Analisis SWOT Untuk Strategi Pengembangan Home Industry Kue Gapit Sampurna Jaya Kabupaten Cirebon

Syaeful Bakhri(1*), Abdul Aziz(2), Ummi Khulsum(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas manajemen Home Industry Kue Gapit Sampurna Jaya melalui penyusunan strategi usaha yang tepat dan akurat agar dapat mengembangkan home industry tersebut yang mana saat ini sudah mulai dikenal masyarakat banyak karena cita rasa makanannya sangat khas. Alat analisis yang digunakan adalah melalui Analisis SWOT untuk membantu mengidentifikasi berbagai faktor yang terbentuk secara sistematis yang digunakan untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis SWOT dapat diterapakan dengan cara menganalisis dan memilih hal-hal yang memengaruhi keempat faktornya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif bersifat deskriptif. Dari hasil penelitian, strategi produsen agar dapat terus bersaing yaitu menjaga kualitas produk dengan bahan baku yang berkualitas baik, memberi pelayanan yang baik, harga bersaing dan pemasaran online. Sedangkan analisis SWOT diantaranya memaksimalkan produksi, menjaga kualitas produk, menyediakan lahan parkir, menambah variasi rasa gapit, menambah modal serta memperluas pemasaran.


Keywords


Analisis SWOT, Strategi Pengembangan, Home Industry

Full Text:

PDF

References


Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fazizah, A. (2015). Rancangan Business Model Untuk Home Industry “ Kue Pia ” Dengan Menerapkan Teori Business Model Canvas. Jurnal Heritage, 3(2), 9–20. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/HERITAGE/article/view/822

Fitrio, T. (2016). Strategi Pengembangan Home Industri Usaha Kue Rumahan Rumah Bolu ZA Rengat. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indragiri, 29. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Tomy_Fitrio/publication/336153803_STRATEGI_BISNIS_RUMAH_BOLU_ZA_RENGAT/links/5d96ff09458515c1d391db89/STRATEGI-BISNIS-RUMAH-BOLU-ZA-RENGAT

Hubeis, M. (2009). Prospek Usaha Kecil dalam Wadah Inkubator Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.

Irmawati. (2015). Analisis Kelayakan Finansial Dan Strategi Pengembangan Usaha Industri Rumahan Gula Semut (Palm Sugar) Dari Nira Nipah Di Kelurahan Pallantikang. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 1(1), 76–94. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/ptp/article/view/5147/2942

Juliandini, A., Syahza, A., & Indrawati, H. (2017). Development Strategy Of Pastry Business in UMKM Berkah Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 1–12. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/201875-strategi-pengembangan-usaha-kue-kering-p.pdf

Mas, V. H., Yantu, M., & Howara, D. (2013). Prospek Pengembangan Usaha Pada Industri Rumah Tangga Kacang Telur “ Ohara ” Kota Palu. Jurnal Agrotekbis, 1(April), 100–108. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Agrotekbis/article/view/1340/958

Muliawan, J. U. (2008). Manajemen Home Industri: Peluang usaha ditengah krisis. Yogyakarta: Banyu Media.

Nazir, M. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nuraini, F. (2019). The Guide of SWOT. Yogyakarta: Quadrant.

Pearce, J., B, R., & Robinson. (2013). Manajemen Strategis: Formulasi, Implmentasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, F. (2008). Analisis SWOT Membedah Kasus Bisnis (Tujuh Bela). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulistiowati, Y. T., Aji, J. M. M., & Hartadi, R. (2017). Analisis Nilai Tambah Dan Tingkat Produktivitas Kerja Serta Strategi Pengembangan Home Industry Gula Kelapa Di Desa Tembokrejo Kecamatan Gubukmas Kabupaten Jember. Jurnal Agribest, 01(02), 110–121. Retrieved from http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/AGRIBEST/article/view/1253/1012

Supriadi. (2005). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII Press.

Suryabrata, S. (2004). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryana. (2013). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Suryatama, E. (2014). Lebih Memahami Analisis SWOT dalam Bisnis. Surabaya: Kata Pena.

Yunus, M. (2008). Islam dan Kewirausahaan Inovatif. Malang: UIN Malang Press.

Zuhri, S. (2013). Analisis Pengembangan Usaha Kecil Home Industri Sangkar Ayam dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2. Retrieved from http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/jma/article/view/249/244




DOI: 10.24235/dimasejati.v1i1.5407

Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF - 1104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Syaeful Bakhri, Abdul Aziz, Ummi Khulsum