Indexing metadata

MEMAHAMI TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI (Perspektif Psikologi Perkembangan)


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document MEMAHAMI TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI (Perspektif Psikologi Perkembangan)
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Eti Nurhayati
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s)
 
4. Description Abstract

Anak usia dini (early childhood) memiliki karakteristik berbeda dengan usia sebelum dan sesudahnya, baik dalam fisik-biologis, motorik, kognitif, moral, dan psikososialnya. Oleh karena itu perlakuan dan pendidikan untuk anak usia dini juga spesifik, di mana harus mempertimbangkan kesesuaian dengan usia kronologis serta pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk itu, bagi orang tua/calon orangtua, pendidik/calon pendidik, maupun pihak yang terkait dan concern di bidang pendidikan prasekolah, merupakan keniscayaan untuk memahami tumbuh kembang anak usia dini yang bertujuan untuk membantu menumbuh-kembangkan anak-anak secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Keniscayaan itu disebabkan anak usia dini sedang berada pada masa emas (golden age) dalam rentang kehidupan (lifespan) manusia, karena pada masa itulah dasar-dasar kepribadian diletakkan untuk kehidupan berikutnya di masa dewasa kelak sebagai pribadi manusia yang seutuhnya.

Kata kunci: Perkembangan fisik, motorik, kognitif, psikososial; Anak usia Dini.

 
5. Publisher Organizing agency, location Jurusan PIAUD UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2015-08-31
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/738
 
10. Identifier Digital Object Identifier http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v1i2.738
 
11. Source Title; vol., no. (year) AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak; Vol 1, No 2 (2015)
 
12. Language English=en en
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2025 AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak