Menumbuhkan Pola Hidup Sehat Dan Cinta Lingkungan Di Masa Pandemi Covid-19

Imaniar Resha Erfana(1*), Khomarudin Kamsina(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi ini memberikan banyak dampak bagi kehidupan masyarakat, baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya dan bahkan psikologis masyarakat. Kegiatan pengabdian dilakukan sebagai upaya untuk menumbuhkan pola hidup sehat dan cinta lingkungan di masa pandemi Covid-19 dalam mendukung pencapaian kehidupan yang baik dan harmonis. Kegiatan ini diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan pengabdian ketika Kuliah Kerja Nyata di Desa Klayan Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon melalui teknik pengumpulan data yaitu wawancara. Hasil wawancara menunjukan, kesehatan dan kecintaan terhadap lingkungan dapat saling berkaitan. Dimana kesehatan tidak hanya meliputi jasmani, tetapi juga rohani yang akhirnya hal tersebut bisa mendorong untuk mencintai lingkungan baik lingkungan alam maupun sosial budaya. Menumbuhkan untuk hidup sehat dengan kegiatan; (1) Membiasakan berolahraga; (2) Membuat makanan sehat yang kreatif; (3) Memberikan edukasi; (4) Mengatur pola hidup. Adapun kegiatan untuk menumbuhkan cinta lingkungan adalah; (1) Melestarikan lingkungan alam dengan penghijauan; (2) Melestarikan kebudayaan daerah; (3) Membiasakan anak - anak untuk berkreasi dengan lingkungan; (4) Membiasakan bersosialisasi dengan masyarakat.


Keywords


Pola Hidup Sehat; Lingkungan; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Anies. (2019). Sehat Tanpa Obat Berbagai Upaya Untuk Tetap Sehat Tanp Tergantung Pada Obat. Yogyakarta: Gosyen Publising.

Ekowarni, E. (2001). Pola Perilaku Sehat Model Pelayanan Kesehatan Remaja. Psikologi, 97 - 104.

Elsa, F., Khairil, & Yunus, Y. (2014). Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Metode Inkuiri Terhadap Sikap dan Perilaku Siswa Pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Biotik (2).

Febriani, A., & Nasution, J. D. (2018). Pola Hidup Sehat Antara Siswa Pada Sekolah Go Green dan Sekolah Tidak Go Green. Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (6), 565-568.

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniyah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020, April). Penyakit Virus Corona 2019. Resprilogi Indonesia (40).

Marjohan, & Afriyanti, R. (2018, Juni). Penerapan Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Gentala Pendidikan Dasar (3), 111-126.

Masdudi. (2018). Dasar - Dasar Ilmu Pendidikan. Cirebon.

Napitupulu, D. S., Sinaga, A. I., & Syaukani. (2018, Januari). Implementasi Program Cinta Lingkungan di MAN 2 Model Medan. At-Tazakki (2).

Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019, September). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Gentala Pendidikan Dasar (9), 259-266.

Nurhayati, E. (2016). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sihombing, R. M., & Pratama, E. R. (2018). Hubungan Pola Perilaku Hidup Sehat Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Keperawatan. Nursing Current (6).

Suharjana. (2012, Juni). Kebiasaan Berperilaku Hidup Sehat dan Nilai - Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter.

Susanti, E., & Kholisoh, N. (2018, Juni). Konstruksi Makna Kualitas Hidup Sehat. Jurnal Lugas (2), 1-12.

Sutanto, A. V., & Fitriana, Y. (2017). Kebutuhan Dasar Manusia Teori dan Aplikasi Praktik Keperawatan Profesional. Yoyakarta: Pustaka Baru Press.

Syafrida, & Hartati, R. (2020). Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia. Sosial dan Budaya Syar-I (7).

Triyono, S. D., & Herdiyanto, Y. K. (2017). Konsep Sehat dan Sakit Pada Individu Dengan Urolithias (Kencing Batu) di Kabupaten Klungkung Bali. Psikologi Udayana (4).

Yuniarto, B. (2017). Bunga Rampai Pendidikan Pancasila. Cirebon: CV. Elsi Pro.




DOI: 10.24235/dimasejati.v3i1.8017

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Imaniar Resha Erfana, Khomarudin Kamsina







Creative Commons License

DIMASEJATI by https://http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/dimasejati/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Visitor Statistics