Publikasi Wahana Wisata Alam Batu Lawang Desa Cupang Kecamatan Gempol Melalui Media Berbasis IT

Tri Budi Prasetyo(1*), Ali Jufri(2),


(1) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(2) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Wahana Wisata Alam Batu Lawang Desa Cupang Kec.Gempol melalui Media Berbasis IT dalam memasarkan objek wisata tersebut agar dikenal oleh para wisatawan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian melalui teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, study dokumen selama +1 bulan di desa Cupang. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa Batu Lawang merupakan objek wisata yang mempunyai daya tarik dan potensi yang perlu dikembangkan. Dengan adanya usaha-usaha pembangunan kembali untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Dengan keterbatasan tempat atau kawasan yang merupakan salah satu penghambat pembagunan Batu Lawang, usaha-usaha yang lain dengan menambahkan sarana penunjang seperti tempat ibadah, toilet umum, gazebo dan tumbuhan-tumbuhan agar lebih menarik wisatawan yang berkujung ke Batu Lawang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah publikasi objek wisata perlu dilakukan untuk mengenalkan potensi-potensi yang dimiliki dan memanfaatkan alam yang terbentuk dengan sendirinya dengan usaha-usaha membagun dan mencari dana bantuan untuk pembagunan agar menjadi objek wisata yang lebih menarik tanpa mengurangi potensi dan mengubah bentuk bagunan aslinya karena memiliki unsur yang indah serta potensi dan keunikan Batu Lawang perlu di lestarikan karena bentuk batu itu terbentuk secara alami sebagai daya tarik wistawan yang berkunjung ke Cirebon.


Keywords


Batu Lawang, Cirebon, IT

Full Text:

PDF


DOI: 10.24235/dimasejati.v1i2.5582

Article Metrics

Abstract view : 81 times
PDF - 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 tri budi prasetyo







Creative Commons License

DIMASEJATI by https://http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/dimasejati/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Visitor Statistics