Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Open Journal System Bagi Guru Bahasa Indonesia di MTs Se-Kota Cirebon

Tato Nuryanto(1), Itaristanti Itaristanti(2), Wahyu Hidayat(3), Sylpia Ayuningrum(4), Indrya Mulyaningsih(5*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(4) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(5) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Guru masih memiliki kemampuan menulis ilmiah yang rendah karena belum memahami konsep tulisan ilmiah dan pengembangan profesionalisme yang berkelanjutan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan terkait publikasi di jurnal daring sebagai hasil penelitian tindakan kelas. Adapun tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi guru Bahasa Indonesia dalam melakukan publikasi di jurnal berbasis Open Journal System (OJS). Metode pendampingan menggunakan Participation Action Research (PAR), yakni dengan partisipasi aktif para guru.Pendampingan dilakukan sebanyak empat kali, dari 23 Juli sampai 20 Agustus 2022. Peserta pendampingan adalah 24 guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Tsanawiyah se-Kota Cirebon, baik negeri maupun swasta. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa guru belum memiliki motivasi terkait publikasi ilmiah. Berbagai kendala yang dialami para guru karena faktor: 1) dukungan dari pihak sekolah, 2) keterbatasan waktu, 3) keterbatasan pengetahuan tentang penelitian tindakan kelas, dan 4) keterbatasan pengetahuan tentang artikel ilmiah. Alhasil, pendampingan ini kurang berhasil karena peserta tidak mengikuti pendampingan secara berkelanjutan. Terdapat dua hal yang perlu diperhatikan agar pendampingan berjalan efektif, yakni 1) kepala sekolah hendaknya memberi fasilitas kepada guru dalam rangka pengembangan keprofesionalan berkelanjutan dan 2) jumlah pendampingan perlu ditambah agar benar-benar sesuai dengan kondisi guru.


Keywords


artikel ilmiah; Bahasa Indonesia; Madrasah Tsanawiyah; Open Journal System

Full Text:

PDF

References


Anjani, T., Afridah, Z. F., Nadhila, A. Z., Hasana, S. M., & Fauzi, I. (2022). Kebijakan Pemberian Kompensasi Guru dan Implikasinya Terhadap Kinerja Mengajar. Al-Ibrah, 7(2), 45-63.

Annur, F. &Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Pandemi Covid-19. MAHAROT: Journal of Islamic Education, 5(1), 19-42.

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.

Asnawi, N. & Setyaningsih, N. D. (2021). Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Koperasi Syariah: Pendekatan Participatory Action Research.Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,1(2), 124-143. Https://Doi.Org/10.51339/Khidmatuna.V2i1.199

Aunurrahman, A., Musa, M., Suhaida, D., Lahir, M., & Dediansyah, A. (2019). Persepsi Guru terhadap Pelatihan Karya Tulis Ilmiah di Kabupaten Sekadau. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(1),1−13. ISSN 1829-8702 (Print) ISSN 2407-1803 (Online).

Dairoh, D., Wiyono, S., & Renaningtias, N. (2020). Pengembangan Keterampilan dan Kemampuan Guru SMKN 2 Kota Tegal dalam Melakukan Penelitian dan Pembuatan Karya Ilmiah. Jurnal Abdimas PHB,3(1), 63−71. p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X.

Dewi M, C. S., & Zuroidah, N. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Al-Qur’an Santri TPQ Asy-Syifa Bangsal melalui Metode Explicit Instruction.Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat,2(1), 33-45. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i1.61

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2019). Buku 4: Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ekawarna, E., & Salam, M. (2020). Pelatihan PTK: Alternatif Solusi dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun Karya Tulis Ilmiah.Jurnal Karya Abdi Masyarakat,4(2), 195−205. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10519

Ekawarna, Salam, M., & Anra, Y. (2021). Memilih Masalah Untuk Penelitian Tindakan Kelas: Bahan kajian untuk pelatihan Guru menyusun Laporan hasil PTK. Jurnal Karya Abdi, 5(1), 52-62.

Hadi, K. A., Qomariyah, N., Minardi, S., Mardiana, L., Alaidrus, A. T., & Alaa, S. (2019). Pengembangan Profesionalissme Guru dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(2), 69−73. e-ISSN: 2655-5263.

Hafid, A., Mukhtar, H., Hayami, R., Fatma, Y., Unik, M., Rizki, Y., & Hasanuddin. (2018). Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah dan Penelitian Bagi Guru SLTAdengan Pemanfaatan Software Referensi. Jurnal Pengabdian untuk Mu NegeRI, 2(2), 77-82.

Hamid, A. (2020). Profesionalisme Guru Dalam Proses Pembelajaran.Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan,10(1), 1-17.

Hasan. (2021). Publikasi Ilmiah Bagi Guru Sekolah: Antara Realita dan Harapan. Cross-Border, 4(2), 154-164.

Hermawan, C. M. (2019). Refleksi Guru Dalam Melakukan Penelitian Tindakan untuk Meningkatkan Keberhasilan Siswa. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 78-91.

Huda, M. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi pada Mata Pelajaran PAI). Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266.

