Kegiatan Bimbingan Belajar Dan Maghrib Mengaji Pada Masa Pandemi Di Desa Balong

Yeti Nurizzati(1*), Nurul Fajriyati(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran dilakukan melalui interaksi antara guru dengan siswa dalam rangka penyampaian dan pemahaman ilmu yang disampaikan. Hal ini harus didukung dengan dinamika proses pembelajaran yang efektif dan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Namun pada saat ini proses pembelajaran sedang terganggu karena adanya covid-19 yang mengharuskan siswa mengikuti pembelajaran secara online (daring). Banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar dan motivasi belajar siswa pun menjadi menurun, dikarenakan siswa tidak dapat mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami saat pembelajaran. Selain itu dalam pelaksanaan kegiatan maghrib mengaji diharapkan anak-anak semakin bersemangat dalam mendalami ilmu agama, karena ilmu agama sangat penting untuk menuntun kita ke jalan yang benar apalagi di zaman sekarang dimana pergaulan sangat mengkhawatirkan. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui kegiatan bimbingan belajar dan maghrib mengaji. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa dalam menghadapi kesulitan belajar dan memberikan motivasi belajar kepada siswa untuk terus semangat dalam belajar. Metode yang digunakan pada kegiatan bimbingan belajar dan maghrib mengaji adalah ceramah, diskusi, dan metode penugasan. Ketercapaian dari kegiatan ini terlihat dari semangat siswa dalam mengikuti program bimbingan belajar dan maghrib mengaji. Siswa juga mampu menjawab soal-soal yang diberikan terkait materi yang telah dibahas.

Keywords


Bimbingan Belajar; Maghrib Mengaji; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209

Hasanah, N., & Mujahid, H. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 181–199.

Hikmah, N. (2021). Mengajar Bahasa Inggris di Masa Pandemi Covid-19 : Refleksi di MI NU Rowolaku Kabupaten Pekalogan. 03, 73–80.

Indra, D. (2014). Pelaksanaan Manajemen Program Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji di Provinsi Sumatera Barat (Study Komparatif di Tiga Daerah). Al-Fikrah 2(2).

Khairullah, M. R. (2017). Evaluasi Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji di Kabupaten Kampar. JOM FISIP, 4(1), 1-45.

Kuspiyah, H. R., Zulaikah, & Nuriah, A. L. (2021). Pendampingan Kelompok Belajar Bahasa Inggris di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(3), 2–6.

Laudria Nanda Prameswati, Istiana Malikatin Nafi’ah, P. Y. P. (2021). Program Pendampingan Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 3(1), 18–24.

Lestari, I. P., Purnamasari, V., & Purnamasari, I. (2021). Pendampingan Siswa pada Program Belajar Dari Rumah untuk Membangun Semangat Siswa Sekolah Dasar di Desa Pekalongan Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 2(1), 12–17. https://doi.org/10.51874/jips.v2i1.10

Lutfiyah, L., & Roviati, E. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 181. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v2i2.7015

Rozak, Abdul et.al. (2018). Analisis Pelaksanaan Bimbingan Belajar Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. JOEAI (Journal of Education and Instruction) 1(1).

Santika, I Wayan Eka. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. INVEJ 3(1).

Sejati, Veny Ari. (2019). Penelitian Observasi Partisipatif Bentuk Komunikasi Interkultural Pelajar Internasional Embassy English Brighton, United Kingdom. JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(1), 21-24.

Sudarti, Prihandono, T., Sugiyanto, & Ruspitasari, H. (2021). Pendampingan Belajar Daring di Masa Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Desa Walikukun, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 71–76.

Taqiyuddin, T. (2021). Belajar Di Rumah Solusi Belajar Di Era Pandemi Covid-19. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 44. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v3i1.8385

Tolinggi, S. O. R., & S, F. R. (2020). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Arab di Era Adaptasi Kebiasaan Baru ( AKB ). Taqdir, 6(2), 95–116.




DOI: 10.24235/dimasejati.v4i1.10813

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yeti Nurizzati, Nurul Fajriyati