Pelatihan Pengembangan Pemahaman dan Sikap Keberagamaan Moderat Berbasis Nilai Keislaman-Keindonesiaan
(1) Universitas Paramadina
(2) Universitas Paramadina
(3) Universitas Paramadina
(4) Universitas Paramadina
(5) Universitas Paramadina
(6) Universitas Paramadina
(*) Corresponding Author
Abstract
Program ini didasarkan atas hasil sebuah penelitian yang berjudul “Studi Pengaruh Pembelajaran Kuliah Nilai Hidup Paramadina (NHP) terhadap Karakter dan Perilaku Mahasiswaâ€. Penelitian ini didorong oleh keprihatinan terhadap meningkatnya intoleransi dan radikalisme serta ketegangan kontraproduktif antara paham keislaman dan kebangsaan di kalangan anak muda dan mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis statistic deskriptif. Program pengabdian masyarakat ini dirancang dengan mengadakan training dan workshop terhadap sejumlah guru agama yang peran mereka sangat strategis dan penting dalam pembentukan pemahaman dan sikap keberagamaan yang moderat. Workshop ini diikuti oleh 26 guru dari Jakarta, Tangerang dan Serang selama 3 hari. Testimoni dan saran dari peserta menggambarkan program ini cukup berhasil menginspirasi mereka untuk lebih mendalami nilai keislaman-keindonesiaan. Diseminasi gagasan moderasi beragama ini dilakukan, diantaranya, melalui pelatihan dan pengembangan nilai-nilai keislaman yang satu tarikan napas dengan nilai-nilai kebangsaan (keindonesiaan). Penelitian ini dilakukan kepada 156 mahasiswa yang mengikuti kuliah NHP. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi yang kuat dan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kuliah NHP dengan persepsi dan sikap mahasiswa terhadap nilai keislaman dan keindonesiaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Basleman, A., & Syamsu, M. (2011). Teori Belajar Orang Dewasa, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dalton, B. (1982). Indonesia Hand Book. California: Moon Publications.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia pusat bahasa (p. 963). p. 963. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Galam, S. (2002). The September 11 attack: A percolation of individual passive support. The European Physical Journal B-Condensed Matter and Complex Systems, 26(3), 269–272.
Hergenhahn, B. R., & Olson, M. (2008). Theories of Learning [Teori-Teori Belajar]. Jakarta: Prenada Media Group.
Hidayatulloh, T. (2018). Islam dan Pendidikan Karakter: Implementasi Pendekatan Living Values Education di Sekolah Madania. Jakarta: INSEP.
Hodgson, M. G. S. (1974). The Venture of Islam (3rd ed.). Chicago: University of Chicago press.
Isna, M. (2001). Diskursus Pendidikan Islam. Yogyakarta: Global Pustaka Utama.
LaKIP. (2011). Survei Lembaga Kajian Islam dan Perdamaian. Jakarta.
LaKIP. (2021). Survei Radikalisme di Kalangan Pelajar Tingkat Sekolah Menengah di Jakarta dan Sekitarnya. Jakarta.
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. (2021). Anak-anak muda Indonesia makin radikal. Retrieved from http://lipi.go.id/berita/single/Anak-anak-muda-Indonesia-makin-radikal/15089
Lexmond, J., & Reeves, R. (2009). Building Character. London: Demos.
Madjid, N. (1998). Teks Pidato Nurcholish Madjid dalam Sambutan Pembukaan Universitas Paramadina. Jakarta.
Majid, N. (2008). Islam, Kemodernan, dan Keindonesiaan. Bandung: Mizan Pustaka.
Maskawih, I. (1985). Tahdzib al-Akhlaq fi al-Tarbiyah (Pembinaan Karakter dalam Pendidikan). In Cet. I, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Park, N., Peterson, C., & Seligman, M. (2004). Strengths of Character Well-Being. Journal of Social and Clinical Psychology, 2(5), 603–619.
Poerwadarminta, W. J. S. (1999). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories aAn Educational Perspective (6th ed.). USA: Pearson Education.
Stoley, K. S. (2005). The Basic of Sociology (p. 45). p. 45. Westport: Greenword Press.
Sutarjo, A. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Thoha, H. M. C. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wade, C., Tavris, C., & Garry, M. (2015). Psikologi. Jakarta: Erlangga.
Winkel, W. S. (2007). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
DOI: 10.24235/dimasejati.v4i1.10818
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Husain Heriyanto, Taufik Hidayatullah, Aan Rukmana, Tia Rahmania, Emil Radhiansyah, Ibnu Rusyd