Pendampingan Belajar Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19

Lutfiyah Lutfiyah(1*), Evi Roviati(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


World Health Organization (WHO) telah mengumumkan virus corona atau covid-19 sebagai pandemi, yaitu keadaan dimana  populasi di seluruh dunia memiliki peluang dapat terjangkit atau terkena infeksi. Keadaan ini tentunya juga berdampak pada perekonomian Indonesia yang secara langsung juga berdampak pada dunia pendidikan di Indonesia. Mengingat pandemi ini adalah suatu musibah yang mendadak sehingga mengakibatkan kebijakan atau keputusan yang diambil secara cepat tanpa adanya persiapan yang matang membuat guru, siswa, dan orang tua merasa kebijakan tersebut kurang efektif terutama bagi sebagian siswa yang teknik pembelajarannya tidak terbiasa dengan daring. Untuk itu Kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai sarana penyampaian kebermanfaatan ilmu dan rasa kepedulian para mahasiswa terhadap masyarakat dibidang pendidikan dalam bentuk pendampingan belajar melalui kegiatan bimbingan belajar di rumah. Tujuan dari kegiatan ini untuk tetap mengefektifkan dan memaksimalkan dari tujuan pembelajaran di sekolah. Program ini dilaksanakan pada daerah yang telah terkonfirmasi zona hijau oleh pemerintah setempat. Kegiatan ini melibatkan siswa Paud/Tk sampai dengan siswa SD/MI berjumlah 56 orang. Metode pelaksanaan kegiatan secara deskriptif kualitatif . Hasil kegiatan menunjukkan prestasi dan motivasi belajar siswa mengalami perkembangan yang baik. Perlunya perbaikan fasilitas dalam keberlanjutan pelaksanaan program kegiatan bimbingan belajar sehingga siswa lebih nyaman dalam belajar.


Keywords


Covid-19; Pembelajaran Daring; Pendampingan Belajar

Full Text:

PDF

References


Bakhri, Syaeful., Aziz, Abdul., Sarinah, Ririn. (2020). Pengetahuan dan Motivasi Untuk Menumbuhkan Minat Berinvestasi Pada Mahasiswa. Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 15(2), 60-73.

Dwi, N. P. (2013). Konstruksi Sosial Peserta Didik pada Lembaga Bimbingan Non-Formal . Jurnal Paradigma, 1, 7-15.

Mabruri, R. A. (2016). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa KelasIV SD Muhammadiyah Piyaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 64-72.

Pangestika, R. R., & Ratnaningsih, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kemampuan Public Speaking Mahasiswa PGSD. EDUKASI : Jurnal Pendidikan, 10, 31-40.

Rosaria, D., & Novika, H. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31 handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas, 2 (2).

Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2, 36-43.

Siyahailatua, S. E., & Tarigan, M. (2020, 03 13). WHO Beri Status Pandemi untuk COVID Apa Artinya? Retrieved from TEMPO.CO: google.com/amp/s/gaya.tempo.co/amp/1319075/who-beri-status-pandemi-untuk-covid-19-apa-artinya diundul tanggal 1 agustus 2020




DOI: 10.24235/dimasejati.v2i2.7015

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 lutfiyah lutfiyah







Creative Commons License

DIMASEJATI by https://http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/dimasejati/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Visitor Statistics