STUDI LITERATUR TENTANG ILM AL-TAFSĪR KARYA ‘AFIFUDDIN DIMYATI DAN OBJEKTIVITAS EKSPLANASI ARGUMEN TAFSIR SAINS
(1) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah
(*) Corresponding Author
Abstract
‘Ilm al-TafsÄ«r: Uṣūluhu wa ManÄhijuhu by ‘AfÄ«fuddÄ«n is a book that compiles various topics in the discipline of tafsir (Quranic exegesis), one of which is the methodologies of tafsir. Regarding the topic of tafsir methodologies, an interesting fact is found in ‘AfÄ«fuddÄ«n's exposition of the model of scientific interpretation. ‘AfÄ«fuddÄ«n appears objective when presenting arguments from both pro and contra groups of scientific interpretation, and he even constructs a reconciliation argument between the two opposing groups. Based on this fact, the question arises: how does ‘AfÄ«fuddÄ«n explain the arguments put forward by both groups and his efforts at reconciliation in ‘Ilm al-TafsÄ«r? This question is important because in his tafsir book, HidÄyah al-Qur’Än, ‘AfÄ«fuddÄ«n seems to adhere to the model of interpreting the Qur'an with the Qur'an. Using a literary study and interpretive analysis approach, this study indicates that ‘AfÄ«fuddÄ«n's explanation of the pro and contra arguments of scientific interpretation is objective and tolerant but still adheres to the basic principles of interpretation. ‘AfÄ«fuddÄ«n's efforts in reconciling various arguments of scientific interpretation imply his wise and objective attitude as an intellectual.
Â
‘Ilm al-Tafsīr: Usūluhu wa Manāhijuhu karya ‘Afifuddin merupakan kitab yang menghimpun topik-topik kajian dalam disiplin ilmu tafsir, salah satunya adalah manāhij al-tafsir. Mengenai topik kajian manhaj tafsir ini ditemukan fakta menarik dalam pemaparan ‘Afifuddin terhadap model penafsiran sains. ‘Afifuddin terlihat objektif saat memaparkan argumentasi dari kelompok pro maupun kontra tafsir sains, bahkan ia juga mengkonstruk argumen rekonsiliasi antara kedua kelompok yang berseberangan. Atas dasar fakta ini, timbul pertanyaan, bagaimana eksplanasi ‘Afifuddin terhadap argumen yang diusung oleh kedua kelompok serta upaya rekonsiliasinya dalam ‘Ilm al-Tafsīr? Pertanyaan ini menjadi penting karena ‘Afifuddin dalam kitab tafsirnya Hidāyah al-Qur’ān terlihat setia pada model penafsiran al-Qur’ān bi al-Qur’ān. Dengan pendekatan studi literatur dan analisis interpretasi, kajian ini mengindikasikan bahwa eksplanasi ‘Afifuddin terhadap pro-kontra argumen tafsir sains bersifat objektif dan toleran namun tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip dasar penafsiran. Upaya ‘Afifuddin dalam merekonsiliasi berbagai argumen tafsir sains menyiratkan sikapnya yang bijak dan objektif sebagai seorang intelektual.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alamsyah, Alamsyah. “Problematika Bentuk Bumi: Kajian Komparatif Historis Sains Serta Perspektif Al-Qur’an Dan Sunnah.†AL - AFAQ : Jurnal Ilmu Falak Dan Astronomi 4, no. 2 (2022): 199–218. doi:10.20414/afaq.v4i2.5301.
Alfadila, Alfadilah, Nini Arianti, and Faizin Faizin. “Sidik Jari Dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Ilmi).†Ikhtisar: Jurnal Pengetahuan Islam 2, no. 2 (2022): 162. doi:10.55062//ijpi.2022.v2i2.122.
