KKN UPI Purwakarta: Media Sosial Whatsapp Sebagai Sarana Penunjang Pembelajaran

Nihda Meiftah Farhani(1*),


(1) UPI Kampus Purwakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Sejak mewabahnya Covid-19 di Indonesia, Kegiatan Belajar Mengajar tak lagi dapat dilaksanakan secara tatap muka. Proses belajar dari rumah mulai dilaksanakan secara daring. Namun hal itu justru menimbulkan masalah baru yaitu ketidakefektifan selama pembelajaran. Sehinggan dilakukanlah Kuliah Kerja Nyata dalam rangka mengatasi masalah yang muncul tersebut. Kuliah Kerja Nyata dirancang secara daring dengan menyusun beberapa program kerja dalam tiga bidang yang salah satunya adalah pemanfaatan media sosial Whatsapp sebagai sarana penunjang pembelajaran daring. Hasilnya program tersebut terbukti membantu siswa dan orang tua siswa SDN 2 Babakancikao untuk beradaptasi terhadap pembelajaran daring dan Kegiatan Belajar Mengajar dapat berjalan secara lebih efektif.


Keywords


Covid-19; Media Sosial; Whatsapp; Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. F., & Rudianto, N. A. R. (2020). Semangat Mengabdi Bergerak Bersinergi Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 7(2), 37-42.

Ali, S., Afreni, H. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jambi: BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.

Andasia, M. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Bandar Lampung: Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76

Andika, P. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Dalam Media Pembelajaran Di Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Aceh: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 122-133.

Andri, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10 (3), 282-289

Hakim, R. R. (2020). Pencegahan Penularan Covid-19 Berbasis Aplikasi Android Sebagai Implementasi Kegiatan KKN Tematik Covid-19 di Sokanegara Purwokerto Banyumas. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 7-13.

Haryani, T. N., & Hidayat, B. M. R. (2020). Kuliah Kerja Nyata Covid-19 sebagai Agen Informasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Masyarakat. Jurnal Abdidas, 1(4), 242-247.

Hilna, P., Luthfi, H., Din, A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jawa Barat: Jurnal Basicedu, 4(4), 861-872.

Lutfiyah., Roviati, Evi. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. DIMASEJATI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 181-190.

Muhammad, W., Prarasto, M. (2019). Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa. Varia Pendidikan, 31(1), 52-57.

Oktafia, I., Siti, S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Surabaya: Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3).

Pangastuti, T. (2020). Indonesia Is Unlikely to Escape Recession: Finance Minister. Diakses pada 29 Desember melalui: https://jakartaglobe.id/business/indonesia-is-unlikely-to-escape-recession-finance-minister.

Pranita, E. (2020). Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari. Diakses pada 29 Desember 2020 melalui: https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumumkan-awal-maret-ahli--virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari.

Resa, I. (2020). Penggunaan Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Peserta Didik Dta At-Tawakal Kota Bandung. Cimahi: JURNAL COMM-EDU, 3(2).

Rice, L. (2009). Playful learning. Journal for Education in the Built Environment, 4(2), 94-108.

Sulistyaningrum, D. (2020). Pendampingan Pembelajaran Siswa Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN Tematik Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02).

Syifa, T., Luthfi, H., Astri, S. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. JURNAL JPSD, 7(2).

Wahyu, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.




DOI: 10.24235/dimasejati.v3i1.8171

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nihda Meiftah Farhani