TIPOLOGI RESEPSI MASYARAKAT BANJAR TERHADAP AL-QUR’AN DI DESA PANJARATAN, KECAMATAN PELAIHARI, KABUPATEN TANAH LAUT

Husnul Hamidatul Munauwarah(1*), Ahmad Mujahid(2), Najib Irsyadi(3),


(1) UIN Antasari Banjarmasin
(2) UIN Antasari Banjarmasin
(3) UIN Antasari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


The Banjar community in Panjaratan Village understands the Qur'an not only in terms of understanding the text, namely in the form of practice in reading or studying the Qur'an, more than that, the many cultures or traditions that exist in the community are the result of the development of community receptions, especially the Banjar community towards the Qur'an from time to time. This study aims to further examine how the community's reception of the Qur'an and will classify the typology of the Qur'an's reception and analyze the meaning contained in it. This research uses a qualitative approach, analyzing the typology of the Qur'an with the theory of Qur'anic reception by Ahmad Rafiq and analyzing the meaning using the theory of sociology of knowledge by Karl Mannheim. The results of the research on the typology of Al-Qur'an reception in Panjaratan Village obtained three receptions of the Al-Qur'an, namely exegesis reception implemented in recitation activities and religious assemblies, aesthetic reception manifested in decorations in people's homes and implemented from the existence of al-Qur'an learning with certain methods and tones and functionalist reception implemented in verses as certain functions in life. The meanings contained in the practice of Qur'an reception in Banjar society are first, the objective meaning is interpreted as a symbol of the high sense of religion and closeness to Allah Swt. Second, the documentary meaning is as a culture from ancestors that is preserved and acculturated with Islamic culture. Third, the expressive meaning is that the practice of Qur'anic reception is used as a wasilah in achieving certain goals, hopes and desires by the people who carry it out.

 

Masyarakat Banjar di Desa Panjaratan terhadap Al-Qur’an, mereka memahami Al-Qur’an bukan hanya sekedar pemahaman yang berada pada teks yaitu berupa pengamalan dalam membaca atau mengkaji al-Qur’an, lebih dari itu banyaknya budaya ataupun tradisi yang terdapat di masyarakat merupakan hasil perkembangan resepsi masyarakat khususnya masyarakat Banjar terhadap al-Qur’an dari masa ke masa. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti lebih jauh bagaimana resepsi masyarakat terhadap al-Qur’an serta akan melakukan klasifikasi tipologi dari resepsi al-Qur’an dan menganalisis makna yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menganalisis tipologi al-Qur’an dengan teori resepsi al-Qur’an oleh Ahmad Rafiq serta menganalisis makna menggunakan teori sosiologi pengetahuan oleh Karl Mannheim. Hasil dari penelitian mengenai tipologi resepsi al-Qur’an di Desa Panjaratan didapatkan tiga resepsi al-Qur’an yaitu resepsi eksegesis terimplementasikan dalam kegiatan pengajian dan majelis taklim keagamaan, resepsi estetis termanifestasikan dalam hiasan-hiasan dalam rumah masyarakat serta terimplementasikan dari adanya pembelajaran al-Qur’an dengan metode dan nada-nada tertentu dan resepsi fungsionalis terimplementasikan dalam ayat sebagai fungsi tertentu dalam kehidupan. Makna yang terkandung dalam praktik resepsi al-Qur’an di masyarakat Banjar adalah pertama, makna objektifnya dimaknai sebagai simbol dari tingginya rasa beragama dan kedekatan dengan Allah swt. Kedua, makna dokumenternya adalah sebagai budaya dari nenek moyang yang dilestarikan serta diakulturasikan dengan budaya Islam. Ketiga, makna ekspresifnya adalah praktik resepsi al-Qur’an digunakan sebagai wasilah dalam mencapai tujuan, harapan dan hajat tertentu oleh masyarakat yang melaksanakannya.


Keywords


Typology of reception, Banjar community, Panjaratan Village.

Full Text:

PDF

References


Al-Khanafi, M Imam Sanusi. “Illallah Dengan Surah Al-Kahfi: 10 Dan Al- Isra’: 82 Dalam Ilmu Pernafasan Al-Muslimun†2019.