Amin, Ahmad Syaifuddin. “Mengokohkan Otoritas Mufassir Melalui Uṣūl Al-Tafsir (Review Kitab ‘Ilm Al-Tafsir: Usuluhu Wa Manahijuhu Karya Muhammad Afifuddin Dimyati).†Diya’ Al-Afkar 9, no. 2 (2021): 215–31.
Dawuh Guru. “Biografi Lengkap KH. M Afifuddin Dimyathi Beserta Ajarannya,†2022. https://dawuhguru.co.id/biografi-lengkap-kh-m-afifuddin-dimyathi-beserta-ajarannya/.
Chair, Badrul Munir. “Kitab Tafsir Hidayatul Qur’an Karya KH Afifudin Dimyathi: Untuk Kemanusiaan Dan Peradaban.†NU Online, 2023. https://nu.or.id/pustaka/kitab-tafsir-hidayatul-qur-an-karya-kh-afifudin-dimyathi-untuk-kemanusiaan-dan-peradaban-5dt56.
Dimyati, Muhammad ’Afifuddin. ’Ilm Al-Tafsir: Usuluhu Wa Manahijuhu. 2nd ed. Kairo: Dar al-Salih, 2020.
Yayasan Dakwah Lentera Hati Indonesia. “Dr. KH. M. Afifudin Dimyathi., L.c., M.A.†Accessed June 18, 2024. https://www.cariustadz.id/ustadz/detail/Dr-Kh-M-Afifudin-Dimyathi-Lc-MA.
Faisal, Muhammad. “Sains Dalam Al-Quran (Memahami Kontruksi Pendekatan Tafsir Bil-Ilmi Dalam Menafsirkan Alquran).†Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir 1, no. 1 (2021): 21–30.
Firmansyah, Rizki. “Metodologi Tafsir Ilmi: Studi Perbandingan Tafsir Sains Thantawi Jauhari Dan Zaghlul an-Najjar.†Jurnal Dirosah Islamiyah 3, no. 1 (2021): 95. doi:10.17467/jdi.v3i2.314.
Firmansyah, Rizki, Efrita Norman, Moh Romli, and Yudi Permana. “Urgensi Tafsir Ilmi Di Masa Modern: Tanggapan Zaghlul An-Najjar Pada Kritikus Tafsir Ilmi Di Dalam Kitabnya Tafsir Ayat-Ayat Kauniyah Fi Al-Quranil Karim.†Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 5, no. 6 (2023): 3632–48. doi:10.47476/reslaj.v5i6.4141.
Gadamer, Hans-George. Truth and Method. Edited by Joel Weinsheimer and Donald G. Marshall. London: Shed & Ward, 2004.
Hambari, Syaddad Ibnu. “Toleransi Beragama Dalam Tafsir Ulama Jawa (Telaah Pemikiran KH. Misbah Musthofa Dalam Tafsir Al-Iklil).†Qof: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir 4, no. 2 (2020). doi:10.30762/qof.v4i2.
Hidayatullah, Syarif. “Relasi Agama Dan Sains Dalam Pandangan Mehdi Golshani.†Jurnal Filsafat 27, no. 1 (2017): 65–90.
Jazuli, Imam. “Gus Awis, Penerus Ulama Nusantara Di Jazirah Arab.†Tribunners, 2020. https://www.tribunnews.com/tribunners/2020/05/20/gus-awis-penerus-ulama-nusantara-di-jazirah-arab.
———. “KH. M. Afifudin Dimyathi, Mutiara Dari Pesantren Rejoso Jombang.†PWNU Jatim, 2020. https://pwnujatim.or.id/kh-m-afifudin-dimyathi-mutiara-dari-pesantren-rejoso-jombang/.
Ladunni.ID. “Biografi Dr. KH. M. Afifudin Dimyathi., L.c., M.A (Gus Awis).†Instagram, 2021. https://www.instagram.com/laduniid/p/CRFzYv2B--d/?hl=en&img_index=1.
Mawarti, Tesa Fitria. “Tafsir Saintifik.†Tafsere 10, no. 1 (2022): 10–29.
