Program Digitalisasi Pembelajaran IPS bagi Guru-Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs)

Nuryana Nuryana(1*), Yunita Yunita(2), Rijal Assidiq Mulyana(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Digitalisasi menyentuh banyak aspek tidak terkecuali pendidikan, di lain pihak guru-guru IPS di Madrasah Tsanawiyah di lingkungan yayasan pendidikan Islam ataupun dibawah pondok pesantren kurang memiliki dukungan dan akses pembelajaran digital dibanding guru-guru SMP. Sementara kebutuhan atas pembelajaran digital mendesak untuk diimplementasikan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan participatory action research dimana penelitian dipadu padankan dengan pengabdian yang dilakukan oleh tim. Tujuan dilaksanakannya pengabdian adalah melakukan identifikasi terkait potensi dan kebutuhan guru-guru IPS di MTs dan melakukan pendampingan dan pelatihan pada guru-guru IPS. Pengabdian dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu penelaahan kembali dokumen penelitian yang pernah dilakukan oleh tim sebagai bahan awal pelaksanaan kegiatan pengabdian selanjutnya diskusi tim untuk melakukan pemetaan MTs yang akan dikunjungi di wilayah Kabupaten dan Kota Cirebon, tahapan berikutnya pelaksanaan kunjungan, hiring dan wawancara untuk mengetahui respon serta masalah yang muncul terkait dengan pelaksanaan   digitalisasi   pembelajaran   sekaligus   melakukan   perencanaan   pemecahaan masalah dalam bentuk melaksanakan pelatihan dan workshop digitalisasi pembelajaran dan pendampingan pembuatan bahan ajar digital berbasis power point dan video yang diunggah kedalam youtube serta pendampingan penerapan digitalisasi pembelajaran. Dari hasil pengabdian didapatkan perubahan signifikan dimana derajat kemampuan guru-guru dalam memanfaatkan, mengaplikasikan, serta memproduksi video dan power point dengan menggunakan canva serta mengunggahnya ke dalam akun youtube ada pada derajat keberhasilan sebesar 90% atau ada pada kategori sangat baik.


Keywords


Pendampingan, Pelatihan, Digitalisasi Pembelajaran, Guru MTs

Full Text:

PDF

References


Anintyawati, R., & Masithoh, D. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Canva Sebagai Pendukung Program Digitalisasi Di Mts Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, 2(2), 117-125.

Armila, P., Sivenius, A., Stanković, B., & Juutilainen, L. (2024). Digitalization of Education: Commodification Hidden in Terms of Empowerment?. Postdigital Science and Education, 6(2), 556-571.

Aryana, S., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2022). Tuntutan kompetensi guru profesional bahasa indonesia dalam menghadapi abad 21. Semantik, 11(1), 71-86.

Asbari, M. (2024). The Influence of Hard skills, Organizational learning and Soft skills on Teacher innovation capability during digital era. PROFESOR: Professional Education Studies and Operations Research, 1(02), 33-45.

Budur, T., Demirer, H., & Rashid, C. A. (2024). The effects of knowledge sharing on innovative behaviours of academicians; mediating effect of innovative organization culture and quality of work life. Journal of Applied Research in Higher Education, 16(2), 405-426.

Bygstad, B., Ovrelid, E., Ludvigsen, S., & Dæhlen, M. (2022). From dual digitalization to digital learning space: Exploring the digital transformation of higher education. Computers & Education, 182, 104463.

Dina, A., Yohanda, D., Fitri, J., umnia Hakiki, M., & Sukatin, S. (2022). Teori Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(1), 149-158.

Dian Aulia Inzani, Sri Ashrini AR, Nur Halisa, Latifah Asmil Fauzi, Muh. Rahmat, Muh.Syukur, Muhammad Sofyan, F. N. (2021). Webinar Pelatihan Media Pembelajaran. Journal Lepa- Lepa …, 1, 143–151. https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/16867

Ghazali, Z. I. (2022). Pengembangan Mutu Lulusan Melalui Program Guru Tugas di Pondok Pesantren: Studi Kasus di Lembaga Pendidikan Islam Darul Ulum Banyuanyar Pondok Pesantren Banyuanyar dan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan. Al- Abshar: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 59-76.

Haim, K., & Aschauer, W. (2024). Innovative FOCUS: A Program to Foster Creativity and Innovation in the Context of Education for Sustainability. Sustainability, 16(6), 2257.

Haris, M. A. (2023). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Pesantren Di Era Society 5.0 (Peluang Dan Tantangannya Di Pondok Pesantren Al-Amin Indramayu). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), 49-64.

Hoffer, J. G., Ofner, A. B., Rohrhofer, F. M., Lovrić, M., Kern, R., Lindstaedt, S., & Geiger, B. C. (2022). Theory-inspired machine learning—towards a synergy between knowledge and data. Welding in the World, 66(7), 1291-1304.

Munawar, F., & Anwar, A. (2022). Sistem PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN DAN PUSTAKA ONLINE MENUJU PENDIDIKAN YANG MODERN DI ERA INDUSTRI 4.0 PADA PESANTREN CILELES, JATINANGOR: Sistemtem pembelajaran online. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan (JITTER), 8(2).

Salazar, C. (2022). Participatory action research with and for undocumented college students: Ethical challenges and methodological opportunities. Qualitative Research, 22(3), 369-386.

Syafi'AS, A., & Najib, A. (2022). Strategi Pembelajaran Lembaga Pendidikan Pesantren Dalam Mengahadapi Era Digitalisasi. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, 7(2), 313-337.

Suwendi, dkk. 2022. Metodologi Pengabdian Masyarakat. Penerbit: Direktorat Pendidikan Tinggi Kementrian Agama RI.

Uy, F., Andrin, G., Vestal, P., Malbas, M., Cardines, M., & Kilag, O. K. (2024). Transformative leadership in Philippine education: Fostering innovation and excellence. International Multidisciplinary Journal of Research for Innovation, Sustainability, and Excellence (IMJRISE), 1(3), 185-190.

Wang, X. (2023, May). A Case Study of Collaborative Learning within a Digitalization Learning Environment. In Wuhan International Conference on E-business (pp. 84-94). Cham: Springer Nature Switzerland.




DOI: 10.24235/dimasejati.v6i1.16532

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nuryana Nuryana