SAINS GEOGRAFI DALAM AL-QUR’AN: Mengungkap Isyarat Ilmiah dalam Ayat-Ayat Kawniyah
(1) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(2) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(3) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(4) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(*) Corresponding Author
Abstract
This article examines the science of geography in the Qur’an, including an understanding of the Kawniyah verses which are in line with the discussion of the science of geography. This article aims to expand insight into how the text of the Qur’an can be integrated into geographical studies by revealing the scientific signal contained in the verses of the Qur’an and the role of science in responding to this phenomenon. This research uses a qualitative approach with a focus on library research. The data obtained comes from books, journal articles and various literature related to the topic discussed. The method used in this research is descriptive analysis. The results of the analysis show that there are at least two geographical studies, namely physical geography and social (human) geography. Physical geography cues can be found in Kawniyah verses, such as Q.S. Nūḥ [71]: 19-20 about the shape of the earth in the form of an expanse and Q.S. Al-Naml [27]: 88 explains the phenomenon of walking mountains supported by the theory of plate tectonics. Furthermore, signs of social geography are found in Q.S. Āli ‘Imrān [3]: 96 regarding the first house, namely the Kaaba in Mecca, and reveals scientific facts that geographically the Kaaba reflects a building with a trapezoidal construction that never changes.
Tulisan ini mengkaji tentang sains geografi dalam Al-Qur’an meliputi pemahaman terkait ayat-ayat Kawniyah yang selaras dengan pembahasan ilmu geografi. Artikel ini bertujuan untuk memperluas wawasan mengenai bagaimana teks Al-Qur’an dapat diintegrasikan dalam kajian geografi dengan mengungkap isyarat-isyarat ilmiah yang termuat dalam ayat-ayat Al-Qur’an dan peran sains dalam merespon fenomena tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada penelitian kepustakaan. Data yang diperoleh berasal dari buku-buku, artikel jurnal dan berbagai literatur yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kajian geografi setidaknya ada dua, yaitu geografi fisik dan geografi sosial (manusia). Isyarat geografi fisik dapat ditemukan dalam ayat-ayat Kawniyah, seperti Q.S. Nūḥ [71]: 19-20 tentang bentuk bumi yang berupa hamparan dan Q.S. Al-Naml [27]: 88 menjelaskan tentang fenomena gunung berjalan dengan didukung oleh teori lempeng tektonik. Selanjutnya, isyarat geografi sosial terdapat dalam Q.S. Āli ‘Imrān [3]: 96 mengenai rumah pertama yakni Ka’bah yang berada di Makkah serta mengungkap fakta-fakta ilmiah bahwa secara geografi Ka’bah mencerminkan bangunan dengan kontruksi trapesium yang tidak pernah berubah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, Gusti. “Konsep Alam Semesta dalam Perspektif Al-Qur’an dan Sains”, Journal GeoScienceEdu Vol. 1, No. 1 (2020).
Al-Shaykh, Abdullāh bin Muḥammad bin ‘Abdurraḥmān bin Isḥāq. Tafsīr Ibn Kathīr. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i, 2005.
Al-Shawkānī. Tafsīr Fatḥ al-Qadīr. Jakarta: Pustaka Amzah, 2012.
Al-Ṭabarī, Abū Ja’far Muḥammad bin Jarīr. Tafsīr Al-Ṭabārī. Jakarta: Pustaka Azzam, 2014.
Awaluddin, Muhammad. Arah Kiblat: Dialektika Fiqh, Sains dan Tradisi. Mataram: Sanabil, 2020.
Al-Zuḥaylī, Wahbah. Tafsīr Al-Munīr. Jakarta, Gema Insani, 2014.
Dewi, Novi Ayu Kristiana. “Integrasi Sains dan Al-Qur’an dalam Pembelajaran IPA pada Pokok Bahasan Bumi dan Tata Surya.” Attractive: Innovative Education Journal 5, no. 2 (2023).
Faisal, Muhammad. “Sains dalam Al-Qur’an.” Basha’ir: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 1, no. 1 (2021).
Hamka. Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas, 2002.
https://kbbi.web.id/geografi
Izzan, Ahmad dan Iman Saifullah. Studi Imu Falak. Jakarta: Pustaka Aufa Media, 2013.
Jasmi, Kamarul Azmi. Sains Asas, Fizik, Kimia, dan Geografi dari Perspektif Al-Qur’an. Malaysia: UTM Press, 2013.
Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Widya Cahaya, 2011.
Kementerian Agama RI. Tafsir Ilmi: Penciptaan Bumi dalam Perspektif Al-Qur’an dan Sains. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2010.
Lestari, Fitri Sekar. Geografi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.
Marconi, Achmad. Bagaimana Alam Semesta Diciptakan. Jakarta: Kiblat Buku Utama, 2003.
Martha, Sukendra. Jati Diri Geografi. Jakarta: PT Pustaka Alvabet, 2024.
Munawwir, Ahmad Warson. Al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif, 1984.
Nuri, Nafisatun. Skripsi: Makna Bumi sebagai Hamparan dalam Al-Qur’an. Semarang: UIN Walisongo, 2019.
Sani, Ridwan Abdullah. Sains Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Sudarmojo, Agus Haryo. Menyibak Rahasia Sains Bumi dalam Alquran. Bandung: Mizan Pustaka, 2008.
Sulistyanto, Iwan Gatot. Geografi. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Suma, Nasobi Niki dan Hendra Pratama. Geografi: Sebuah Data dan Fakta. Blitar: Abdulloh Arief Publishing, 2023.
Taslaman, Caner. Miracle of The Quran: Keajaiban Al-Qur’an Mengungkap Penemuan-Penemuan Ilmiah Modern. Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2011.
Tika, Moh. Pabundu. Bukti Kebenaran Al-Qur’an dalam Fenomena Jagat Raya dan Geosfer. Jakarta: Amzah, 2017.
Turner, Howard R. Sains Islam yang Mengagumkan. Bandung: Nuansa Cendekia, 2021.
Yahya, Harun. Al-Qur’an dan Sains. Bandung: Dzikra, 2004.
Zainuri, Muhammad. “Makna Awwala Bait pada Q.S. Ali Imran Ayat 96 Perspektif Abdul Qadir Al-Jailani dalam Tafsir Al-Jailani.” Al-Misykah: Jurnal Kajian Al-Qur’an dan Tafsir 4, no. 1 (2023).
Zubairin, Achmad. “Tafsir Ilmi dan Geologi: Analisa Usia Bumi.” At-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 8, no. 2 (2023).
Zuhdi, Muhammad, dkk. Pengantar Geofisika. Mataram: Penerbit Einstein College, 2021.
DOI: 10.24235/diyaafkar.v12i2.18721
Article Metrics
Abstract view : 32 timesPDF - 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.