Belajar Di Rumah Solusi Belajar Di Era Pandemi Covid-19

Taqiyuddin Taqiyuddin(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberdayakan masyarakat melalui pembinaan dan pendampingan anak-anak sekolah di desa Astapada. Dalam melakukan pendampingan pembelajaran dari rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, penulis menggunakan metode Belajar Bersama di rumah belajar, yaitu pembelajaran dengan berkelompok anak. Metode ini dipilih karena dengan melakukan kegiatan belajar bersama anak lebih mudah memahami apa yang akan dilakukan untuk tugasnya bersama dengan teman-temannya. Dalam melakukan evaluasi hasil dari pendampingan pembelajaran, penulis menggunakan metode observasi atau wawancara langsung denban masyarakat terutama anak-anak usia sekoilah yang mengikuti belajar bersama di rumah belajar. Berdasarkan Hasil dari pengabdian dalam bidang pendidikan adalah 1) Mendapatkan banyak dukungan dari warga maupun pihak desa tentang adanya pengadaan sarana belajar selama pandemi ini. 2) Banyak anak-anak yang menghabiskan waktunya untuk belajar bersama dibandingkan dengan bermain, 3) Anak-anak dapat mengelola barang bekas seperti plastik menjadi bahan yang lebih bermanfaat. 4) Anak-anak dapat menambah rasa percaya diri dengan berani menceritakan pengalamannya di depan teman-temannya.


Keywords


Belajar di Rumah; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Annisa, Aulia. Tantangan. (2021, January 19). Guru Dalam Proses Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. https://doi.org/10.31219/osf.io/btj7m

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64-70

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Bakhri, S., Herawati, C., & Nuroniyah, W. (2020). Prospek dan tantangan kabupaten layak anak (KLA) di kabupaten Cirebon. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 15(2), 225-244. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3782

Dani, Awis Hamid., et al. (2021). Kondisi Ekonomi, Stigma, Dan Tingkat Religiusitas Sebagai Faktor Dalam Meningkatkan Upaya Pencegahan Covid-19. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 8(2), 75-86. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jkk/article/view/13306/0

Herawati, Nenden Ineu. (2010). Pendidikan Inklusif. Jurnal EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).

Ilmy, N. A.. (2014). Pengaruh Pembelajaran Direct Instruction dengan Suplemen Rumah Belajar (Situs E-Learning Kemdikbud) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Saraf Manusia, Jakarta

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Standar dan prosedur Penyelenggaraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Layaman., Nasichah. Nur Aulia., & Hanim, Tika Fatichah. (2020). Pemberdayaan Remaja Melalui Budidaya Tanaman Hidroponik Kampung Kertasemboja, Kelurahan Pegambiran, Kota Cirebon. Dimasejati 2(2), 191-203.

Majid, et al. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Efektif di Rumah Saat Pandemi Covid-19 Kepada Warga Persyarikatan Muhammadiyah Kabupaten Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(1). 1-7.

Majid, N. W. A. (2013). The Effect of Industrial Practice of Experience And Competence of ICT on Job Readiness of 12th Class SMK Negeri 3 Yogyakarta Academic Year 2012/2013. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Mardikanto, T.,& Soebiato, P. (2013). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Nurhayati, A. S. (2012). Pedoman Pemanfaatan Rumah Belajar, Jakarta: Pustekkom Kemdikbud

Putri, W. (2021). E-Learning Pedagogical Challenges of EFL Teachers During COVID-19 Pandemic. Journal Educational Technology, 20(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/30993

Sarip, et al. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Masyarakat dan Pembangunan Desa. Jurnal Al-Mustashfa, 5(1), 10-20. https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/al-mustashfa/article/view/6732/3120

Sukmadinata, Nana Syaodih (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.

UU RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sustem Pendidikan Nasional

Vito, Benediktus., Krisnani, Hetty & Resnawaty, Risna. (2015). Kesenjangan Pendidikan Desa Dan Kota. PROSIDING KS: RISET & PKM, 2(2). 147-300.

Winarno., Setiawan, Johan. (2013). Penerapan Sistem E-Learning pada Komunitas Pendidikan Sekolah Rumah (Home Schooling). ULTIMA InfoSys, 4(1).




DOI: 10.24235/dimasejati.v3i1.8385

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Taqiyuddin Taqiyuddin







Creative Commons License

DIMASEJATI by https://http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/dimasejati/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Visitor Statistics