RIWAYAT ISRĀ’ILIYYÄ€T DALAM KISAH HÄ€RŪT DAN MÄ€RŪT: Telaah Kitab MawÄrid al-BayÄn fÄ« ‘UlÅ«m al-Qur’Än
(1) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(*) Corresponding Author
Abstract
In the midst of the wealth of Quranic studies, the book Mawarid al-Bayan fi ‘Ulum al-Qur’an by Muhammad ‘Afifuddin Dimyati provides inspiration in the study of Quranic sciences. Through this work, ‘Afifuddin discusses al-dakhil fi al-tafsir. This study aims to understand the complexities and variations in the interpretation of the story of Harut and Marut. The research employs a comparative method, comparing various relevant Israiliyat narratives related to the story of Harut and Marut. The primary focus is that Mawarid al-Bayan serves as a primary source in this analysis. Data collected includes historical documents, tafsir notes, and related academic literature. Based on Mawarid al-Bayan, variations in the interpretation of Harut and Marut are found. ‘Afifuddin reviews the correct interpretations from various perspectives through Israiliyat narratives about two angels who were tested by Allah by being given desires that they ultimately failed to control, leading them to commit significant sins. This research demonstrates the importance of conducting analytical studies on Israiliyat narratives to ascertain their accuracy or validity. The findings can serve as a reference for academics and the general public in understanding the complexities of history and Quranic interpretation. This journal seeks to provide a comprehensive overview of how Mawa>rid al-Baya>n discusses the story of Harut and Marut through the lens of Israiliyat narratives while emphasizing the importance of scientific critique in understanding these historical documents.
Â
Di tengah khazanah studi al-Qur’an, kehadiran kitab Mawarid al-Bayan fi ‘Ulum al-Qur’an karya Muhammad ‘Afifuddin Dimyati memberikan inspiasi dalam kajian ‘ulum al-Qur’an. Melalui karyanya tersebut, ‘Afifuddin memaparkan dalam salah satu pembahasannya tentang al-dakhil fi al-tafsir. Studi ini bertujuan untuk memahami kompleksitas dan variasi dalam penafsiran kisah Harut dan Marut. Penelitian menggunakan metode komparatif, membandingkan berbagai riwayat israiliyyat yang relevan dengan kisah Harut dan Marut. Fokus utamanya adalah kitab Mawarid al-Bayan merupakan sumber primer dalam telaah ini. Data dikumpulkan meliputi dokumen historis, catatan tafsir, dan literatur akademis terkait. Berdasarkan kitab Mawarid al-Bayan ditemukan variasi interpretasi tentang Harut dan Marut. ‘Afifuddin mengulas penafsiran yang benar dari berbagai interpretasi melalui riwayat-riwayat israiliyyat mengenai dua malaikat yang diuji oleh Allah dengan memberikan nafsu kepada mereka yang kemudian gagal dalam mengontrol nafsunya dan melakukan dosa-dosa yang besar. Penelitian ini menunjukkan pentingnya melakukan telaah analitis tentang riwayat israiliyyat untuk memastikan kesalahannya atau kebenarannya. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi akademisi dan masyarakat umum dalam memahami kompleksitas sejarah dan interpretasi al-Qur’an. Jurnal ini berusaha memberikan gambaran komprehensif tentang bagaimana kitab Mawarid al-Bayan membahas kisah Harut dan Marut melalui lensa riwayat israiliyyat serta menekankan pentingnya kritik ilmiah dalam memahami dokumen-dokumen historis tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
‘Abdussalam, M A. “Al-DakhÄ«l FÄ« Al-TafsÄ«r (Studi Tafsir Al-KasysyÄf).†Repository.Uinjkt.Ac.Id (2020): 1. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49957%0Ahttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/49957/1/M. ALWI ABDUSSALAM %2811140340000133%29 Br.pdf.
Al-Dzahabi, Husein. Al-Israiliyyat Fi Al-Tafsir Wa Al-Hadits. Beirut: Maktabah Wahbah, 1998.
Al-Qatthan, Manna’. Mabahis Fi Ulum Al-Qur’an. Kairo: Maktabah Wahbah, 1990.
Al-Qurtubi, Ahmad Al-Ansari. Al-Jami’ Al-Ahkam Al-Qur’an. Beirut: Dar al-Fikr, 1998.
Alfaridzi, Malik, and Sohib Syayfi. “Studi Analisis Ad-DakhÄ«l Dalam Penafsiran Al-QummÄ« Terhadap QS.Ar-RaḥmÄn.†Al-Kauniyah 4, no. 1 (2023): 12–28.
