Penguatan Pemahaman Calon Guru PAI Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Sarno Hanipudin(1*), Lastri Khasanah(2), Muhamad Habib(3),


(1) STAI Sufyan Tsauri Majenang
(2) STAI Sufyan Tsauri Majenang
(3) STAI Sufyan Tsauri Majenang
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Dengan demikian menjadi tantangan tersendiri bagi guru sebagai pelaksana kurikulum untuk menjabarakan dan mengimplementasikan dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman dan penguatan wawasan tantangan apa saja yang dihadapi dalam pembelajaran kurikulum merdeka.  Kegiatan menggunakan model seminar dengan metode ceramah dengan penguat tanya jawab dan refleksi. Hasil kegiatan menunjukan bahwa peserta menunjukan tingkat pemahaman yang baik setelah selesai mengikuti kegiatan, serta peserta lebih siap dalam menghadapi tantangan dalam pembelajaran kurikulum merdeka.


Keywords


Calon Guru PAI, Kurikulum Merdeka, Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Ainia, D. . (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Alhamuddin. (2014). SEJARAH KURIKULUM DI INDONESIA (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Nur El-Islam, 1(2), 48–58. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/226468-sejarah-kurikulum-di-indonesia-studi-ana-bac69203.pdf

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. Retrieved from https://doi.org/10.31949/educatio .v7i3.1279

Eko Sudarmanto, D. (2020). Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan (1st ed.; A. Karim, Ed.). Yayasan Kita Menulis.

Fauziah, H., Trisno, B., & Rahmi, U. (2023). Peran Guru PAI Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 25–29.

Fitrotun, N. N., Huda, M. M., & Fikri, A. A. (2020). Persepsi Calon Guru PAI terhadap Merdeka Belajar. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 236–246. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i2.3387

Hanipudin, S. (2019). Pendidikan Islam di Indonesia dari Masa ke Masa. Matan : Journal of Islam and Muslim Society, 1(1), 39. https://doi.org/10.20884/1.matan.2019.1.1.2037

Hanipudin, S. (2020). Pendidikan Islam Berkemajuan Dalam Pemikiran Haedar Nashir. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 305–320. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4194

Haryanto. (2020). EVALUASI PEMBELAJARAN (KONSEP DAN MANAJEMEN) (1st ed.; S. Amalia, Ed.). Yogyakarta: UNY Press.

Insani, F. D. (2019). SEJARAH PERKEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA SEJAK AWAL KEMERDEKAAN HINGGA SAAT INI. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43–64.

Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajaran. Retrieved November 30, 2023, from kemdikbud.go.id website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran

Marinda Sari Sofiyana, D. (2021). PANCASILA Merdeka Belajar Dan Kemerdekaan Pendidik (1st ed.; Hayat, Ed.). Malang: UNISMA Press.

Sulastri, M. (2023). STRATEGI GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 9 MALANG. UNISMA Malang.




DOI: 10.24235/dimasejati.v6i1.15836

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sarno Hanipudin