Strategi Pendampingan Melalui Bauran Pemasaran Di BMT NU Sejahtera KC Harjamukti Dalam Menghadapi Masa Pandemi

Yati Haryati(1*), Ellina Nopidia(2), Ellisa Septiani(3), Fitrohtul Laeli(4),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(4) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah sebagai upaya meningkatkan kualitas manajemen BMT NU Sejahtera Kc Harjamukti dalam menghadapi masa pandemi Covid 19. BMT berdiri pada akhir januari tahun 2019 dan memiliki perkembangan yang cukup bagus. Pandemi covid 19 yang terjadi di dunia, mengakibatkan banyak perubahan terutama pada penurunan ekonomi, dampak tersebut dirasakan pula oleh BMT NU Sejahtera. Alat analisis yang digunakan adalah bauran pemasaran yang terdiri dari 4P, yaitu product, price, place dan promotion. Kegiatan pendampingan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan cara melakukan wawancara langsung pada pihak BMT NU Sejahtera. Hasil pendampingan menemukan bahwa BMT melakukan penyesuaian angsuran agar lebih terjangkau oleh nasabah, menerapkan protokol kesehatan pada lokasi BMT, serta melakukan promosi berupa periklanan. Hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas bauran pemasaran adalah mengemas produk agar lebih menarik, mengoptimalkan protokol kesehatan di lokasi BMT, melakukan promosi online serta pemasangan nama BMT di lokasi yang strategis.

Keywords


BMT; Covid 19; Strategi; Bauran Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2013). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa Dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Andespa, Rono. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menabung di Bank Syariah. Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan Al-Masraf. 2(1).

Astuti, Diah Meirani & Sunanto, Sandra. (2016). Analisis Bauran Pemasaran Perbankan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Taplus Bisnis PT Bank Negara Indonesia (Persero) TBK Cabang Perguruan Tinggi Bandung. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXIV.

Bakhri, Syaeful., dkk. (2019). Analisis SWOT Untuk Strategi Pengembangan Home Industry Kue Gapit Sampurna Jaya Kabupaten Cirebon. DIMASEJATI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1), 64-80.

Halik, Abdul. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa, Kualitas Layanan dan Nilai Religiusitas terhadap Kepercayaan Nasabah dan Implikasinya pada Komitmen Nasabah Bank Umum Syariah di Wilayah Gerbang Kertasusila Jawa Timur. JPH17: Jurnal Hasil Penelitian LPPM Untag Surabaya. 1(1).

K, Yulianto Firman, dkk. (2010). Analisis Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran terhadap Pertimbangan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah di Kota Medan. Wacana. 13(4).

Putri, BRT. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Universitas Udayana.

Rachma, Fikri Nur. (2018). Analisis Kepuasan Anggota Di KSPPS BMT NU Sejahtera KC Bawen. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Ridwan, Muhammad. (2004). Manajemen Baitul Maal Wa Tanwil (BMT). Yogyakarta: UII Press

Shinta, Agustina. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Tjiptono, Fandy & Diana, Anastasia. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Zuhria, S. E, & Anwar, M. K. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Bank Terhadap Loyalitas Nasabah (BTN Syariah KC Surabaya). Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 87-99.




DOI: 10.24235/dimasejati.v2i2.7414

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yati Haryati, Ellina Nopidia, Ellisa Septiani, Fitrohtul Laeli







Creative Commons License

DIMASEJATI by https://http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/dimasejati/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Visitor Statistics