Pola Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan Dan Perluasan Usaha Cibay Di Kabupaten Cirebon

Syaeful Bakhri(1*), Oki Khairul Hikmah(2), Shofi Nurrohmah(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, (SINTA ID : 6156347)
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Merujuk peranan sebuah  Perguruan Tinggi yaitu bidang Pendidikan, penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, pemberdayaan tidak harus berkonotasi kerja monumental, namun kerja pendampingan dan pemberdayaan pada sektor usaha kecil dan menengah yang juga bisa dilakukan oleh kampus. Pola pemberdayaan ekonomi melalui usaha cibay sangat membantu sektor kerja informal, membuka lapangan kerja sekaligus usaha. Pola kerjasama dengan franchise bagi masyarakat yang memiliki modal usaha, atau cukup dengan bergabung menjadi reseller untuk yang minim modal. Pelaksanaan pendampingan dengan terlibat proses produksi, packing hingga prosess marketing didapatkan beberapa perbaikan dan usulan inovasi seperti packing menggunakan vacuum sealer sehingga menjadikan cibay lebih tahan lama hingga ke tangan konsumen. Perlu strategi pengembangan yang terus menerus dan marketing yang inovatif agar produk olahan ini dapat menjadi salah satu ikon makanan khas cirebon

Keywords


Pemberdayaan Ekonomi; Pendampingan; Kemitraan

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2013). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Hasanah, N. (2019). Analisis Mekanisme Dropshipper dan Reseller di Toko Online S3 Komputer Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya. https://doi.org/10.4324/9781315853178

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2017). Metodologi Penelitian; Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran (untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan). Bandung: Refika Aditama.

Karamoy, A. (2011). Waralaba-Jalur Bebas Hambatan Menjadi Pengusaha Sukses. Gramedia Pustaka Utama.

Nurdiyanto, H., & Meilia, H. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pengembangan Industri Kecil Dan Menengah Di Lampung Tengah Menggunakan Analitical Hierarchy Process (Ahp). Semnasteknomedia, 4(1), 37–42. Retrieved from https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1163

Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40–52.

Rachmadi, bambang N. (2007). Franchising; Membedah Tawaran Franchise Lokal di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rifa’i, B. (2013). Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Krupuk Ikan dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 130–136.

Santosa, S. H., Prihatini, D., Purwanto, A., Jumiati, A., & Susilo, D. (2016). Pengembangan pola kemitraan dalam rangka pengentasan kemiskinan di jawa timur. In Dinamika Global: Rebranding Keunggulan Kompetitif Berbasis Kearifan Lokal (pp. 601–611). Jember: Universitas Jember.

Tampubolon, J., Ginting Sugihen, B., Samet, M., Susanto, D., & Sumardjo. (2006). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendekatan Kelompok (Kasus Pemberdayaan Masyarakat Miskin melalui Pendekatan Kelompok Usaha Bersama (KUBE)). Jurnal Penyuluhan, 2(2), 10–22.

Theresia, A., Andini, K. S., Nugraha, P. G. ., & Mardikanto, T. (2014). Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Tim Penelitian dan Pengembangan Perkreditan dan UMKM. (2009). Pola Pembiayaan Usaha Kecil Usaha Franchiese. Jakarta: Bank Indonesia.




DOI: 10.24235/dimasejati.v3i1.8345

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Syaeful Bakhri, Oki Khairul Hikmah, Shofi Nurrohmah