I'jaz Adadi: Keistimewaan dan Fenomena Angka 9 dalam Al-Qur'an

Asfira Zakiatun Nisa(1*), Abdussakir Abdussakir(2), Muhammad Muhammad(3), Yusiana Rismatika Slawantya(4), Lisa Lisa(5),


(1) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
(2) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
(3) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
(4) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
(5) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji keistimewaan dan fenomena angka 9 di dalam Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Data diperoleh dengan melakukan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keistimewaan dan fenomena angka 9 di dalam Al-Qur’an. Di antara fenomena tersebut adalah pada ayat yang terkait dengan Asma’ul Husna, ketepatan bulan Ramadhan sebagai bulan ke-9 dalam Islam, serta reflexivity sholat. Kehadiran angka 9 tersebut membawa pesan, di antaranya adalah tentang ketauhidan dan banyak sekali konsep maupun perhitungan matematis dalam Al-Qur’an, hanya saja masih banyak yang belum mengkaji hal tersebut secara detil dan menyeluruh. Dengan mempelajari ilmu pengetahuan melalui integrasi matematika Al-Quran, berarti manusia telah mempelajari agama.

Keywords


angka 9; Al-Qur’an; Isla; Ramadhan; reflexivity; sholat

Full Text:

PDF

References


Abdussakir, Abdussakir. “Ketika kyai mengajar matematika.†UIN-Maliki Press, 2007.

———. “Matematika dalam Al-Qur’an.†UIN-Maliki Press, 2014.

Ahmad, Intan Nor Syahira, and Md Nor Abdullah. “Tinjauan literatur kajian bilangan dalam Al-Quran: Satu tinjauan umum [literature review of the numerical in Quran: A general review paper].†BITARA International Journal of Civilizational Studies and Human Sciences 4, no. 2 (2021): 105–19.

al-Zuhaily, Wahbah. “Al-tafsir al-wajiz ‘ala hamish Al-Quran al-‘azim.†Dimasyq: Dar al-fikr 586 (1993).

Asyqar, Muhammad Sulaiman Al. “Zubdatut tafsir min fathil qadir,†2020. https://tafsirweb.com.

Aziz, R Mochamad. “Roikhan 472319 dalam salat matematika tiga empat hembus hela pada 495 6174 era ekonomi covid.†In Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, Vol. 5, 2022.

Aziz, Roikhan M. “Refleksivitas shalat oleh pencipta pada manusia dalam matematika dan ekonomi sesuai HAHSLM secara integrasi interkoneksi.†Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains 3 (2021): 78–82.

Aziz, Roikhan Mochamad. “God equation of HAHSLM 472319 in universe creation.†In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4:452–61, 2019.

———. “Teori H sebagai ilmu wahyu dan turats dalam Islam.†Jurnal Ushuluddin 24, no. 1 (2016): 103–12.

Aziz, Roikhan Mochamad, Asep Saepudin Jahar, Imam Sujoko, Kamarusdiana Amilin, and Ahmad Tholabi. “Reflexivity of god and worship in mathematics 19 on HAHSLM and covid with economic.†In ICIIS 2020: Proceedings of the 3rd International Colloquium on Interdisciplinary Islamic Studies, 393. Jakarta: European Alliance for Innovation, 2021.

Basyir, Hikmat. “Tafsir Al-Muyassar.†Solo: An-Naba, 2011.

Humaid, Shalih bin Abdullah bin. “Tafsir Al-Mukhtashar.†Riyadh: Markaz Tafsir Li al-Dirasat al-Qur’aniyyah, 2020.

Irawan, W. H., Abdussakir, & Kusumawati, A. “Rahasia bilangan dalam Al- Qur ’an.†Penelitian Ilmu Pengetahuan Terapan 5, no. 564 (2015): 1–19.

Shihab, Quraish. Tafsir Al-Misbah. Jilid 5. Jakarta: Lentera Hati, 2006.

Sudarma, Momon. “Asma’ul husna pengungkapan nilai dari teosentris ke antroposentris,†2020, 10142.

Suyanta, Sri, and M Ag. Asmaul Husna. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2019.

Uhbiyati, Nur. “Dasar-dasar ilmu pendidikan Islam.†Semarang: PT Pustaka Rizki Putra, 2013.

Zahir Al-Minangkabawi. Menilik sejenak salafus shalih di bulan Ramadhan. Pustaka Hibr, 2021.




DOI: 10.24235/diyaafkar.v10i02.11649

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Â