Amin, Ahmad Syaifuddin. “MENGOKOHKAN OTORITAS MUFASSIR MELALUI USUL AL-TAFSIR : Review Kitab ‘ Ilm Al -Tafsir : Usuluhu Wa Manahijuhu Karya Muhammad Afifuddin Dimyati†9 (2021): 215–231.
As-Suyuti, Jalaluddin. Al-La’alli Al-Masnu’ah Fi Al-Ahadis Al-Maudhu’ah. Beirut: Dar al-Kitab al-’Ilmiyyah, 1996.
At-Tabari, Ibnu Jarir. Jami’ Al-Bayan Fi Ta’wil Al-Qur’an. Cairo: Dar al-Hadis Qahirah, 2011.
———. Tafsir At-Tabari. Terjemah A. Jakarta: Pustaka Azzam, 2008.
Az-Zarkasyi, Badruddin Muhammad. Al-Burhan Fi Ulum Al-Qur’an. Beirut: Dar al-Fikr, 1988.
Az-Zarqani, Muhammad Abdul Azim. Manahil Al-’Irfan. Kairo: Dar Al-Kutub ’Arabi, 2010.
Dimyathi, Muhammad Afifuddin. Al-Syamil Fi Balagat Al-Qur’an. Sidoarjo: Lisan Arabi, 2018.
———. Mawarid Al-Bayan Fi Ulum Al-Qur’an. Malang: Lisan Arabi, 2015.
Dimyati, Muhammad Afifuddin. ’Ilm Tafsir Ushuluhu Wa Manahijuhu. Sidoarjo: Lisan Arabi, 2015.
———. Al-Syamil Fi Balagat Al-Qur’an. Sidoarjo: Lisan Arabi, 2018.
———. Hidayatul Qur’an Fi Tafsir Al-Qur’an Bi Al-Qur’an. Kairo: Dar Al-Nibras, 2023.
———. Irsyad Al-Darisin Ila Ijma’i Al-Mufassirin. Malang: Lisan Arabi, 2017.
———. Jadawil Al-Fusul Fi ‘Ilm Al-Usul. Kairo: Dar Al-Nibras, 2020.
———. Jam’u Al-‘Abir FibKutubi At-Tafsir. Sidoarjo: Lisan Arabi, 2019.
———. Madkhal Fi ‘Ilm Al-Lughah Al-Ijtima.’ Sidoarjo: Lisan Arabi, 2016.
———. Majma’ Al-Bahrain Fi Ahad At-Tafsir Min As-Sahihaini. Sidoarjo: Lisan Arabi, 2016.
———. Muhadarat Fi ‘Ilm Al-Lughah Al-Ijtima.’ Surabaya: Dar Ulum Al-Lughaiyah, 2010.
———. Mukhtas}ar Al-Latif Fi ‘Ulum Al-Hadis Al-Syarif. Sidoarjo: Lisan Arabi, 2021.
———. Safa Al-Lisan Fi I’rab Al-Qur’an. Sidoarjo: Lisan Arabi, 2016.
Fithrotin, Fithrotin. “Al Dakhil Shi’ah Wa Al-Khawarij.†Al-I’jaz : Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah dan Keislaman 3, no. 2 (2022): 1–24.
Hamid, Jamal Mustofa Abdul. Ushul Ad-Dakhil Fi Tafsir Ay At-Tanzil. Mesir, 2007.
Hasanah, Nurul, Ahmad Andi Agung, and M Ikhsan Iskandar Putra. “Ad-Dakhil Dalam Surah Al-Anbiya’Ayat 83-84 (Studi Kitab Tafsir Al-Khazin).†Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 3, no. 3 (2022): 53–63.
Hermawan, A K., and M R. Ramadhan. “Dakhil Ayat Kisah Dalam Al-Quran: Studi Analisis Kisah Harut Dan Marut Dalamtafsir Ad-Durr Al-Mantsur Karya Jalaluddin As-Suyuthi.†Hermeunetik: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 11, no. 2 (2016).
Ibnu Kasir. Tafsir Al-Qur’an Al-’Alim. Cairo: Dar Al-A’lamiyyah, 1933.
Ibrahim, Mazlan, and Ahmed Kamel Mohamad. “Israiliyyat Dalam Kitab Kitab Tafsir Anwar Baidhawi.†Islamiyyat 26, no. 2 (2004): 23–37.
Isna, Isna Septiasari, Ayi Abdul Rosyid, and Khanif Lutfi. “Kritik Hermeneutika Dalam Menafsirkan Al-Qur’an Ditinjau Dari Konsep Ad-Dakhil Fi At-Tafsir.†Al Muhafidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 1, no. 2 (2021): 167–178.
