Pendampingan Guru Dalam Pembuatan Video Pembelajaran Praktikum Untuk Menghadapi Era Digital Learning

Asep Mulyani(1), Evi Roviati(2*), Bambang Ekanara(3), Shofwatun Nada(4),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(4) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi Covid-19 berdampak pada keterbatasan dan hambatan dalam pembelajaran biologi terutama kegiatan praktikum. Namun pandemi ini juga mempercepat transformasi pembelajaran ke era pembelajaran digital (digital learning), sehingga menuntut guru untuk mampu dan terbiasa memanfaatkan media video dalam pembelajaran praktikum. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan video pembelajaran bagi guru-guru biologi di MAN 3 Cirebon agar guru-guru mampu dan terbiasa mengembangkan media pembelajaran video sendiri yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa. Pembuatan video pembelajaran praktikum dalam pelatihan dan pendampingan ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi video yang mudah dan ringan yaitu Kinemaster. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menghasilkan empat video pembelajaran praktikum yang dikembangkan oleh guru-guru peserta pelatihan dan pendampingan. Berdasarkan hasil evaluasi diketahui bahwa guru-guru peserta merasakan manfaat dari kegiatan ini dan menjadi mampu dalam mengembangkan video pembelajaran praktikum menggunakan alat, bahan dan aplikasi yang ada, mudah digunakan dan murah.


Keywords


Video Pembelajaran; Praktikum Daring; Video Praktikum

Full Text:

PDF

References


Brecht, H. D. (2012). Learning from online video lectures. Journal of Information Technology Education, 11(1), 227-250.

Code, J., Ralph, R., & Forde, K. (2020). Pandemic designs for the future: perspectives of technology education teachers during COVID-19. Information and Learning Sciences.

Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences, 118(17).

Gamage, K. A., Wijesuriya, D. I., Ekanayake, S. Y., Rennie, A. E., Lambert, C. G., & Gunawardhana, N. (2020). Online delivery of teaching and laboratory practices: continuity of university programmes during COVID-19 pandemic. Education Sciences, 10(10), 291.

Hariyanti, D., Mun'im, A. H., & Hidayat, N. (2020). Identifikasi hambatan mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring selama pandemi covid-19 di kabupaten jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 11-21.

Limiansi, K., Pratama, A. T., & Anazifa, R. D. (2020). Transformation in biology learning during the covid-19 pandemic: from offline to online. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 189-202.

P. for 21st Century Skills (P21), “P21’s framework for 21st century learning.†https://www.battelleforkids.org/networks/p21/frameworks-resources, Accessed on: 26-September-2021.

Putri, N. I., Herdiana, Y., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2021).Teknologi pendidikan dan transformasi digital di masa pandemi covid-19. Jurnal ICT: Information Communication & Technology, 20(1), 53-57.

Reimers, F., Schleicher, A., Saavedra, J., & Tuominen, S. (2020). Supporting the continuation of teaching and learning during the COVID-19 Pandemic. OECD, 1(1), 1-38.

Shute, V. J., & Becker, B. J. (2010). Innovative assessment for the 21st century. New York, NY: Springer.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73-80.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.




DOI: 10.24235/dimasejati.v4i1.10815

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Asep Mulyani, Evi Roviati, Bambang Ekanara, Shofwatun Nada