Pemberian Motivasi Melalui Cerita Dan Games Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Anak Usia SD Dan SMP

Etty Ratnawati(1*), Aas Asniawati(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Kreatifitas guru dalam mengajar salah satunya berupa metode mengajar dan penggunaan media pembelajaran. Pada masa sekarang ini dalam sebuah sistem pendidikan modern, fungsi guru sebagai penyampai pesan pendidikan tampaknya memang sangat perlu dibantu dengan media pembelajaran, seperti cerita dan games agar proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan juga dapt memotivasi minat anak untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pemberian motivasi melalui cerita dan games untuk meningkatkan minat belajar anak usia SD dan SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, instrument utama adalah peneliti itu sendiri. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di Desa Nagarajati Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis pada bulan juli saat pelaksanaan KKN-DR 2020. Pemberian motivasi melalui cerita dan games dilakukan setiap kegiatan bimbingan belajar untuk meningkatkan minat belajar anak.


Keywords


Motivasi; Cerita; Games.

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz Abdul Majid. 2002. Mendidik Dengan Cerita. Bandung: Remaja Rosdakarya

Bakhri, Syaeful., Aziz, Abdul., Sarinah, Ririn. (2020). Pengetahuan dan Motivasi Untuk Menumbuhkan Minat Berinvestasi Pada Mahasiswa. Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 15(2), 60-73.

Eliska, Nining. 2018. Pengaruh Pemberian Games Pembuka Dan Penutup Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Murid Kelas V SDN 05 Tokkene Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. PGSD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Majid, Abdul. 2001. Perencanaan Pembelajaran dan Mengembangkan Standar Kompetesi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulatsih, Yustina Laurentius Sri. dkk. 2018. Peningkatan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Melalui Alat Peraga Gambar Seri di TK Negeri Pembina Kabupaten Sragen. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1).

Niak, Raisatun. 2014. Seabrek Game Asyik Edukatif untuk Mengajar PAUD/TK. Yogyakarta: Diva Press.

Nur’aeni, Farida. 2010. Membentuk Karakter Anak Dengan Dongeng. Surakarta: Indiparent.

Rahmat, Pupu Saeful. 2009. Penelitian Kualitatif. 2009. QUILIBRIUM, 5(9).

Sardiman, A.M. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Setianingsih, Ayu. 2018. Game Online Dan Efek Problematikanya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Utami, Septi Wahyu. 2019. Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan, 04(1).

Zarkasi, F., & Lutfianto, M. 2017. Pengaruh Permainan Matematika Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Pendidikan Matematika. Fakultas Ilmu Pendidikan. STKIP Al Hikmah Surabaya.




DOI: 10.24235/dimasejati.v2i2.7286

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Etty Ratnawati







Creative Commons License

DIMASEJATI by https://http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/dimasejati/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Visitor Statistics