Pendampingan Terhadap Orang Dengan HIV/AIDS Oleh Kelompok Dukungan Sebaya Pakungwati Kota Cirebon

Asriyanti Rosmalina(1*), Dedi Kurnaedi(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


ODHA merupakan singkatan dari Orang Dengan HIV/AIDS. Apabila seseorang telah
dinyatakan mengidap HIV/AIDS maka bukan hanya fisik yang menurun, namun juga psikis dan sosialnya turut terpengaruh. Hal ini dikarenakan ODHA akan dipandang negatif sehingga dijauhi atau dikucilkan oleh lingkungan sekitarnya bahkan keluarganya. Seringkali dukungan dari lingkungan sekitar dan keluarga tidak didapatkan oleh ODHA. Oleh karena itu, pendampingan yang dilakukan KDS Pakungwati terhadap ODHA menjadi sangat strategis dalam upaya mengembalikan keadaan dan kondisi ODHA menjadi lebih baik dari sebelumnya. Beberapa bentuk pendampingan yang dilakukan KDS Pakungwati yaitu : a) penguatan secara psikologis terhadap ODHA, b) memberikan support untuk patuh terapi ART, c) melakukan hom dan hospital Visit, d) Study Club, sebagai wadah untuk sharing penglaman dan penambahan wawasan ODHA

Keywords


Pendampingan; KDS; ODHA; HIV/AIDS

Full Text:

PDF

References


Hatu, R. A. (2010). Pemberdayaan dan Pendampingan Sosial dalam Masyarakat. INOVASI: Jurnal Matematika, IPA, Ilmu Sosial, Teknologi Dan Terapan Universitas Negeri Gorontalo, 7(4), 240–254.

Katiandagho, D. (2015). Epidemologi HIV – AIDS. Bogor: In Media.

Latifah, D., & Mulyana, N. (2017). Peran Pendamping Bagi Orang Dengan Hiv/Aids (ODHA). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 306–311. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.13543

Limalvin, N. P., Putri, W. C. W. ., & Sari, K. A. K. (2020). Gambaran Dampak Psikologis, Sosial dan Ekonomi pada ODHA di Yayasan Spirit Paramacitta Denpasar. Jurnal Intisari Sains Medis, 11(1).

Lindayani, L. (2016). Studi Komparatif : Kualitas Hidup Klien HIV (+) yang Menggunakan an tidak Menggunakan Antretroviral (ARV) Theraphy di Bandung. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 2(2), 137–145.

Puspasari, D., Wisaksana, R., & Ruslami, R. (2018). Gambaran Efek Samping dan Kepatuhan Terapi Antiretroviral pada Pasien HIV di Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung Tahun 2015. Jurnal Sistem Kesehatan, 3(4), 175–181.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumodiningrat. (1997). Pembangunan Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT. Bina Rena Pariwara.

Yuliandra, Y., Nosa, U. S., Raveinal, & Almasdy, D. (2017). Terapi Antiretroviral pada Pasien HIV/AIDS di RSUP. Dr. M. Djamil Padang: Kajian Sosiodemografi dan Evaluasi Obat. Jurnal Sains Dan Klinis., 4(1), 1–8.




DOI: 10.24235/dimasejati.v2i1.6650

Article Metrics

Abstract view : 86 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Asriyanti Dedi Kurnaedi2 Rosmalina, Dedi Kurnaedi Kurnaedi







Creative Commons License

DIMASEJATI by https://http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/dimasejati/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Visitor Statistics