Problema Pendidikan Anak Pesisir Pantai Desa Grogol Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon

Nur Lulu Anisa(1*), Edy Waloyo(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengbdian kepada masyarakat merupakan kegiatan intrakurikuler yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan bekerja bersama dengan masyarakat. Pengabdian juga merupakan salah satu kegiatan yang menambah daya kritis dan pengalaman bagi mahasiswa dalam bentuk nyata. Tahapannya pengabdian dimulai dari kegiatan survei lokasi, kemudian perizinan kepada pihak desa, lalu melakukan pelaksanaan pengabdian. Metode yang digunakan adalah penyuluhan terkait dengan pendidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. pendidikan di desa grogol cukup memprihatinkan karena beberapa faktor antara lain, pendidikan orang tua yang tidak tamat, afirmasi dari orang tua yang mengajak anaknya untuk ikut bekerja demi ekonomi keluarga, keterbatasan biaya sekolah, ketiadaan sekolah menengah atas yang dekat dengan lokasi desa grogol, kurangnya sosialisasi mengenai pentingnya pendidikan/sekolah untuk anak, baik dari desa, lembaga pendidikan atau komunitas di bidang pendidikan. Dan keinginan anak untuk mengikuti jejak karir orang tua, menjadi nelayan, buruh atau pekerja migran (tenaga kerja Indonesia/tenaga kerja wanita) di luar Indonesia.


Keywords


Pengabdian; Pendidikan; Pesisir.

Full Text:

PDF

References


Fargomeli, Fanesa. (2014). Interaksi Kelompok Nelayan dalam Meningkatkan Taraf Hidup Di Desa Tewil Kecamatan Sangaji Kabupaten Maba Halmahera Timur. Journal Acta Diurna, 3(3).

Hasanah, N. M. (2019). Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 84-97.

Husen, I. S. (2014). Dinamika Perubahan Sosial Masyarakat Nelayan Dalam Meningkatkan Taraf Hidup di Kelurahan Mafututu Kota Tidore Kepulauan. Holistik. Journal Of Social And Culture.

Masri, Amiruddin. (2017). Pendidikan Anak Nelayan Pesisir Pantai Donggala. Asian Journal Of Environment, History And Heritage,1(1).

Natalia, M. & Alie, M. M. (2014) Kajian Kemiskinan Pesisir di Kota Semarang. Jurnal Tkenik PWK, 3(1).

Rahman, A. Dkk., (2021). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Dalam Bidang Pendidikan, Kesehatan, Dan Teknologi Informasi Untuk Mendukung Kemajuan Pariwisata Kab. Dompu. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pariwisata. 1(1).

Rahman, P. L. Dan Yusuf, E. A. (2016). Gambaran Pola Asuh Orang Tua pada Masyarakat Pesisir Pantai. Predicara. 1(1).

Rini, Y. S. & Tari, J. P. S. 2013. Pendidikan; Hakekat, Tujuan dan Proses. Yogyakarta. Pendidikan dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, R. S. dkk. (2020). Desain Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pesisir Pantai Kota Padang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7(2).

Syardiansyah. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB, 7(1).




DOI: 10.24235/dimasejati.v3i2.8813

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Lulu Anisa, Edy Waloyo