Implementasi Program Gaharu sebagai Penguatan Literasi Anak dan Keberfungsian Keluarga

Nurhannah Widianti(1*), Subyantoro Subyantoro(2), Rahayu Pristiwati(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan program Gaharu di kelurahan Argasunya, Kota Cirebon dan menjelaskan dampak program Gaharu di Kelurahan Argasunya , Kota Cirebon terhadap penguatan literasi anak dan keberfungsian keluarga. Penelitian ini sangat urgen dilakukan karena belum adanya kesadaran terhadap pentingnya penguatan literasi pada anak dan keberfungsian keluarga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif etnografi. Lokasi penelitian yaitu di Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. Sumber data penelitian berupa pelaksanaan program Gaharu pada warga Argasunya. Sementara itu, data penelitian adalah penggalan tuturan warga pelaksana Gaharu dan pengamatan program Gaharu. Teknik pengumpulan data yaitu berupa wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara tidak  terstruktur, pedoman catatan lapangan, dan dokumentasi berupa visual dan audio visual. Selanjutnya, data analisis secara kualitatif dengan tahapan pengumpulan data lapangan dan tinjauan pustaka, verifikasi data melalui klarifikasi berdasarkan kategori tertentu, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi program Gaharu dilaksanakan dengan menerapkan 5 M. Dengan penerapan yang konsisten diharapkan mampu memperkuat minat baca pada anak di Argasunya. Dampak Gaharu memantik keluarga di Argasunya, Kota Cirebon untuk menumbuhkan dan memperkokoh minat baca anak. Keluarga turut menyediakan buku-buku yang menarik, memperkenalkan anak pada perpustakaan, bahkan mengajak sekaligus mendampingi anak untuk membaca di teras baca gratis. Dengan adanya orang tua yang turut mendampingi anak dalam kegiatan literasi, anak akan semakin bersemangat dan tergerak untuk terus membaca.


Keywords


Program Gaharu; Penguatan Litreasi Anak; Keberfungsian Keluarga

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Y. (2020). Pemanfaatan Gadget dalam Meningkatkan Minat Baca Anak di Keluarga. Perpustakaan Universitas Airlangga, 10(2 desember), 138–147.

Cahya, A. N., Hartono, S., Reni, R., Hasanah, N., Ajie, M. F., Dian, M., Rahman, F., Wati, E., Hidayat, A., Hidayah, N., Viana, O., Liya, R., & Rahmat, S. (2022). Penguatan Literasi Anak Di Desa Kuala Sempang Kabupaten Bintan. JPPM Kepri: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i1.421

Devianty, R., & Sari, Y. (2022). Peran Keluarga dalam Mengoptimalkan Literasi Anak Usia Dini. Raudhah, 10(Januari-Juni), 1–9.

Dina, D., Fadli, N., & Nurunnisa, R. (2021). Penerapan Peran Keluarga untuk Menanamkan Literasi Dari Sejak Dini. 4(2), 167–172.

Ferianti, N., & Irna, I. (2020). Pengembangan Strategi Literasi Keluarga Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini (Penelitian Pengembangan pada siswa kelompok B PAUD BAI Rumah Cendekia Kabupaten Bogor). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.415

Fikriyah, Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Riset Pedagogik, 4(1), 94–107.

Hasibuan, E. (2021). Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Perkembangan Kepribadian Anak. Journal of Counseling, Education and Society, 2(2), 69. https://doi.org/10.29210/08jces132900

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Restiawati, D. (2021). Membangun Karakter dan Memberikan Pemahaman Mengenai Pentingnya Literasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Dedikasi, 1(910), 50–55.

Ridwan, T., Muqoyim, M., & Syauqi, M. (2020). Efektivitas Perpustakaan Keliling dalam Meningkatkan Indeks Literasi Baca Kota Cirebon. Ilmiah Indonesia, 5(3 maret), 147–156.

Salem, A., Tong, J., Syaif, A., Rahman, A. A., & Purnamasari, H. (2023). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Minat Baca Anak pada Siswa Kelas 2 di Madrasah Ibtidaiyah Siti Harfan Leuwutung. Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 465–470.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development).

Suteja, J., Setiawan, B., Muzaki, & Muna, R. N. (2023). The Use of Structural Family Counseling in Improving Family Functioning. Counseling Religious, 14(No.1 Juni), 1–24.

Widianti, N., & Padiatra, A. M. (2021). Internalisasi Nilai Moral Melalui Program Mendongeng. Cakrawala Linguiststa, 4(December), 124–131. https://doi.org/10.26737/cling.v4i2.2767

Wuryani, W., & Nugraha, V. (2021). Pendidikan keluarga dalam penguatan literasi dasar pada anak. 10(1), 101–110. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p101-110




DOI: 10.24235/dimasejati.v5i2.15084

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurhannah Widianti