Irawan, D. E., Abraham, J., Multazam, M. T., Rachmi, C. N., Mulyaningsih, I., Viridi, S., Mukti, R. R., Djamal, M., & Puradimaja, D. J. (2018). Era baru publikasi di Indonesia: status jurnal open access di Directory of Open Access Journal (DOAJ). Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 14(2), 133-147.

Irwansyah, M. R., Maysanjaya, I. M. D, Tripalupi, L. E. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMK Negeri 1 Denpasar. Proceeding Senadimas Undiksha 2020, 1050−1055. ISBN 978-623-7482-47-5

Krismanto, W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Publikasi Ilmiah Kalangan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Dedikasi, 20(1), 112−118.

Muhtarom, A. (2018). Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota. DIMAS, 18(2), 259-278.

Nahadi, N., Firman, H., & Khilda, K. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Diri dan Penilaian Teman-Sejawat Untuk Menilai Kinerja Siswa SMK Pada Praktikum Kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 4(2), 111-118.

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 97 – 114. ISSN 0216-8995

Nurani, R. Z., Febriani, W. D., & Wakih, A. A. (2020). Pelatihan Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Singaparna. Journal of Empowerment Community, 2(1), 92-96.

Nuryanto, T., Uswati, T. S., Mulyaningsih, I., & Khuzaemah, E. (2022). Pendampingan Penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum 2021 Bagi Guru Bahasa Indonesia di MTs Negeri Se-Kabupaten Cirebon. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 104-115.

Paimun. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menulis Artikel melalui Workshop. Jurnal Ilmiah, Edisi September 2020, 28−35.

Paryadi. (2015). Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Bahasa Indonesia di SMA.Manajer Pendidikan, 9(5), 651-658.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2015 tentang Uji Kompetensi Guru atau Pendidik Lainnya dan Tenaga Kependidikan.

Qomar, M. N.,Karsono, L. D. P.,Aniqoh, F. Z.,Aini, C. N.,&Anjani, Y. (2022). Peningkatan Kualitas UMKM Berbasis Digital Dengan Metode Participatory Action Research (PAR). Communnity Development Journal, 3(1),74-81.

Rahmatina, R., Zuardi, Z., & Helsa, Y. (2022). Peningkatan Pengetahuan dan Kemampuan Guru Dalam Menulis Penelitian Tindakan Kelas dan Artikel. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(8), 2115-2122.

Rahyasih, Y., Hartini, N., &Syarifah, L. S. (2020). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Sebuah Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru (Sustainability Professional Development: A Scientific Paper-Training Need Analysis for Teachers). Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 136- 144.

Sabarudin. (2018). Materi Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jurnal An-Nur, 04(01), 1-18.

Safrudin, V. R. &Anshory, I. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMP Muhammadiyah Waipare Kabupaten Sikka. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 175-186.

Selasi, D., Umam, K., & Alfiyanti, D. R. P. (2021). Pendekatan ABCD (Asset Based Communitty Development): Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga melalui Pelatihan Pembuatan Telur Asin di Desa Marikangen Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon.Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 176-188. DOI:https://doi.org/10.47453/etos.v3i2.532

Situmorang, K., Batubara, R., Ningsih, W., & Nasution, N. (2022). Sistem Kompensasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik (Studi Kasus SDN 014687 Rawang Pasar IV). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 703-709.

Sulaeman, A. A. (2020). Profil Kemampuan dan Kreativitas Guru IPA dalam Menyusun Karya Tulis Ilmiah pada Pembelajaran Kurikulum 2013. Journal of Biology Education, 3(1), 1−15.

Sumardjoko, B. (2017). Pemetaan Kemampuan Guru dalam Penulisan Karya Ilmiah. The 5th Urecol Proceeding, 18 February 2017 Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Sureja, A., Hendayani, S., & Budiarti, Y. (2021). Analisis Kemampuan Kompetensi Sosial Dalam Profesionalisme Pendidik. Journal of Elementary School Education, 1(2), 51-56.

Taufik, A.& Aini, N. (2019). Kompetensi Pedagogik Guru dengan Strategi Pembelajaran Kreatif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. ẽl-Midad: Jurnal PGMI, 11(1), 1 – 18.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Utami, I. H. & Hasanah, A. (2019). Kompetensi Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(2), 121-139. DOI: 10.22373/pjp.v8i2.6232.

Wulandari, R. W., & Maryani, N. (2020). Peningkatan Keterampilan Guru SMA Terbuka melalui Pelatihan Pembuatan E-Media. Jurnal Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 39- 48.

Yohamintin, Permana, J.,Nurdin, D., Suharjuddin, Alkaf, A. H., &Huliatunisa, Y. (2021). Evaluasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Pendidik. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 173-184.

Z, A., Sari, F. M., & Prihati. (2021). Pemulihan Ekonomi Melalui Pembangunan Kebun Bibit Desa Menggunakan Metode Participatory Action Research (PAR). Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 356-364. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.5351

Zulfitri, H., Setiawati, N. P., & Ismaini. (2019). Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. Lingua: Jurnal Bahasa & Sastra, 19(2), 130-136.




DOI: 10.24235/dimasejati.v5i2.12834

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tato Nuryanto, Itaristanti Itaristanti, Wahyu Hidayat, Sylpia Ayuningrum, Indrya Mulyaningsih