Analisis Core Isu Pada Pelayanan Mahasiswa (Pemberkasan Prasyarat Ujian Akhir Berbasis Digital)
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Artikel ini ditulis dengan tujuan memberikan rekomendasi bagi peningkatan mutu pelayanan bagi civitas akademik terutama mahasiswa. Sebagai bagian dari pelayan publik, ASN di lingkungan perguruan tinggi memiliki tujuan dan fungsi sebagai pelaksana langsung dari kegiatan pelayanan administrasi mahasiswa Pengabdian dilakukan dalam bentuk kegiatan aktualisasi berbasis core isu yang muncul berdasarkan metode kualitatif dengan analisis APKL (Aktual, Problematika, Kekhalayakan dan Kelayakan), Fishbone dan USG (Urgency, Seriousness, and Growth). Adapun hasil dari pengabdian berupa peralihan media pengumpulan berkas ujian akhir mahasiswa dari konvensional menjadi berbasis digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arrafiatus Sufiyyah, (September, 2011). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Birokrasi terhadap Kepuasan Mahasiswa, Aset,13(2).
Balai Pendidikan dan Pelatihan Kepegawaian Bandung, Panduan Pelaksanaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan IV Palembang, (2021).
Balai Pendidikan dan Pelatihan Kepegawaian Bandung, Modul Bela Negara, Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan IV, (2021).
Balai Pendidikan dan Pelatihan Kepegawaian Bandung, Modul Nilai-Nilai Dasar PNS, Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan IV, (2021).
Balai Pendidikan dan Pelatihan Kepegawaian Bandung, Modul Manajemen ASN, Pelayanan Publik dan Whole of Government, Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan IV, (2021).
Burhanudin, Aan Mohamad. (2019). Penggunaan SWOT Dalam Literasi Media (Penggunaan Media Digital Secara Positif Pada Generasi Milenial Di Madrasah Aliyah Yayasan Bina Cendikia Utama Kabupaten Cirebon). Dimasejati, 1(2).
Dwiyanto, A. (2021). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. UGM PRESS.
Kusumasari, Bevola, et al. (2015). Akuntabilitas: Modul Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Muljawan, A. (2019). Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Yang Sehat Dan Efisien. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 67-76.
Setiawati, A. (2018). Persepsi Mahasiswa terhadap Indikator Prinsip Pelayanan Publik dan Berbagai Kelemahan dalam Pelayanan Publik di Tujuh Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik, 21(2).
Surat edaran Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon nomor B-0572/ln.08/PP.00.9/03/2020 tentang peralihan kebijakan akademik dan non-akademik dalam upaya pencegahan penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19).
Yuniarsih, Tjutju dan Muhammad Taufiq. Komitmen Mutu: Modul Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III, Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. 2015.
DOI: 10.24235/dimasejati.v3i2.9323
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 DESSY KUSHARDIYANTI, AAN MOHAMAD BURHANUDIN