Muallifah, Muallifah, Khodijah Samosir, and Hasani Ahmad Said. “Metodologi Tafsir Modern - Kontemporer Di Indonesia.†Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Tafsir 5, no. 2 (2022): 302–14. doi:10.58518/alfurqon.v5i2.1401.
Muhajir, Muhajir, Mukhamad Silakhul Mukmin, and Ulhiyah Ulhiyah. “Pendekatan Ilmiah Dalam Pengkajian Tafsir [Tarbawi].†Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 2 (2024): 160–75.
Musthofa, Qawim. “Al-Qur’an Dan Filsafat Ilmu Pengetahuan: Studi Pemikiran Nidhal Guessoum.†AN NUR: Jurnal Studi Islam 13, no. 1 (2021): 51–66.
Muwaffaq, Moh. Mufid. “Modernisme Dalam Tafsir Tradisionalis (Nuansa Tafsir ‘Ilmī Dalam Tafsīr Al-Ibrīz Karya Bisri Musthafa).†Qof 4, no. 1 (2020): 75–90. doi:10.30762/qof.v4i1.
Muwaffaq, Muhammad Mufid. “Indikasi Tafsîr Al-’Ilmî Dalam Tafsir Al-Ibrîz Karya Bisri Musthafa.†Diya Al-Afkar: Jurnal Studi Al-Quran Dan Al-Hadis 8, no. 1 (2020): 1. doi:10.24235/diyaafkar.v8i1.5882.
Nafisah, Mamluatun. “Tafsir Ilmi : Sejarah , Paradigma Dan Dinamika Tafsir.†Al-Fanar : Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (2023): 63–80.
Nasr, Seyyed Hossein. Science and Civilization in Islam. Cambridge: Harvard University Press, 1968.
Qutb, Sayyid. FÄ« ẒilÄl Al-Qur’Än. Beirut: DÄr al-Syuruq, 1992.
RÄzÄ«, Fakhr al-DÄ«n. MafÄtiḥ Al-Ghayb. Beirut: DÄr al-Fikr, 1981.
RÅ«mÄ«, Fahd SulaymÄn. IttijÄhÄt Al-TafsÄ«r FÄ« Al-Qarn Al-RaÄbi’ ’Asyar. Beirut: Muassasah al-RisÄlah, 1997.
———. Uṣūl Al-Tafsir Wa Manahijuhu. 3rd ed. Riyad: Maktabah Malik Fahd, 2017.
Sharqawi, ’Iffat Muhammad. Al-Fikr Al-Dini Fi Muwajahah Al-’Ashr: Dirasah Tahliliyah Li Ittijahat Al-Tafsir Fi Al-’Ashr Al-Hadis. 2nd ed. Beirut: Dar al-’Audah, 1979.
Sholihah, Mar’atus. “Pemikiran Falsafah Sains Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Sains Di Madrasah Ibtidaiyah (Studi Komparasi Seyyed Hossein Nasr Dan Ian G. Barbour).†Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015.
ShaltÅ«t, MaḥmÅ«d. TafsÄ«r Al-Qur’Än Al-KarÄ«m Al-AjzÄ’ Al-’Ashrah Al-UlÄ. Kairo: DÄr Shorouk, 2004.
Umroh, Ida Latifatul. “Al-Qur’an Sebagai Parameter Kebenaran Ilmu Pengetahuan (Sains): Kajian Teori Religiusisme,†n.d., 58–72.
Yuni, Qonita Fitra. “R20 Dan Isu Sensitif Agama-Agama.†NU Online, 2022.
ZarqÄnÄ«, Muḥammad Abd al-Aẓīm. ManÄhil Al-’IrfÄn Fi ’UlÅ«m Al-Qur’Än. Edited by FawwÄz Aḥmad ZamarÄlÄ«. 1st ed. Beirut: DÄr al-Kitab al-’ArabÄ«, 1995.
DOI: 10.24235/diyaafkar.v12i1.18050
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â
Â