Menumbuhkan Minat Siswa SD Terhadap Mata Pelajaran Matematika Di SDN 01 Ciduwet Kabupaten Brebes
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Latar belakang pengabdian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika kelas VI A SD Negeri 01 Ciduwet. Berdasarkan hasil pengabdian, salah satu penyebabnya adalah rendahnya minat belajar siswa. pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika, mengungkapkan faktor-faktor pendukung dan penghambat minat belajar siswa serta menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan guru agar dapat mengatasi faktor yang menghambat minat belajar tersebut. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu dengan bermain peran atau role playing. Subjek dalam pengabdian ini yaitu kelas VI A yang berjumlah 20 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VI A SDN 01 Ciduwet berada pada kategori baik dengan rata-rata hasil observasi sebesar 71,50%. Faktor pendukung minat belajar siswa adalah motivasi belajar siswa, adanya arahan dan dorongan belajar yang diberikan oleh guru, lingkungan belajar yang tenang, dan perlelngkapan belajar yang lengkap. Faktor penghambat minat belajar siswa yaitu kondisi kelas ramai, siswa sibuk sendiri saat guru menjelaskan materi, siswa tidak memiliki kesiapan untuk belajar, dan perlengkapan pembelajarannya yang tidak lengkap. Upaya guru dengan memberikan motivasi siswa saat pelajaran akan dimuli dan arahan pada saat pembelajaran berlangsung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, M. (2004). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Daryanto B., Bakhtiar Usodo. (2015). Eksperimen Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Problem Posing Pada Pokok Bahasan Peluang Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Siswa Kelas XI SMK di Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 1128.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.
Fauziah. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswak kelas IV SDN. JPSD, 4(1), 49.
Ginting, A. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Jujun S., S. (2009). Filsafat Ilmu (Sebuah Pengantar Populer). Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Klassen; Meilani. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 1(1), 82.
Maonde, F. (2010). pengaruh kovariat minat dan pengetahuan dasar siswa terhadap hasil belajar matematika. matematika 1, 57.
Nurhasanah. (2016). Minat sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 1(1), 135-142.
Rahayu. (2007). Tanya Jawab Manajemen Pemasaran Kontemporer. Jakarta: Havarindo.
Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al-Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 1(1), 21-36.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarsono, j. (2002). sistem pendidikan nasional 2003. Jakarta: Rineka Cipta.
Suherman. Eman. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JIca UPI.Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: PT. Elex Media Computindo.
Suryabrata, S. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Susandi A. D. & Widyawati, S. (2017). proses berpikir dalam memecahkan masalah logika matematika ditinjaudari gaya kognitif field independentdan field dependent numerical. matematika dan pendidikan matematika, 122.
Pratiwi. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tanggerang. Jurnal Pujangga, 1(2), 89-90.
widyaningrum. (2016). analisis kesulitan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika materi aritmatika sosial ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII Smp negeri 5 metro. iqra 1(2), 166-190.
Wijaya, W. (2001). Strategi Pembelajaran. Bandung: Prenda Media Group.
DOI: 10.24235/dimasejati.v2i1.6655
Article Metrics
Abstract view : 46 timesPDF - 26 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Siti Maryam Munjiat, Anis Syaefunisa