial Tinjauan Teoritis Dan Pedoman Praktis. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Zakiy, M. A, Syazali, F. dan Farida, M. (2018). Pengembangan media android dalam pembelajaran matematika. Triple S (Journals of Mathematics Education), 1(2), 87-96.

Zuhra, C. H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Materi Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang. Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK), 2(4), 704-721.




DOI: 10.24235/edueksos.v11i2.11005

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF 136-151 - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon