Peran Promosi Kesehatan Terhadap Perbaikan Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Membuang Sampah Pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Cucu Herawati(1*), Iin Kristanti(2), Mely Selviana(3), Tri Novita(4),


(1) STIKes Cirebon
(2) STIKes Cirebon
(3) STIKes Cirebon
(4) STIKes Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan sampah semakin rumit dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat, yang tidak disertai dengan keselarasan pengetahuan dan juga partisipasi masyarakat yang kurang untuk memelihara kebersihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran promosi kesehatan terhadap perbaikan peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku membuang sampah pada siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest. Sampel sebanyak 61 responden. Data dianalisis dengan menggunakan uji T test.

Penelitian menunjukkan adanya perbedaan pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,009) dan perilaku (0,000) siswa dalam membuang sampah pada tempatnya sebelum dan sesudah pemberian intervensi promosi kesehatan. Intervensi promosi kesehatan berpengaruh terhadap perbaikan pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa dalam membuang sampah pada tempatnya. Perlu adanya kerjasama pihak sekolah dengan Puskesmas untuk melakukan promosi kesehatan secara kontinu.

Keywords


Promosi Kesehatan; Pengetahuan; Sikap; Perilaku

Full Text:

PDF

References


Andry. (2009). Gambaran Perilaku Siswa Tentang Pengelolaan Sampah Di Sma Negeri 1 Tamalatea Kab. Jeneponto.

Banum, T. S. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan Phbs Dengan Pola Hidup Sehat the Correlation Between Phbs Knowledge and Healthy Lifestyle. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/download/1951/1680

Chandra, B. (2007). Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Depkes RI. (2008). Promosi Kesehatan di Sekolah. Jakarta: Pusat Promosi Kesehatan.

Diskesjabarprov. (2014). Resume Tabel Profil Kesehatan di Provinsi Jawa Barat.

Fatimah, S. (2012). Pengaruh Intervensi Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Praktek Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Siswa Kelas 4 dan 5 SDN Kembaran Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo Propinsi Jawa Tengah Tahun 2012. Universitas Indonesia.

Juli Soemirat Slamet. (2007). Kesehatan Lingkungan. Gajah Mada University Press.

Julismin, & Hidayat, N. (2013). Gambaran Pelayanan dan Perilaku Kesehatan Di Indonesia, 5, 12.

Kementerian Kesehatan RI. (2010). Pemberdayaan Masyarakat Dan Promosi Kesehatan Untuk Hidup Sehat.

Kementerian Kesehatan RI. (2011). Pedoman Pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kementerian Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan. (2018). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar. Jakarta. Retrieved from http://www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil Riskesdas 2013.pdf

Kurnia, A. (2014). Pengaruh Intervensi Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Prkatek Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa Kelas 4 Dan 5 Sdn Siluman Iv Kota Tasikmlaya 2014. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada, 12(1). Retrieved from https://ejurnal.stikes-bth.ac.id/index.php/P3M_JKBTH/article/view/73

Lina, H. (2016). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa di SDN 42 Korong Gadang Kecamatan Kuanji Padang. Jurnal Promkes, 4.

Mubarak. (2007). Promosi kesehatan. Graha Ilmu.

Nasution, A. (2017). Gambaran Perilaku siswa dalam membuang sampah di Madrasah Ibtidaiyah Ibnu ‘Aqil Kota Bogor. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan (3rd ed.). Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2010). Pemberdayaan Masyarakat dan Promosi Kesehatan untuk Hidup Sehat. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2013). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhadyana, I. (2012). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Membuang Sampah Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri (Sdn) Di Kecamatan Bantar Gebang, Tahun 2012. Skripsi Universitas Indonesia.

Pratama, R. K. O. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Tantang Kebiasaan Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat Siswa SDN 1 Mandong. Publikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–13. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/27163/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Promosi kesehatan. (2018). Profil Puskesmas Suranenggala Kabupaten Cirebon.

Raharjo, A. (2014). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, D Ketersediaan Fasilitas Di Sekolah Dalam Penerapan PHBS Membuang Sampah Pada Tempatnya. Journal Unnes Public Helath.

Raharjo, A. (2014). Hubungan antara pengetahuan, sikap, dan ketersediaan fasilitas di sekolah dalam penerapan PHBS membuang sampah pada tempatnya. Journal Unnes of Public Helath.

Rudarti. (2010). Pengelolaan Sampah yang Ramah Lingkungan.

Vidiyani. (2005). Hubungan kondisi lingkungan, kontainer, dan perilaku masyarakat dengan keberadaan Jentik nyamuk Aedes aegypti di Daerah endemis DBD Surabaya. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 1(2).

Zaeri, 14. (2001). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku masyarakat dalam pencegahan penyakit demam berdarah dengue di Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung. Jurnal Epidemiologi Indonesia, 2(1), 9.




DOI: 10.24235/dimasejati.v1i1.5397

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF - 202 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 cucu herawati







Creative Commons License

DIMASEJATI by https://http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/dimasejati/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Visitor Statistics