TRACER STUDY ALUMNI JURUSAN ILMU AL-QUR’AN DAN TAFSIR (IAT) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON DAN RESPON STAKEHOLDER TERHADAP KOMPETENSI DAN KINERJA LULUSAN TAHUN 2018-2019
(1) IAIN Syekh Nurjati
(2) IAIN Syekh Nurjati
(*) Corresponding Author
Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk menelusuri rekam jejak alumni Jurusan IAT IAIN Syekh Nurjati lulusan tahun 2018-2019 serta respon stakeholder terhadap kinerja dan kompetensi alumni di tempat kerja mereka. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif melalui pendekatan survei. Terdapat dua sumber data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, yaitu primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari penyebaran kuesioner secara online melalui email, facebook, mailing list dan juga disebarkan secara langsung kepada alumni yang diketahui dengan jelas alamatnya. Teknik pengisian koesioner dilakukan juga dengan cara snow balling. Sedangkan data sekunder didapat dari penelusuran catatan-catatan dan dokumen yang memiliki relevansi dan mendukung terhadap penelitian yang diangkat. Secara umum, dari total 68 alumni IAT lulusan 2018-2019, terdapat 40 orang alumni yang memberikan tanggapan, alumni perempuan sejumlah 16 orang (40%) dan alumni laki-laki sejumlah 24 orang (60%). Untuk menggali kompetensi dan daya saing alumni IAT lulusan 2018-2019 dalam dunia kerja, peneliti mengajukan 13 aspek kepada para alumni, di antaranya lama waktu tunggu untuk para alumni mendapatkan pekerjaan pertama; informasi pekerjaan pertama yang sudah didapat; kesesuaian pekerjaan dengan bidang studi yang diambil, dan lain sebaginya. Secara umum, alumni IAT memiliki kompetensi dan daya saing tinggi dalam dunia pekerjaan mereka. Hal ini terlihat dari 40 orang yang memberikan tanggapan, sebanyak 39 sudah bekerja dan 1 orang melanjutkan kuliah. Selain itu, sebanyak 21 (54%) orang sudah bekerja sebelum mereka lulus kuliah. Terakhir, penelitian ini juga mengungkap respon stakeholder terhadap kinerja Alumni IAT (Lulusan 2018-2019) di instansi mereka bekerja. Untuk mengetahui hal itu, peneliti menanyakan 15 aspek kepada para stakeholder, di antaranya adalah integritas (etika dan moral); keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme); kedisiplinan saat bekerja; kemampuan beradaptasi di lingkungan kerja; dan lain sebagainya. Dari 39 alumni yang sudah bekerja, terdapat 17 stakeholder yang memberikan tanggapan terdapat kinerja mereka. Mayoritas stakeholder puas dengan kinerja para alumni IAT lulusan 2018-2019 yang bekerja di instansi mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Album Kenangan Wisuda IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2018-2020.
Azheri, Busyra. 2012. Corporate Social Responsibility: Dari Voluntary Menjadi Mandatory. Jakarta: Rajawali Pers.
Buku III A Borang Akreditasi Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir.
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Fajaryati, Nuryake, dkk. 2015. “Studi Penelusuran (Tracer Study) Terhadap Alumni Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.†Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), Volume 1, Nomor 1.
Hajam, dkk. 2019. “Buku Kurikulum Yang Mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) Program Sarjana (S1) Program Studi Ilmu Al-Quran Dan Tafsir IAIN Syekh Nurjati Cirebonâ€.
Hameed, Imran. 2009. “Sources of Business Competitive Advantage: A Review.†Journal of Business & Economics. July-December.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Buku Panduan Sistem Pusat Karir Edisi II. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kotler, P. and Keller, K. L. 2009. Manajemen pemasaran (terjemahan: Bobsabran), Edisi 13 jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. index.
Kotler, Philip. 2005. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
M.A Birowo. 2014. Kerja Sama Nilai Utama yang Dirasakan Alumni UMY. Yogyakarta: BERNAS JOGJA.
Millington, Claire. 2006. “The Use of Tracer Studies for Enhancing Relevance and Marketability in Online and Distance Education: Barbados Community Collegeâ€.
Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salembe.
Nazir, Moh. 1999. Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nugroho, A. 2018. “Aplikasi OLAP Profil Mahasiswa dan Lulusanâ€. Jurnal SIMETRIS, Vol. 9, No. 1, 533–540.
Pannogan, O. C., & Ocampo, D. P. 2016. “Tracer study of bachelor of arts graduates major in English.†International Journal of Advanced Research in Management and Social Sciences, Vol. 5, No. 1, 281–297.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.30 Tahun 1990. Tentang Pendidikan Tinggi.
Pornama, Ridwan, dan Sulastri. 2014. “Analisis Model Kekuatan Stakeholder dalain Desain dan lmplementasi Kebijakan UPI.†Jurnal llmu Manajemen & Bisnis Vol 5, No 2. September.
Porter, Michael E. Competitive Advantage. 1993. Tim Binarupa Aksara (penterjemah). 1996. Straetgi Bersaing, Strategi Menganalisis Industri dan Pesaing. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Prasetyawati, Meri dan Kosasih, Moh. 2021. “Analisis Kinerja Dan Daya Saing Pada Lulusan Teknik Industri Fakultas Teknik UMJ.†JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri Vol 8, No. 1.
R.E. Freeman. 1984. Strategic Management: A Stakeholders Approach. Boston: Fitman.
Roviati, Evi dkk. 2015. “Tracer Study: Studi Rekam Jejak Alumni Dan Respons Stakeholder Jurusan Tadris Ipa-Biologi Iain Syekh Nurjati Cirebon.†Jurnal Scientiae Educatia, Volume 5, Nomor 1.
Schomburg, Harald. 2003. Handbook for Graduate Tracer Studies: Centre for Research on Higher Education and Work. Germany, University of Kassel. Diunduh dari http://www.qtafi.de/handbook_v2.pdf.
Soemantri, dkk. 2010. Kajian Relevansi Lulusan Jurusan Pendidikan Geografi Uny Tahun 2005 – 2009. Yogyakarta: FISE UNY.
Sumarwan, U. 2003. Perilaku Konsumen – Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: ANDI.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: 10.24235/diyaafkar.v10i1.12713
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â
Â