Jalaluddin Abdurrahman As-Suyuti. Ad-Dur Al-Manthur. 6th ed. Beirut: Dar Al-Fikr, n.d.
———. Al-Itqan Fi Ulum Al-Qur’an. Madinah: Dar Al-’Arabiyyah As-Su’udiyyah, 1995.
Katsir, Ibnu. Tafsir Al-Qur’an Al-’Adzim. 2nd ed. Beirut: Alam al-Katib, 1983.
Khusnah, A, and S Noorhidayati. “Infiltrasi Kisah Israiliyat Dalam Tafsir Era Modern: Studi Kisah Tabut Surat Al-Baqarah Ayat 248.†Jurnal Tafsere 12 (2024): 26–45. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/tafsere/article/view/49884%0Ahttps://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/tafsere/article/download/49884/20307.
Mahmud Al-Alusi. Ruh Al-Ma’ani Fi Tafsir Al-Qur’an Al-’azim Wa as-Sab’u Al-Masani. Beirut: Dar al-Fikr, 1994.
Muhammad Abu Syahbah. Israiliyat Dan Hadis-Hadis Palsu Tafsir Al-Qur’an. Depok: Keira Publishing, 2014.
Mujiburrohman. “Al-Dakhil Dalam Ra’Yi Dan Ma’Tsur.†Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan, dan Penelitian Ke-Islaman 6, no. 1 (2020). http://journal.uim.ac.id/index.php/ahsanamedia.
Nirwana, Andri, Ita Purnama Sari, Suharjianto Suharjianto, and Syamsul Hidayat. “Kajian Kritik Pada Bentuk Dan Pengaruh Positif Al-Dakhil Dalam Tafsir Jalalain Tentang Kisah Nabi Musa Dan Khidir.†Al-Quds : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (2021): 717.
Nur Alfiah. “Israiliyyat Dalam Tafsir Ath-Thabari Dan Ibnu Kastir.†Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, no. 106034003549 (2010): 59.
Ride, Ahmad Rozy, and Abdul Kadir Riyadi. “Al-Dakhil Dalam Tafsir Ilmi (Kajian Kritik Husein Al-Dhazabi Atas Kitab Al-Jawahir Fi Tafsir Al-Qur’an).†Tajdid 21, no. 2 (2022): 235–260. https://tajdid.uinjambi.ac.id/index.php/tajdid/article/view/262.
Salim, Ahmad Agus, and Abdul Kadir Riyadi. “Tafsir Syi'ah Sebagai Dakhil : Kajian Kritik Husein Al-Dhahabi Ahmad Agus Salim UIN Sunan Ampel Surabaya.†Al-Munir: Jurnal Ilmu al-Qur’an dan Tafsir 4, no. 2 (2022).
Samsuri, Ahmad Sa`id. “IsrÄÄ«lÄ«yÄt: Perkembangan Dan Dampaknya Dalam Tafsir Al-Qur`an.†Islamuna: Jurnal Studi Islam 2, no. 2 (2015): 197–217.
Saputra, Ramadona. “Meninjau Dakhiīl Dalam Kitab Tafsir Ad -Durru Al-Masur.†Jalsah: The Journal of al-qur’an and as-Sunnah Studies 4, no. 1 (2024): 31–52.
Sulthoni, Ahmad. “Hermeneutika Al-Qur’an Prespektif Ad-Dakhil Fi At-Tafsir.†Al-Karima : Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 3, no. 2 (2019): 22.
Suwarno, Dudung Abdul Karim, and Nisa Ikhwatul Hasanah. “Ad-Dakhil Fit-Tafsir At-Tahrir Wa At-Tanwir (Analisis Israiliyyat Pada Kisah Nabi Musa a.s Dan Khidir Dalam QS. Al-Kahfi [18] Ayat 60-82).†Al-Muhafidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 2, no. 2 (2022): 173–183.
Taufiq, Wildan, and Asep Suryana. Penafsiaran Ayat-Ayat Israiliyyat Dalam Al-Qur’an Dan Tafsirnya. Sustainability (Switzerland). Vol. 11, 2019. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari.
Wahab Nur Kadri. “Dialektika Komunikasi Pada Debat Pilpres 2019 Dalam Perspektif Al-Qur’an.†Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam El Madani 1, no. 1 (2020).
Warda Aziz, Azalia. “Al-Dakhil Dalam Tafsir Al-Kasysyaf Karya Al-Zamakhsyari.†Maghza: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 8, no. 1 (2023): 29–49.
DOI: 10.24235/diyaafkar.v12i1.18053
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â
Â