Kontribusi Faktor Internal dan Eksternal Determinan Perilaku Terhadap Pemberian ASI Ekslusif Pada Bayi Baru Lahir

Iin Kristanti(1*), Cucu Herawati(2), Desi Susilawati(3),


(1) STIKes Cirebon
(2) STIKes Cirebon
(3) STIKes Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Sebanyak 193.000 anak Indonesia kehilangan kesempatan hidup dibawah usia 5 tahun meskipun AKB di dunia turun dalam sepuluh tahun terakhir. ASI merupakan sumber gizi yang paling sempurna, baik kualitas maupun kuantitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi faktor internal dan eksternal determinan perilaku dengan pemberian ASI eksklusif. Jenis penelitian ini analitik dengan desain Cross Sectional, dengan jumlah sampel sebanyak 62 responden. Analisis statistik menggunakan uji korelasi yaitu uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukan terdapat 47 (75,8%) responden yang tidak memberikan ASI secara eksklusif. Adanya hubungan antara pengetahuan, persepsi, dukungan petugas kesehatan, dukungan orang terdekat  dengan pemberian ASI eksklusif. Masyarakat lebih meningkatkan pengetahuan dengan aktif mengikuti penyuluhan tentang ASI eksklusif, dan Puskesmas diharapkan menerapkan strategi menuju keberhasilan menyusui ASI eksklusif.


Keywords


ASI Eksklusif, Faktor Internal dan Faktor Eksternal

Full Text:

PDF

References


Amirudin, R., & Rosita. (2006). Promosi susu formula menghambatpemberian Asi ekslusif pada bayi 6-11 bulan di kelurahan Pa’baeng-baeng makasar tahun 2006. Universitas Hasanudin.

Anggrowati. (2013). Hubungan antara dukungan keluarga dengan pemberian ASI eksklusif pada bayi di desa bebengan. Jurnal Unimus. Retrieved from http://jurnal.unimus.ac.id/2013

Arijanto. (2003). Budaya masyarakat dalam upaya kesehatan ibu dan anak. Surabaya: Pian Indonesia.

Arvina. (2013). Hubungan status pekerjaan dengan pemberian ASI eksklusif di kelurahan palebon kecamatan pedurungan kota semarang. Jurnal Unimus.

Azwar, A. (1999). Pengantar Epidemiologi. Jakarta: Binapura aksara.

Barina, S. (2010). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pemberian ASI eksklusif di wilayah kerja puskesmas kelurahan kelapa gading Timur I kecamatan Kelapa Gading propinsi jakarta.Tahun 2010. Universitas Jakarta.

Dinas Kesehatan, S. bag. P. dan K. (2015). Profil Kesehatan Kota Cirebon tahun 2015. Kota Cirebon.

Fanny. (2012). Pengujian Hidoptesis. Retrieved from fanny.staff.uns.ac.id

Fitria. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi ibu menyusui dalam pemberian ASI eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan di wilayah kerja puskesmas mandalle kabupaten pengkep. Jurnal STIKes.

Hajijah. (2012). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku ibu dalam praktek pemberian ASI eksklusif di wilayah kerja puskesmas kecamatan koba Kabupaten Bangka Tengah. Retrieved from http://lib.ui.ac.id/opac/ui/2012

Hubertin. (2003). konsep penerapan ASI ekslusif. Jakarta: ECG.

Kusumaningrum, T. (2010). Analisis faktor tingkat keberhasilan pemberian ASI ekslusif pada ibu menyusui. Jurnal Ners, 5(1), 55–61.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pratama, F. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilakupemberian ASI ekslusif pada ibu yang memiliki bayi usia 0-12 bulan di rumah sakit syarif hidayatullah jakarta. Universitas Islam Negeri Jakarta. Retrieved from Repository.uinjkt.ac.id

Purwanti, H. S. (2004). Konsep Penerapan ASI Eksklusif; Buku Saku Untuk Bidan. Jakarta: ECG.

Rahmadhanny, R. (2012). Faktor penyebab putusnya ASI ekslusif pada ibu menyusui di puskesmas Rumai kecamatan rumbai pessir tahun 2011. Universitas Indonesia.

Riadi, M. (2018). Komposisi dan Zat Gizi yang Terkandung Dalam ASI. In Repository USU. Retrieved from Repository.usu.ac.id

Santoso. (2008). Metodelogi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhud, C. (2013). Hubungan pemberian ASI ekslusif dengan tumbuh kembang anak usia toddler diwilayah kerja puskesmas tamangapa antang makassar.

Supartini. (2009). Buku ajar konsep dasar keperawatan anak. Jakarta: ECG.

Syam, A. (2011). No Title. Universitas Indoneisa.

UKM UPT Puskesmas Jagasatru. (2018). Profil UPT Puskesmas Jagasatru tahun 2018; Lokmin UKM Essensial bulan Februari tahun 2018.

Wawan, A., & Dewi, M. (2011). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Zakiyah. (2012). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian ASI eksklusif di kelurahan samanan kecamatan kalideres jakarta barat. Universitas Indonesia.




DOI: 10.24235/dimasejati.v1i2.5790

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 iin kristanti







Creative Commons License

DIMASEJATI by https://http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/dimasejati/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Visitor Statistics