Pengembangan Kemampuan Guru Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Daarus Sunnah Cibinong

Andri Rahadyan(1*), Halimatussa’diah Halimatussa’diah(2),


(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam era revolusi industri 4.0, masih banyak guru matematika saat ini yang belum memanfaatkan software yang ada pada teknologi komputer secara maksimal. Salah dua dari berbagai software yang ada adalah Cabri 3D dan GeoGebra. Cabri 3D dan GeoGebra adalah software yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas dan membantu guru dalam mengonstruksi konsep matematika sehingga dapat membantu guru dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan para guru di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat SMP Daarus Sunnah Cibinong terhadap pengaplikasian software Cabri 3D dan GeoGebra sehingga mampu membuat media pembelajaran matematika yang dinamis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Kegiatan ini menggunakan metode presentasi dan praktik untuk penggunaan software Cabri 3D dan GeoGebra. Hasil dari kegiatan ini adalah para guru memperoleh keterampilan untuk mengaplikasikan software Cabri 3D dan GeoGebra sehingga mampu membuat media pembelajaran matematika yang dinamis dan mampu mengeksplorasi konsep-konsep matematika sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. GeoGebra memiliki fitur yang lebih banyak daripada Cabri 3D seperti dapat mengeksplorasi konsep aljabar, geometri 2D, geometri 3D, kalkulus, matriks, vektor, dan statistika. Cabri 3D hanya dapat digunakan untuk mengeksplorasi konsep geometri 2D dan geometri 3D

Keywords


Cabri 3D; Geogebra; Media; Pembelajaran; Dinamis

Full Text:

PDF

References


Accascina, G., & Rogora, E. (2006). Using Cabri 3D Diagrams for Teaching Geometry. The International Journal for Technology in Mathematics Education.

Adirakasiwi, A. G., & Warmi, A. (2018). Penggunaan Software Cabri 3D dalam Pembelajaran Matematika Upaya Meningkatkan Kemampuan Visualisasi Spasial Matematis Siswa. Jurnal Silogisme, 3(1), 28–35.

Akhirni, A., & Mahmudi, A. (2015). Pengaruh Pemanfaatan Cabri 3D dan GeoGebra pada Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Hasil Belajar dan Motivasi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 91–100. https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10922

Anthony, G., & Walshaw, M. (2009). Characteristics of effective teaching of mathematics: A view from the West. Journal of Mathematics Education, 2(2), 147–164. http://knowledgeportal.pakteachers.org/sites/knowledgeportal.pakteachers.org/files/resources/Characteristics of Effective Teaching of Mathematics.pdf

Bustomi, A. Y. (2010). Aplikasi Pembelajaran Panca Indra Pada Manusia Berbasis Android. Jurnal Telematika, 3(1), 25–36.

Ekawati, A. (2016). Penggunaan Software Geogebra Dan Microsoft Mathematic Dalam Pembelaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.43

Fisher, F. (2017). “Messing Around” In Geogebra: Online Inquiry Through Apps And Games. Proceedings of the 4th Annual Southern Connecticut GeoGebra Conference, 40–47.

Hikmah, R., & Selvia, N. (2019). Pelatihan Cabri 3d V2 Untuk Menigkatkan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Bangun Ruang. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(02), 155–161.

Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008). Teaching and learning calculus with free dynamic mathematics software GeoGebra. 11th International Congress on Mathematical Education.

Kristin, N., Anggar, W., & Rudhito, M. A. (2013). Pemanfaatan Program Cabri 3D Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Geometri Materi Luas Permukaan Dan Volume Limas Model Pbi Kelas Viii. Seminar Nasional Sains Dan Pendidikan Sains VIII, 4(1).

Mahmudi, A. (2011). Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional LPM UNY. https://doi.org/10.103/oncsis.2016.1

Maulana, I., Saluky, S., & Misri, M. (2017). Pengaruh Penggunaan Software Cabri 3d Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang. Information Technology Engineering.

Novianggraeni, T., & Siswono, T. (2017). Improving Students’ Creative Thinking Ability Through Problem Posing-Geogebra Learning Method. MATHEdunesa : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(6), 160–166.

Oktaria, M., Alam, A. K., & Sulistiawati, S. (2016). Penggunaan Media Software GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 99–107. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5014

Pranasiwi, O., Iqbal, M., & Suratno, S. (2015). Pengembangan Aplikasi Kunci Determinasi Berbasis Android Pokok Bahasan Mamalia di SMA / MA (Application Development of Determination Key Based on Android System Topic Mammals in SMA / MA). Artikel Ilmiah Mahasiswa, II(1), 1–7.

Rososzczuk, R. (2015). Application Of Cabri 3d In Teaching Stereometry. Advances in Science and Technology Research Journal. https://doi.org/10.12913/22998624/ 2382

Widyastuti, R., & Nurhamida, F. (2017). Metode Discovery Learning Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Matematis Mahasiswa Politeknik Kediri. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 31–39.




DOI: 10.24235/dimasejati.v2i1.6678

Article Metrics

Abstract view : 46 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Andri Rahadyan, Halimatussa’diah Halimatussa’diah