Development of a Literacy House to Increase Interest in Reading in Children
(1) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, (SCOPUS ID : 57318405800; SINTA ID : 6156347)
(2) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arafik, M., & Rini, T. A. (2021). Pengembangan Implementasi Gerakan Literasi Sastra Anak Mampukah Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar? Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 6(2), 75. https://doi.org/10.17977/um027v6i22021p075
Darmadi. (2016). MEMBACA, YUUUK.....! “Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sejak Usia Dini.†GUEPEDIA.
Firdaus, W., Jamila, W. B., Maulidiyah, A., & Nuha, N. U. (2022). Meningkatkan Minat Baca Pada Anak Usia Sekolah Melalui Gerakan Literasi Rumah Baca Di Dusun Sentono. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 1(1), 13–26. https://doi.org/10.46773/djce.v1i1.273
Fitriani, Y. (2018). Pengaruh Minat Membaca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Kelas VI SD Negeri 68 Palembang. PEMBAHSI: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 32–42. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/pembahsi.v8i2.2082
Haniah, & Bakhri, S. (2022). Sosialisasi, Aktualisasi dan Evaluasi Program Rutilahu Di Kota Cirebon. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat2, 4(1), 94–106.
Kasiyun, S. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1).
Lesmana, R., Sunardi, N., Kartono, Rudy, & Sumiaty, R. Y. (2020). Implementasi Manajemen dalam Meningkatkan Minat Baca Warga Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2), 119–126.
Maskurotunitsa, R. S., & Rohmiyati, Y. (2016). Peran Perpustakaan Desa “Mutiara†dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Kalisidi Kecamatam Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(4), 81–90.
Mulyantari, A. I., Romadhona, N., & Nuripah, G. (2019). Hubungan Kebiasaan Penggunaan Gadget dengan Status Mental Emosional pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains (JIKS), 1(1), 10–15.
Musbikin, I. (2021). Penguatan Karakter Gemar Membaca, Integritas dan Rasa Ingin Tahu (Rizal (ed.)). Nusa Media.
Nafisah, A. (2014). Arti Penting Perpustakaan bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 2(2), 69–81. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v2i2.1248
Nurmalia, L. (2023). Bahasa dan Sastra di Sekolah Dasar. Uwais Inspirasi Indonesia.
Nurpadillah, V., Rianto, R., Assegaf, M., & Qibulama’a, K. (2022). Optimalisasi “Sepeda Pustaka†dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa Sekolah Dasar. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 48. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v4i1.10817
Prasrihamni, M., Zulela, & Edwita. (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1922
Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1).
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829
Sari, P. N., Husadha, C., Haryanto, R. A., Andrian, Prasetyo, E. T., & Istianingsih. (2021). Perpustakaan Desa Terhadap Minat Baca Lingkungan Desa Muara Bakti, Kabupaten Bekasi. Jurnal Abdimas UBJ, 4(1), 17–27. https://doi.org/https://doi.org/10.31599/jabdimas.v4i1.199
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1).
Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik Lewat Literasi untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154–163. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195
Syarif, I., & Elihami. (2020). Pengadaan Taman Baca Dan Perpustakaan Keliling Sebagai Solusi Cerdas Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 109–117.
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia(Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–23. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Tantri, A. A. S. (2017). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. Acarya Pustaka, 2(1), 1–29.
Uno, H. B. (2023). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan (1st ed.). Bumi Aksara.
Wulandari, I. (2017). Peningkatan Minat Baca Melalui Metode Dongeng Pada Anak-anak Anggota Sanggar Ruang Aksara Gayamharjo Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Bakti Saintek, 1(2), 73–77.
DOI: 10.24235/dimasejati.v5i1.13497
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Syaeful Bakhri, Anisa Suhada Putri