Peran Kelompok Usaha Emping Melinjo Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Di Desa Tuk Kecamatan Kedawung Cirebon)

Ayus Ahmad Yusuf(1*), Eef Saefulloh(2), Fitriya Fitriya(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian pengabdian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh peran Kelompok Usaha Emping Melinjo yang ada di Desa Tuk Kecamatan Cirebon yang merupakan salah satu kategori usaha kecil yang turut serta berperan penting dalam hal menciptaan lapangan pekerjaan untuk mengurangi angka pengangguran dan sudah ada sejak tahun 1980-an. Secara tradisi, masyarakat mewarisi keahlian memproduksi emping melinjo dari orang tua terdahulu. Sampai saat ini, ratusan orang masih mempertahankan tradisi tersebut, baik sebagai pelaku usaha maupun tenaga produksinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan sumber data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran kelompok usaha emping melinjo dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang berada di Desa Tuk Kecamatan Kedawung Cirebon: Mampu meningkatkan tingkat pendapatan ekonomi masyarakat, mengurangi pengangguran, dan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pertumbuhan ekonomi masyarakat meningkat karena kestabilan pemasukan dan pengeluaran yang lancar.


Keywords


Kelompok Usaha, Emping Melinjo, Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat

Full Text:

PDF

References


BPS Kabupaten Cirebon. (2018). Kabupaten Cirebon dalam Angka. Kabupaten Cirebon.

Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik (Keempat). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ikbar, Y. (2012). Metode Penelitian Sosial Kualitatif Panduan Membuat Tugas Akhir/Karya Ilmiah (Pertama). Bandung: PT Refika Aditama.

Kristiyanti, M. (2012). Peran Strategis Usaha Kecil Menengah (UMK) Dalam Pembangunan Nasional. Jurnal Majalah Ilmiah Informatika, 3(1).

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharto, E. (2006). Membangun Masyarakat Memberdayakan Masyarakat. Bandung: PT Refika Aditama.




DOI: 10.24235/dimasejati.v1i1.5406

Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ayus Ahmad Yusuf, Eef Saefulloh, Fitriya Fitriya







Creative Commons License

DIMASEJATI by https://http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/dimasejati/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Visitor Statistics