Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Yang Kreatif Dan Beradab Bagi Generasi Z

Ana Humardhiana(1*), Rani Ika Wijayanti(2), Mochamad Syaefudin(3), Abdu Zikrillah(4),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(4) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Terlahir ketika internet sudah tersedia, generasi Z adalah generasi yang terhubung secara global dan berjejaring di dunia virtual. Hal ini membuat mereka rentan terhadap kejahatan cyber, baik sebagai pelaku maupun korban dan tidak menampik kemungkinan juga jika mereka berperan besar dalam surplus sampah informasi. Tulisan ini berupaya untuk menjabarkan pelatihan yang dilakukan oleh Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam rangka menangani hal tersebut. Peserta dari pelatihan ini adalah santri Madrasah Aliyah Bina Cendekia Cirebon, yang merupakan bagian dari generasi Z. Dengan menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning, pelatihan ini disampaikan dalam bentuk 3 kegiatan, yaitu pelatihan infografis, pelatihan pembuatan konten vlog dan kanal YouTube, dan pelatihan food photography. Hasil pelatihan ini adalah santri Madrasah Aliyah Bina Cendekia Cirebon dapat memanfaatkan teknologi informasi secara kreatif dengan menciptakan infografis dan konten vlog yang dapat menambah ilmu pengetahuan, serta foto makanan yang bernilai seni. Hal ini sejalan dengan pemanfaatan teknologi informasi yang beradab, yang menjauhkan mereka dari kejahatan cyber dan tidak memunculkan sampah informasi.


Keywords


Teknologi Informasi; Generasi Z; MA Bina Cendekia Cirebon

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2007). Analisis Eksistensial. PT. Raja Grafindo Persada.

Gunawan, A. P. (2015). Pencahayaan dalam Studio Fotografi. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 12(1).

Hanafiah, N., & Suhana, C. (2009). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Helsper, E. J., & Eynon, R. (2010). Digital natives: Where is the evidence? British Educational Research Journal, 36(3), 503–520. https://doi.org/10.1080/01411920902989227

Kencana, W. H., & Meisyanti, M. (2019, March). KREATIVITAS DIGITAL DALAM POLITICAL MARKETING. In Conference On Communication and News Media Studies (Vol. 1, pp. 115-115).

Kurniasih, N. (2017). Infografis. https://doi.org/10.31227/osf.io/5jh43

Meaning of Infographic. (n.d.). Retrieved June 26, 2021, from https://www.lexico.com/definition/infographic

M. Naufal, M., & Jannah, H. (2012). Penegakan Hukum Cyber Crime Ditinjau Dari Hukum Positif Dan Hukum Islam. Al-Mawarid Journal of Islamic Law, 12(1), 69–84.

Prensky, M. (2001). Digital Natives, Digital Immigrants (Vol. 9, Nomor 5). MCB University Press.

Rastati, R. (2018). Media Literasi Bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z Di Jakarta. Kwangsan, 6(1), 286903.

Riyanti, R., & Triarosdianan, S. (2015). Efektivitas Infografis Media Online (Survey Pemberitaan Tempo.Co pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Kopertis Wilayah III). Bina Widya, 26(1), 54–61.

Saptodewo, F. (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 01(03), 193–198. http://www.erickazof.com/apa-itu-

Sensus Penduduk 2020, BPS: Generasi Z dan Milenial Dominasi Jumlah Penduduk RI - Bisnis Tempo.co. (n.d.). Diambil 26 Juni 2021, dari https://bisnis.tempo.co/read/1425919/sensus-penduduk-2020-bps-generasi-z-dan-milenial-dominasi-jumlah-penduduk-ri

Silitonga, Y., & D V, E. (2012). Analisa Perbandingan Kualitas Belajar - Mengajar Antara Metode Face to Face dan Video Conference. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 4(2), 477–487.

Sladek, S., & Grabinger, A. (2014). Gen Z: The first generation of the 21st Century has arrived. Retrieved May, 5, 2016.

Sugiono, S. (2020). Industri Konten Digital dalam Perspektif Society 5 . 0 Digital Content Industry in Society 5 . 0 Perspective. 22(2), 175–191.

Sutirman, M. P. (2013). Media dan model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha.

Tanjung, M. R. (2019). Fotografi Ponsel (Smartphone) Sebagai Sarana Media Dalam Perlembangan Masyarakat Modern. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif, 1(2), 224–234.

Usia 15-19 Tahun Pengakses Internet Terbesar di Indonesia - Tekno Tempo.co. (n.d.). Diambil 26 Juni 2021, dari https://tekno.tempo.co/read/1205955/usia-15-19-tahun-pengakses-internet-terbesar-di-indonesia

Gunawan, A. P. (2015). Pencahayaan dalam Studio Fotografi. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 12(1).

Kurniasih, N. (2017). Infografis. https://doi.org/10.31227/osf.io/5jh43

Meaning of Infographic. (n.d.). Retrieved June 26, 2021, from https://www.lexico.com/definition/infographic

Riyanti, R., & Triarosdianan, S. (2015). Efektivitas Infografis Media Online (Survey Pemberitaan Tempo.Co pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Kopertis Wilayah III). Bina Widya, 26(1), 54–61. http://library.upnvj.ac.id/pdf/artikel/Majalah_Ilmiah UPN/bw-vol26-no1-mar2015/54-61.pdf

Saptodewo, F. (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 01(03), 193–198. http://www.erickazof.com/apa-itu-

Tanjung, M. R. (2019). Fotografi Ponsel (Smartphone) Sebagai Sarana Media Dalam Perlembangan Masyarakat Modern. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif, 1(2), 224–234.

Yekti Herlina. (2007). Komposisi Dalam Seni Fotografi. Nirmana, 9(2), 82–88. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/article/view/17676

% Orang Indonesia Akses YouTube dalam Satu Bulan Terakhir | Databoks. (n.d.). Diambil 26 Juni 2021, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/17/94-orang-indonesia-akses-youtube-dalam-satu-bulan-terakhir




DOI: 10.24235/dimasejati.v3i1.8605

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ana Humardhiana, Rani Ika Wijayanti, Mochamad Syaefudin, Abdu Zikrillah







Creative Commons License

DIMASEJATI by https://http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/dimasejati/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Visitor Statistics