Pelatihan Kewirausahaan untuk Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang

Dinar Maula Zahra(1*), Akhmad Fakhri Zain(2), Nazwa Ardiani Putri(3),


(1) Universitas Diponegoro
(2) Universitas Diponegoro
(3) Universitas Diponegoro
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengangguran merupakan msalah yang sering muncul pada negara berkembang. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menekan angka pengangguran adalah dengan berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan minat berwirausaha mahasiswa yang dilakukan dengan mengadakan kegiatan penjualan produk merch yang diciptakan oleh mahasiswa. Tidak hanya itu, penjualan produk tersebut juga dilakukan untuk membantu pendanaan dalam menunjang kegiatan himpunan mahasiswa dalam bidang Ekobis. Kegiatan penjualan produk melebihi parameter kuantitatif yang sudah ditargetkan yaitu sebanyak 49 pcs dari target minimal yaitu 15 pcs per keseluruhan produk. Selain itu, mahasiswa yang turut berkontribusi dalam penjualan produk merch juga merasa sangat terbantu dengan adanya pengalaman baru yang bisa didapatkan untuk pembelajaran ke depannya, dan mampu meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa.

Keywords


Kewirausahaan, Ekonomi, Bisnis.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, D. A. L., & Nurcaya, I. N. (2016). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(4), 241653.

Bakhri, S., Busthomi, A. O., & Sidik, G. M. (2022). Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Teknologi Informasi Berpengaruh Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 7(2), 195. https://doi.org/10.24235/jm.v7i2.11577

Hasanah, L. L. N. El. (2015). Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 268–280. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.36812

Hasanah, U. U., & Setiaji, K. (2019). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri, Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Dalam E-Business. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.15294/eeaj.v13i2.17051

Indah, M. Y. N., Wulandari, R., Yanti, M. M., Shodiq, F., Fathonah, Pawestri, A. A. M., Alvianita, I., & Husna, A. N. (2021). Resiliensi Wirausaha Digital di Masa Pandemi Covid-19: Studi Literatur. Proceeding of The …, 1, 643–648. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/download/1402/1369

Marfua, S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Menanamkan Jiwa Leadership Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Sinau, 7(1), 1–12.

Marlinah, L. (2017). Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jurnal Cakrawala: Ejournal.Bsi.Ac.Id, 17(2), 258–265. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/2488

Pajarianto, H., Ukkas, I., & Pribadi, I. (2020). Pengembangan Kewirausahaan Di Universitas Muhammadiyah Palopo. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 442. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3230

Sintya, N. M. (2019). Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas Mahasaraswati Denpasar. Jurnal Sains,Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 1–44. http://journals.segce.com/index.php/JSAM/article/view/31/32

Wahyuningsih, S., & Satriani, D. (2019). Pendekatan Ekonomi Kreatif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 195–205. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.172

Widiartami, Dita. (2021) Peluang Usaha dalam Industri Kreatif Sektor Desain Merchandise K-Pop di Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Indonesia.




DOI: 10.24235/dimasejati.v5i1.13504

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dinar Maula Zahra, Akhmad Fakhri Zain, Nazwa Ardiani Putri