Pelatihan Desain Kemasan Dalam Rangka Peningkatan Nilai Jual Produk UMKM di Kabupaten Kuningan

Abdul Muizz Wadud(1*), Enung Fitriani(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Desain suatu produk tidak hanya berfungsi sebagai pelindung isi, namun telah menjadi telah berubah fungsinya menjadi media promosi dan penarik minat konsumen. Maka dari itu, desain kemasan yang telah dirancang dan dimodifikasi diharapkann dapat meningkatkan minat dan daya beli konsumen. Akan tetapi, kendala yang sering dihadapi oleh pelaku usaha adalah kurangnya kemampuan dalam membuat desain kemasan produk. Maka dari itu, penulis bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan mengadakan sosialisasi pelatihan desain kemasan serta pendampingannya dalam rangka mengatasi kendala yang dihadapi para pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode observasi dan metode wawancara / interview, sedangkan metode analisis data menggunakan pendekatan induktif karena penelitian ini bersifat kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah para pelaku UMKM sektor kuliner yang mengikuti pelatihan desain kemasan sudah mulai bisa membuat desain kemasan yang lebih menarik untuk digunakan oada produk mereka sendiri, dengan adanya peningkatan kemasan yang lebih baik maka nilai suatu produknya pun naik.


Keywords


Pelatihan; Desain Kemasan; Nilai Jual Produk

Full Text:

PDF

References


Audira, N. (2018). Analisis Peranan Pelatihan Program Kampung Ukm Digital Terhadap Perkembangan Umkm Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada KUB Telo Rezeki Sentra Industri Keripik Kota Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Cenadi, C. S. (2000). Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran. Nirmana, 2(2).

Indrawijaya, S. (2012). Pengaruh Kemasan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Industri Kecil Makanan Ringan Pada Supermarket di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 1(1), 33-38.

Jannah, M. (2019). Studi Komparatif Hasil Pelatihan Kewirausahaan Masyarakat Kota Dan Pesisir Di Kabupaten Pangkep (Studi Pada Usaha Kecil Menengah Binaan Dinas Koperasi Dan Umkm Kabupaten Pangkep) (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Juniawan, F. P., Sujono, H., & Sylfania, D. Y. (2019). Pelatihan Desain Kemasan Bagi UKM Rumah Tangga di Bangka Barat. SINDIMAS, 1(1), 18-22.

Lestari, K. C., & Amri, A. M. (2020). Sistem Informasi Akuntansi: Beserta Contoh Penerapan Aplikasi SIA Sederhana dalam UMKM.

Miftah, A. (2015). Mengenal Marketing dan Marketers Syariah. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2).

Putro, P. U. W., & Sulistiyowati, L. N. (2019). Pelatihan Smart Packaging pada Usaha Mikro Emping Jagung di Kabupaten Magetan. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(2), 193-201.

Rahardjo, S. T. (2019). Desain Grafis Kemasan UMKM.

Resmi, N., & Wismiarsi, T. (2015). Pengaruh kemasan dan harga pada keputusan pembelian minuman isotonik. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 13(1), 1-20.

Samuddin, S. F., Lahi, B., Toalib, R., & Gazali, G. (2018). Sosialisasi Pentingnya Menjaga Mutu dan Daya Pikat Kemasan Produk. Journal of Character Education Society, 1(2), 18-23.

Subagyo, N. J. F., Handoko, Y. A., & Yulianingsih, W. (2021). Pengaruh Jenis Kemasan Terhadap Masa Simpan Bawang Daun. Jurnal Sains Dan Teknologi Pangan, 6(3), 4001–4010.

Wadud, A. M., & Yahya, M. (2020). Respon Dan Minat Masyarakat Dalam Bertransaksi Untuk Pengembangan Modal Usaha Pada USPPS BMT Al-Ishlah. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 161-170.

Wahyuni, I., & Ernawati, S. (2020). Analisis Pengaruh Product Assortment dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Pada UMKM Di Kota Bima.

Wibowo, D. H., & Arifin, Z. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59-66.

Wicaksono, G., & Udjang, R. (2015). Strategi peningkatan nilai jual makanan tradisional. In PROSID




DOI: 10.24235/dimasejati.v3i2.9249

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdul Muizz, Enung Fitriani