Pemberdayaan Remaja Melalui Budidaya Tanaman Hidroponik Kampung Kertasemboja, Kelurahan Pegambiran, Kota Cirebon

Layaman Layaman(1*), Nur Aulia Nasichah(2), Tika Fatichah Hanim(3),


(1) (Scopus ID: 57215854854; h-index=1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh NUrjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian ini di latarbelakangi oleh adanya indikasi kejenuhan siswa/remaja dalam pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19. Tujuan dari kegiatan ini adalah Untuk mengalihkan anak-anak remaja dari pergaulan yang negatif yaitu dengan melakukan kegiatan budidaya hidroponik. Teknik pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian yaitu observasi, wawancara, dan praktek bersama langsung menanam tanaman sayuran. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah para remaja di Kampung Kertasemboja menjadi lebih aktif lagi dalam mengikuti kegiatan-kegiatan remaja yang ada, membangun jiwa kewirausahaan remaja dengan menjual hasil panen yang diperoleh.

 


Keywords


Remaja; Pergaulan;Hidroponik

Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i.(7), 5, 395-402.

Aroma, I. S., & Suminar, D. R. (2012). Hubungan Antara Tingkat Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Perilaku Kenakalan Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 1(2).

Bertaniorganik, “10 Macam Sistem Hidroponik Yang Sering Digunakan,†28 Juli 2018. [Online]. Available: http://www.bertaniorganik.com/2018/07/28/10-macam-sistem-hidroponik-yang-sering-digunakan/.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Izzuddin, A. (2016). Wirausaha Santri Berbasis Budidaya Tanaman Hidroponik. Jurnal Pengabdian Masyarakat/DIMAS, 12(2), 351-366.

Mas’ud, H. 2009. Sistem Hidroponik dengan Nutrisi dan Media Tanam Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Selada. Media Litbang Sulteng. 2 (2), 131- 136

Murali, M.R., Soundaria, M., Maheswari, V., Santhakumari, P., Gopal, V. 2011. Hydroponics, a novel alternative for geoponic cultivation of medicinal plants and food crops. International Journal Pharmacy and Biology Science, 2(2), 286-296.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29-38.

Purwasih, R. (2019). Pemanfaatan lahan pekarangan untuk budi daya sayuran secara hidroponik di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 5(3), 195-201.

Rinawati, D., & Darisman, E. K. (2020). Survei tingkat kejenuhan siswa SMK belajar di rumah pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan selama masa pandemi covid-19. Journal of Science and Education (JSE), 1(1), 32-40.

Roidah, I. S. (2014). Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO, 1(2). Retrieved from file:///C:/Users/ASUS/Downloads/14-22-1-SM.pdf

Sumara, D., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Jurnal Penelitian & PPM, 4(2), 129–389.

Tom, T. 2005. Garden History : Philosophy and Design, 2000 BC--2000 AD. Spon Press; New York.

Tricahyani, I. A. R., & Widiasavitri, P. N. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja Awal di Panti Asuhan Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(3), 542–550.




DOI: 10.24235/dimasejati.v2i2.7074

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Layaman Layaman, Nur Aulia Nasichah, Tika Fatichah Hanim