PENGEMBANGAN APLIKASI CMS BERBASIS MOBILE SEBAGAI KEUNGGULAN DISTINGSI PROGRAM STUDI ILMU AL-QUR’AN DAN TAFSIR

Muhammad Maimun(1*), Nurul Bahiyah(2), Iid Muhyidin(3), M. Fathur Ramadhan S.(4), Saluky Saluky(5),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(4) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(5) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


The ability of a study program to develop its uniqueness is a significant advantage. This uniqueness is a distinctive characteristic that sets it apart from study programs at other universities or campuses. In this context, the Al-Quran and Tafsir Studies Program at UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon has a unique focus on information and computer technology. To realize this distinctiveness, this research aims to develop an Android-based CMS application. The application is designed to host the works of the academic community within the study program, including both scientific and non-scientific works. The data collection methods used include direct observation and literature review. The method used to develop the application is the SDLC (System Development Life Cycle) method, which involves stages such as Analysis, Design, Implementation, Testing, Deployment, and Maintenance. The software utilized includes PHP and MySQL. The research resulted in the creation of the "Kalamuna" application, a content management system application used to convert scientific papers or final projects into a format that can be accessed online. This application facilitates users, especially lecturers and final-year students, in disseminating their ideas and makes it easier to search for literature as research references.

 

Kemampuan program studi dalam mengembangkan kekhasannya merupakan suatu keunggulan. Kekhasan tersebut merupkan ciri khusus yang membedakan dengan program studi di universitas atau kampus lainnya. Dalam hal ini, Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon memiliki kekhasan yaitu teknologi informasi dan komputer. Dalam rangka mewujudkan kekhasan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangan aplikasi cms berbasis android. Aplikasi tersebut dibangun untuk memuat karya-karya sivitas akademika program studi, baik karya ilmiah maupun karya non ilmiah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi langsung dan metode literatur. Metode yang digunakan dalam membangun aplikasi adalah metode SDLC. SDLC (System Devolepment Life Cycle) Tahapan-tahapan yang dilakukan adalah Analisis, Desain, implementasi, pengujian dan penerapan serta pemeliharaan. Software yang digunakan yaitu PHP dan MySql. Hasil penelitian berupa aplikasi Kalamuna, aplikasi ini merupakan aplikasi content manajemen sistem yang digunakan untuk mengkonversi karya ilmiah atau tugas akhir yang dapat diakses secara daring. Aplikasi ini memudahkan pengguna khususnya dosen dan mahasiswa semester akhir dalam menyebarkan gagasan hasil karya dan memudahkan untuk melakukan pencarian literatur sebagai bahan referensi penelitian.

Keywords


Aplikasi Kalamuna, Ilmu al-Quran dan Tafsir, Teknologi Informasi dan Komunikasi

Full Text:

PDF

References


registrasi dahulu sebelum login.

Penelitian ini masih jauh dari sempurna dan cukup, diharapkan bpenelitian berikutnya dapat dikembangkan lagi dalam beberapa aspek, pertama, fitur aplikasi “Kalamuna†pada playstore tidak hanya menampilkan konten materi saja, tetapi dapat dikembangakan lagi dengan dilengkapi berbagai program tambahan seperti program alqur’an dan hadis. Kedua, tampilan aplikasi dapat disempurnakan dengan menambahkan animasi yang lebih menarik.

DAFTAR PUSTAKA

Aprisa, and Siti Monalisa. "Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Berbasis Web (Studi Kasus: PT Inti Pratama Semesta)." Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi 1, 1 (2015): 49-54.

Atmoko, Yudi Dwi, and Nanda Diaz Arizona. "Aplikasi Penjualan dan Pembelian Secara Tunai dan Non Tunai Pada PD Istana Gypsum Pontianak." Prosiding Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SIMNASIPTEK) (2016) 38–44.

Fridayanthie, Eka Wida, and Tias Mahdiati. "Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung)." Jurnal Khatulistiwa Informatika 4, 2 (2016).

Hendini, Ade. "Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak)." Jurnal Khatulistiwa Informatika 4, 2 (2016).

Huda, Baenil, and Bayu Priyatna "Penggunaan Aplikasi Content Manajement System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-Commerce." SYSTEMATICS 1, 2 (2019): 81-88.

Huda, Miftakhul, and Bunafit Komputer. Membuat Aplikasi Database dengan Java, MySQL, dan NetBeans. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2010.

Kodular. n.d. www-kodular-io.

Putra, Yusuf W.S., Aisyah Mutia Dawis, Novi, Fauzan Natsir, Fitria, Anak A.S. Widhiyanti, Firman Noor Hasan, Somantri, and Maniah. Pengantar Aplikasi Mobile. Sukabumi: Haura Utama, 2023.

Rachdian, Adhi, and Andi Sikumbang. Mastering CMS dengan Mambo/Joomla. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2005.

Setyawan, M. Yusril Helmi, and Dinda Ayu Pratiwi. Membuat Sistem Informasi Gadai Online Menggunakan CodeIgniter serta kelola Proses Pemberitahuannya. Bandung: Kreatif Industri Nusantara Bandung, 2019.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2022.

Sukamto, Rosa A., and Muhammad Shalahuddin. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2013.

Supono, and Virdiandry Putratama. Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Tolle, Herman, Aryo Pinandito, Agi Putra Kharisma, and Ratih Kartika Dewi. Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak (Konsep Dan Implementasi) . Malang: UB Press, 2017.

Wongso, V. Oktorian Halim. Pengenalan Mobile. Februari 13 (2018) https://sis.binus.ac.id/2018/02/13/pengenalan-mobile/.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2018.




DOI: 10.24235/diyaafkar.v12i1.18464

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Â