Manajemen Praktikum Kepemimpinan Dan Renstra Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat

Novan Ardy Wiyani(1*),


(1) IAIN Purwokerto
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari dilakukannya kegiatan ini adalah (1) memberikan media bagi mahasiswa untuk bisa mempraktikkan materi perkuliahan kepemimpinan; (2) membekali para siswa yang menjadi aktivis organisasi sekolah dengan berbagai keterampilan dalam memimpin dan mengelola organisasi. Untuk mencapai tujuan tersebut maka strategi yang penulis gunakan adalah dengan menjadikan mahasiswa sebagai tutor diklat kepemimpinan bagi siswa. Kegiatan dilaksanakan dalam empat tahapan. Pertama, tahap perencanaan kegiatan praktikum kepemimpinan dan renstra berbasis pengabdian kepada masyarakat. Kedua, tahap pengorganisasian kegiatan praktikum kepemimpinan dan renstra berbasis pengabdian kepada masyarakat. Ketiga, tahap pelaksanaan kegiatan praktikum kepemimpinan dan renstra berbasis pengabdian kepada masyarakat. Keempat, tahap pengawasan kegiatan praktikum kepemimpinan dan renstra berbasis pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dapat berlangsung optimal karena adanya dukungan dari stakeholders dan karena adanya jiwa kepemimpinan yang telah tertanam pada mahasiswa.


Keywords


Diklat; Kepemimpinan; Mahasiswa; Praktikum; Siswa

Full Text:

PDF

References


Dedy Mulyasana. (2015). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Rosda.

Efferi, A. (2019). MANAJAMEN STRATEGIK REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU DI MA NAHDLOTUL MUSLIMIN UNDAAN KUDUS. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), 25. https://doi.org/10.21043/edukasia.v14i1.4844

Erwin Widiasworo. (2017). Inovasi Pembelajaran Berbasis Life Skill dan Entrepreneurship. Ar-Ruzz Media.

Hikmah, N. (2014). MANAJEMEN KURIKULUM BIDANG PENELITIAN DI STAIN KUDUS. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1). https://doi.org/10.21043/edukasia. v9i1.770

Khairiah, K., & Sirajuddin, S. (2019). The Effects of University Leadership Management: Efforts to Improve the Education Quality of State Institute for Islamic Studies (IAIN) of Bengkulu. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 239–266. https://doi.org/10.14421/jpi.2018.72.239-266

M. Ngalim Purwanto. (2017). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Rosda.

Machali, I. (2019). Managing Quality of Learning in Islamic Schools: An Analysis of Contributing Factors for Learning Toward Quality Improvement in Private Islamic Senior High Schools in Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 317–335. https://doi.org/10.14421/jpi.2018. 72.317-335

Made Pidarta. (1999). Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Bumi Aksara.

Maslahah, A. U. (2018). PENERAPAN KURIKULUM MENGACU KKNI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN DI PTKIN. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1). https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.5717

Muh.Hizbul Muflihin. (2015). Administrasi Pendidikan. Gema Nusa.

Muhtifah, L., & Muskania, R. T. (2019). The Design on Quality System Model of FTIK IAIN Pontianak in SNPT 2015 and QMS ISO 9001:2015. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 383–404. https://doi.org/10.14421/jpi.2018.72.383-404

Munadi, M., Ernawati, F., & Hakiman, H. (2019). The Reality of Knowledge Management in Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 225–237. https://doi.org/ 10.14421/jpi.2018.72.225-237

Muslih, M. (2018). Upaya Pengembangan Kurikulum Prodi S.2 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) UIN Walisongo Semarang. Nadwa, 12(1), 155. https://doi.org/10.21580/nw. 2018.12.1.2466

Rahmi, S. (2019). Headmaster’s Leadership in Solving Problems at Islamic Elementary School (SDI) Hikmatul Fadhillah Medan. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 267–280. https://doi.org/ 10.14421/jpi.2018.72.267-280

Rismi Somad dan Donni Juni Priansa. (2014). Manajemen Komunikasi: Mengembangkan Bisnis Berorientasi Pelanggan. Alfabeta.

Sadiyah, H., Shofawi, M. A., & Fatmawati, E. (2019). Manajemen Program Pendidikan Leadership untuk Siswa di Sekolah Alam Banyubelik Kedungbanteng Banyumas. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 251. https://doi.org/10.32678/ tarbawi.v5i02.2096

Sugeng Lustyo Prabowo. (2009). Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 di Perguruan Tinggi. UIN Maliki Press.

Sulistyorini. (2009). Evaluasi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Teras.

Tukiran Tanireja dan M. Yudhie Haryono. (2014). Pemimpin Berkarakter Pancasila. Alfabeta.

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Rajawali Press.

Widodo, S. A., Setiyawan, A., & Zahida, A. (2019). Foreign Language Learning Management for World Class University Ranking (Comparative Study between State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta and the University of Malaya (UM) Malaysia). Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 337–359. https://doi.org/10.14421/jpi.2018.72.337-359

Willy Susilo. (2018). Strategi Menegakkan Mutu Pendidikan Tinggi Berbasis KKNI. Andi.




DOI: 10.24235/dimasejati.v2i1.6463

Article Metrics

Abstract view : 356 times
PDF - 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Novan Ardy Wiyani







Creative Commons License

DIMASEJATI by https://http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/dimasejati/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Visitor Statistics