Optimalisasi “Sepeda Pustaka†dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa Sekolah Dasar

Veni Nurpadillah(1*), Rianto Rianto(2), Muhammad Assegaf(3), Khawa Qibulama’a(4),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(4) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengabdian ini dilaksanakan untuk menunjang program literasi yang diusung oleh pemerintah. Berdasarkan data PISA (Program for International Student Assesment), kemampuan literasi dan numerasi Indonesia cenderung stagnan dan menduduki peringkat kedua dari bawah. Kami juga mengamati keadaan pasca pandemi ini bahwa tingkat literasi terlihat sangat rendah untuk siswa SD dikarenakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan program sepeda pustaka untuk meningkatkan tingkat literasi dikalangan siswa SD, khususnya di sekolah Dasar Negeri Tegalgubug Kabupaten Cirebon. Subjek dampingan yang dipilih, yaitu SD Negeri 1 Tegalgubug yang berada di Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan pengabdian ini adalah dengan menggunakan pendekatan klasikal dan individual. Kami berharap setelah kegiatan sosialisasi kepada para siswa SD mengenai pentingnya membaca atau budaya literasi, minat baca para siswa akan tumbuh dan dapat ikut melestarikan budaya membaca. Pihak sekolah juga menandatangani MoU dengan sepeda pustaka. Kami harap setelah terjalinnya kerjasama antara sepeda pustaka dengan SDN 1 Tegal Gubug, budaya membaca pada siswa SD dapat meningkat secara signifikan.


Keywords


Sepeda Pustaka, Literasi, SDN Tegal Gubug

Full Text:

PDF

References


Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). “Pengaruh Kurangnya Literasi Serta Kemampuan Dalam Berpikir Kritis Yang Masih Rendah Dalam Pendidikan Di Indonesiaâ€. In Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1).

Ardian, R. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di SMA Negeri 1 Banyuasin I (Implementasi Permendikbud No.23 Tahun 2015). 23, 162–171.

Asdam, B. (2015). Minat Baca dan Promosi Perpustakaan Sebagai Sarana Mendekatkan Masyarakat Pada Perpustakaan. Jupiter, XIV(1), 32–37.

Dewi, A. F., & Sari, T. M. (2019). Rumah baca maja: peningkatan literasi sains remaja desa maja kecamatan marga punduh, pesawaran. 1(2), 343–358.

Kusumaningrum, D. E., Gunawan, I., Sumarsono, R. B., & Triwiyanto, T. (2019). Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan. 2(3), 164–169.

Mastra, I. N. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Pendampingan Klasikal Dan Individual Di SD Negeri 26 Ampenan Semester SAtu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 26. https://doi.org/10.36312/jime.v5i2.755

Muhtadien, S., & Krismayani, I. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Kunjung Siswa. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23240/21268.pdf

Ngurah Suragangga, I. M. (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195

Niswaty, R., Darwis, M., M, D. A., Nasrullah, M., & Salam, R. (2020). Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 8(1), 66. https://doi.org/10.24252/kah.v8i1a7

Rahayu, T. (2016). Penumbuhan budi pekerti melalui gerakan literasi sekolah. 179–183.

Rahim, F. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.

Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2017). Scientific literacy of students learned through guided inquiry. International Journal of Research & Review, 234(5), 23–30. https://www.ijrrjournal.com/IJRR_Vol.4_Issue.5_May2017/IJRR004.pdf

Santoso, M. (2018). Membangun Kegiatan Literasi Melalui Komunitas: Upaya Pustakawan Bergerak dengan Program Go-Read. Media Pustakawan, 25(3), 39–48. https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/219

Sariyem. (2016). "Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas Tinggi SD Negeri Di Kabupaten Bogor". Jurnal Pendidikan Dasar, 7.

Tantri, A. A. S., & Dewantara, I. P. M. (2017). Keefektifan Budaya Literasi di SDN 3 Banjar Jawa untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 204–209. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JERE/article/viewFile/12054/7995

Teguh, M. (2017). Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pbe




DOI: 10.24235/dimasejati.v4i1.10817

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Veni Nurpadillah, Rianto Rianto, Muhammad Assegaf, Khawa Qibulama’a