TRADISI SEMA’AN AL-QUR’AN JAM’IYYAH HAFIDH DI PESANTREN TARBIYYATUL QUR’AN AL-FALAH TULUNGAGUNG
(1) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(2) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(*) Corresponding Author
Abstract
This research seeks to explain the tradition of the al-Qur'an sema'an which has long been practiced in the Tarbiyyah Al-Qur'an Al-Falah Islamic boarding school Doroampel, Sumbergempol sub-district, Tulungagung, which includes the history of the tradition or routines to the meanings contained in the tradition. The method used in this study is a qualitative research method that is field research using a triangular technique in obtaining field data and approaches to sociology and the living Qur'an. In this study, the authors get the findings; First, the al-Qur'an sema'an tradition which is carried out at the Tarbiyyah Al-Qur'an Al-Falah Islamic boarding school in Doroampel, Sumbergempol sub-district, Tulungagung, which has been going on since 2010 until now with the initial aim of only preserving the culture that is inherent in Doroampel village. Sumbergempol district, Tulungagung. Second, based on Karl Mennheim's theory, it was found that this Qur'anic sema'an tradition has three meanings, namely objective meaning, expressive meaning, and documentary meaning
Penelitihan ini membuka tabir dan menumbuhkan spirit dalam menghafalkan al-Qur’an. Peneliti berusaha menjelaskan tradisi sema’an al-Qur’an yang sudah lama dipraktikkan di Pondok Pesantren Tarbiyyah al-Qur’an Al-Falah Doroampel, Sumbergempol, Tulungagung, yang meliputi sejarah tradisi atau rutinan hingga makna-makna yang terkandung dalam tradisi tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat riset lapangan (field research) dengan menggunakan teknik tringualis dalam memperoleh data lapangan dan pendekatan sosiologi dan living Qur’an. Dalam penelitian ini, penulis mendapatkan hasil temuan; pertama, tradisi sema’an al-Qur’an yang dilaksanankan di Pondok Pesantren Tarbiyyah Al-Qur’an Al-Falah Doroampel kecamatan Sumbergempol, Tulungagung yang sudah berlangsung sejak tahun 2010 hingga sekarang dengan tujuan awalnya hanya melestarikan budaya yang sudah melekat di desa Doroampel, Sumbergempol, Tulungagung. Kedua, berdasarkan teori Karl Mennheim, didapatkan bahwa tradisi sema’an al-Qur’an ini mempunyai tiga makna, yaitu makna objektif, makna ekspresif, dan makna dokumenter.
ÂKeywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Samsul. “Menggali Makna Khataman Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Giri Kesumo Demak (Studi Living Qur‟an).†(2018) http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/5016/1/skripsi.pdf.
Arini, Junita, and Winda Wahyu Widawarsih. “Strategi Dan Metode Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Tahfidz Darul Itqon Lombok Timur.†Jurnal Penelitian Keislaman 17, no. 2 (2022): 170–90. doi:10.20414/jpk.v17i2.4578.
Artika, Deni Yuli. “Fakultas Ushuluddin Adab Dan Humaniora November 2020,†2020.
Bisri, Hasan. “Pengembagan Metode Pengajaran Tafsir Di Pesantren.†Tajdid 26, no. 1 (2019): 59. doi:10.36667/tajdid.v26i1.328.
Darmayanti, Hani. “Kisah-Kisah Dalam Al-Quran Perspektif Pendidikan.†Jurnal Edukatif V, no. 1 (2019): 58–65.
Fenny Farhana Mohd Sajari, and Hafizhah Zulkifli. “Pelaksanaan Model Tasmik J-Qaf Secara Dalam Talian : Satu Pendekatan [Implementing The Tasmik J-Qaf Model Online: Current Approach].†International Journal of Advanced Research in Islamic Studies and Education (ARISE) 1, no. 3 (2021): 1–14.