Amin, Muhammad Dan Muhammad Arfah Nurhayat. “Resepsi Masyarakat Terhadap Al-Quran (Pengantar Menuju Metode Living Quran)†No. 2 2020.

As’adah, Lailatus Salamah Dan Rifqi. “Tradisi Amaliah Ayat Al-Qur’an Ba’da Salat Maktubah Di Pondok Pesantren Al-Lathifiyyah Tambakberas Jombang,†Maghza: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, Desember 2022.

Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, “KBBI Daringâ€, Dalam Https://KBBi.Kemdikbud.go.Id/Entri/Teori%20resepsi/, Diakses Pada 26 April 2023.

Dewi, Subkhani Kusuma. “Fungsi Performatif Dan Informatif Living Hadis Dalam Perspektif Sosiologi Reflektif,†Jurnal Living Hadis 2, No. 2, Maret 2018.

Fathurrosyid, “Tipologi Ideologi Resepsi Al Quran Di Kalangan Masyarakat Sumenep Madura,†El-Harakah (Terakreditasi) 17, Februari 2016.

Hadi, Abd. “Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi,†T.T.

Hamid, Abdul. Pengantar Studi Al-Qur’an, Jakarta, Pranamedia Group,2016.

Masfufah, Elva. “Tradisi Pembacaan Surat-Surat Pilihan Di Pondok Pesantren Salafiyah Putri At-Taufiq Malang (Studi Living Qur’an),†T.T.

Mukminin, Ikhwanul. Pembacaan Wird Al-Latif Perspektif Teori Sosiologi Pengetahuan Karl Mannheim (Studi Living Qur’an di Ma’had Sunan Ampel Al-‘Aly , Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2022.

Nirwana, Dzikri Dan Saifuddin. Studi Living Sunnah Terhadap Upacara Daur Hidup di Kalangan Masyarakat Banjar. Banjarmasin: Antasari Press, 2019.

Nurmansyah, Ihsan, Luqman Abdul Jabbar dan Sulaiman. “Resepsi Estetis Dan Fungsional Atas Adegan Rukiah Dalam Film Roh Fasik: (Kajian Living Qur’an),†Living Islam, Journal Of Islamic Discourses.

Rafiq, Ahmad. “Sejarah Alquran: Dari Pewahyuan Ke Resepsi (Sebuah Pencarian Awal Metodologis)†Dalam Islam Tradisi Dan Peradaban. Yogyakarta: Suka Press, 2012.

Rafiq, Ahmad. The Reception Of The Qur’an In Indonesia: A Case Study Of The Place Of The Qur’an In A Non-Arabic Speaking Community, Disertation, Amerika Serikat, Temple University, 2014.

Ramli, Mannheim. Membaca Tafsir Quraish Shihab Dan Bahtiar Nasir Tentang Auliya’ Surah Al-Maidah Ayat 51, Refleksi, Vol. 18, No. 1, Januari 2018.

Ratna, Nyoman Kutha. Estetika Sastra Dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Ratna, Nyoman Kutha. Metodologi Kajian Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Ratna, Nyoman Kutha. Teori, Metode Dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Salamah dan As’adah, “Tradisi Amaliah Ayat Al-Qur’an Ba’da Salat Maktubah Di Pondok Pesantren Al-Lathifiyyah Tambakberas Jombang.â€

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Pt. Raja Grafindo, 2011.

Suharjanto, Gatot. “Keterkaitan Tipologi Dengan Fungsi Dan Bentuk: Studi Kasus Bangunan Masjid,†Comtech: Computer, Mathematics And Engineering Applications 4, No. 2, 1 Desember 2013.

Yuliani, Yani. Tipologi Resepsi Al-Qur’an Dalam Tradisi Masyarakat Pedesaan: Studi Living Qur’am Di Desa Sukawana, Majalengka, Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir.

Zaman, Akhmad Roja Badrus, “Tipologi Dan Simbolisasi Resepsi Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Rawalo Banyumas,†Aqlam: Journal Of Islam And Plurality 5, 2020.




DOI: 10.24235/diyaafkar.v12i1.16639

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Â