Penggunaan SWOT Dalam Literasi Media (Penggunaan Media Digital Secara Positif Pada Generasi Milenial Di Madrasah Aliyah Yayasan Bina Cendikia Utama Kabupaten Cirebon)

aan mohamad burhanudin(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan demi meningkatkan pemahaman tentang literasi media digital secara positif pada generasi milenial di Madrasah Aliyah Yayasan Bina Cendikia Utama Kabupaten Cirebon. Teknologi diciptakan untuk membantu, mempermudah dan memecahkan masalah manusia, maka pentingnya literasi media digital pada generasi milenial adalah untuk menggunakan media sesuai dengan kebutuhan, etika dan norma. Selain itu, literasi media dapat membentengi para generasi milenial dari penyalahgunaan media dari hal-hal negatif. Alat yang digunakan untuk menganalisis permasalahan ini adalah menggunakan Analisis SWOT seperti perencanaan strategi yang efektif dan efisien antara lain memaksimalkan potensi yang telah dimiliki, menyiapkan anggaran dana, menjalin kerjasama dengan media, dan meminimalisir faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan program. Penelitian ini adalah observasi lapangan dengan metode penelitian kualitatif.


Keywords


Literasi Media, Generasi Milenial, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


A’yuni, Q. Q. (2015). Literasi Digital Remaja Di Kota Surabaya. Journal Unair. Retrieved from http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-ln53e61a7e60full.pdf

Creswell, J. W. (2003). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Method Approached. California: Sage Publication, Inc.

Emet, G., & Tat, M. (2017). SWOT ANALYSIS: A Theoretical Review. The Journal of International Sociial Research, 10(51). Retrieved from http://www.sosyalarastirmalar.com/ cilt10/sayi51_pdf/6iksisat_kamu_isletme/gurel_emet.pdf

Gilster. (1997). Digital Literacy. New York: Wiley.

Kriyantono, R. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kurnianingsih, I., Rosini, & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). Retrieved from https://jurnal.ugm.ac.id/jpkm/article/view/25370

Kurniasih, Y. P., & Setiawan, M. V. (2017). Analisis Peran Perpustkaan Universitas Brawijaya dalam Mewujudkan Gerakan Literasi Informasi Digital. Perpustakaan Universitas Brawijaya. Malang.

Muna, N. R. (2019). Dinamika Generasi Milenial Dalam Menggunakan Media Literasi Di Era Digital.

Riel, J. (2012). Charting Digital Literacy: A Framework For Informastion Technology And Digital Skills In The Community College. SSRN Electronic Journal. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/282861959

UNESCO. (2005). Education for All : Literacy for Life. In UNESCO Education and Literacy.




DOI: 10.24235/dimasejati.v1i2.5788

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 aan mohamad burhanudin







Creative Commons License

DIMASEJATI by https://http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/dimasejati/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Visitor Statistics