Hasanah, Ulfatun. “Sejarah Dan Perkembangan Penulisan Tafsir Al-Quran Di Madura.†Jurnal Al-Fanar 3, no. 1 (2020): 71–92. doi:10.33511/alfanar.v3n1.71-92.
Ibad, Wasilatul, and Samsul Arifin. “Makna Tradisi Khatm Al-Quran Di Asta Batu Ampar Dan Implikasinya Terhadap Kehidupan Sosial Keagamaan Masyarakat Desa Pangbatok Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan.†Jurnal Kajian Keislaman 4, no. 1 (2021): 105–19.
Jakfar, Muhammad, Abdul Rauf Haris, and Fahmi Zulfikar. “Lembaga Tahfizh Al-Qur’an Dalam Sejarah Pendidikan Islam.†Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 14, no. 1 (2020): 1. doi:10.32832/jpls.v14i1.3320.
Laili, Khamsil. “Metode Pengajaran Di Pesantren, Dan Perkembangannyaa.†AL-IMAN: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan 2, no. 1 (2018): 66–82. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3821.
Lestari, Ahdiana Yuni, Endang Heriyani, and Prihati Yuniarlin. “Pemberdayaan Santri Rumah Tahfidz ‘Aqwamu Qila’ Menuju Kemandirian Hidup.†Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 2021, 886–901. doi:10.18196/ppm.23.424.
Maskur, Maskur. “Tradisi Semaan Al-Quran Di Pondok Pesantren.†Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (2021): 68–82. doi:10.46963/alliqo.v6i1.320.
Muasomah, L, and H Hikmawati. “Manajemen Pondok Pesantren Baitul Akbar Babadan Pangkur Ngawi Dalam Meningkatkan Kemampuan Tahfizd Qur’an Santri.†Inisiasi: Jurnal Manajemen … 2 (2022): 1–5. http://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/inisiasi/article/view/664%0Ahttp://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/inisiasi/article/download/664/305.
Nada, Nabilatun. “Tradisi Riyadhah Santri Penghafal Al-Qur’an (Studi Pada Pondok Pesantren Tahfidzul Qur`an Ma‟unah Sari Bandar Kidul Kediri Jawa Timur) Skripsi.†Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 4 (2016): 1–23.
Nadaa, Fikriyyah Qothrun. “Metode Mudarasah Sebagai Upaya Peningkatan Menjaga Hafalan Al-Quran.†Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (2021): 48–55. doi:10.46963/alliqo.v6i1.248.
Rosita, Neni, Perguruan Tinggi, Islam Tanjab, and Mauizhan Barat. “Komunitas: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam PENGEMBANGAN PROGRAM TAKHASUS AL-QURAN DI PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA†9182 (2021).
Said, Rukman Ar, Teguh Arafah Julianto, Abd Rahman, and Mirwa Mirwa. “Pendampingan Mengahafal Dan Memahami Al-Qur’an Menggunakan Metode Gerakan Isyarat ACQ (Aku Cinta Al-Qur’an).†To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat 5, no. 3 (2022): 511. doi:10.35914/tomaega.v5i3.1222.
Siti Faizah, Ainur Rosyidah. “Tradisi Pembacaan Ayat-Ayat Al-Qur’An ( Kajian Living Qur ’ An Di Tpq Nurussholah Kampung Marhaban Kecamatan Singkawang Selatan Kota Singkawang ) Siti Faizah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran Walisongo Situbondo Ainur Rosyidah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran W.†Ilmu Al-Qur’an Tarfsir Dan Hadist 5, no. 1 (2022): 96–121.
Yasin, Hadi. “Mengenal Metode Penafsiran Al Quran.†Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2020): 34–51. doi:10.34005/tahdzib.v3i1.826.
Zhou, Yang, and Wang. “TRADISI KHOTMUL QURAN (Studi Living Quran Pemaknaan Khotmul Quran Di Pondok Pesantren Ittihadul Ummah Ponorogo).†21, no. 1 (2020): 1–9.
DOI: 10.24235/diyaafkar.v11i02.14046
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â
Â