PERAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI

Ririn Anggraini(1*),


(1) UIN SULTAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam sebuah keluarga, figur orang tua memegang peranan penting dalam pembentukan kemandirian anak sejak dini, adapun peran ini digunakan untuk membantu anak menghadapi masa depannya, perhatian terhadap kemampuan anak untuk mandiri dapat dilakukan dengan pendampingan dan pembiasaan terhadap mandiri sehingga tumbuh kembangnya optimal baik fisik maupun mental. dan secara spiritual, anak-anak terbiasa melakukan pekerjaannya tanpa bergantung pada orang tua. Peran penting keluarga ini dapat membentuk anak mandiri yang berdampak baik bagi perkembangan mental dan intelektual anak, disiplin dalam melakukan apapun sesuai dengan kemampuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam pembentukan kemandirian anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengambil data dari wawancara dengan orang tua dan wali anak yang bertempat tinggal di RT 05 vortex 8, Desa Pusaran, Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri. Hilir, Provinsi Riau. Hasil penelitian ini adalah peran orang tua sebagai pembimbing dan pemberi motivasi serta pembiasaan perilaku mandiri dalam membentuk kemandirian anak usia dini.

Keywords


the role of parents, children's independence

Full Text:

PDF

References


Adhimah, Syifaul. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Menghilangkan Rasa Canggung Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 9(20):57–62.

Agustien Lilawati. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1).

Bangsawan, Indra, Ridwan, and Yulia Oktarina. 2021. “Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Anak Usia Dini Dalam Tunjuk Ajar Melayu Karya Tenas Efendy.” KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education 4(2):235–44.

Cahyati, Nika, and Rita Kusumah. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19.” Jurnal Golden Age 4(01):4–6. doi: 10.29408/jga.v4i01.2203.

Ermidawati. 2013. “PERANAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK.” Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera 11(22):1.

Fadillah, M. 2016. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fatimah Rizkyani, Vina Adriany, and Ernawulan Syaodih. 2019. “KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MENURUT PANDANGAN GURU DAN ORANG TUA.” Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini 16.

Fatwa Tentama. 2013. “Peran Orangtua Mendidik Anak ADHD.” Republika 2.

Kadek Dwinita Viandari, and Kadek Pande Ary Susilawati. 2019. “Peran Pola Asuh Orangtua Dan Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Prasekolah.” Jurnal Psikologi Udayana Vol.6, No.

M. Hidayat Ginanjar*. n.d. “KESEIMBANGAN PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK.” Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 2.

Martsiswati, Ernie, and Yoyon Suryono. 2014. “Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini.” 1(November 2014):187–98.

Muthmainnah. 2012. “Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Pribadi Anak Yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain.” Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1,.

Muzdalifah M. Rahman. 2013. “Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8 no 2.

Noor Baiti. n.d. “PENGARUH PENDIDIKAN, PEKERJAAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK.” JURNAL EDUKASI AUD.

Permendikbud. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Pratama, Dodi. 2018. “Peran Orang Tua Dalam Menigkatkan Pendidikan Anak Di Desa Piasak Hilir Kecamatan Selimbau.” Untan Pontianak.

Prima, E. 2020. “Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat Anak Usia Dini.” Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(3),:119–131.

Ria Nur Anggraeni, Fina Fakhriyah, Muhammad Noor Ahsin. 2021. “Peran Orang Tua Sebagai Fasilitator Anak Dalam Proses Pembelajaran Online Di Rumah.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar VIII(2):105–17. doi: 10.30659/pendas.8.2.105-117.

Ridwan, and Bangsawan Indra. 2021a. Konsep Dasar PAUD. Jambi: Anugrah pratama press.

Ridwan, and Bangsawan Indra. 2021b. Seni Bercerita, Bermain Dan Bernyanyi. jambi: Anugrah pratama press.

Sari, Desi Ranita, and Amelia Zainur Rosyidah. 2019. “Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan : Early Childhood Vol. 3 No.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiyani, N. A. 2015. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

worldometers. 2021. “Data Covid Dunia.” Worldometers. Retrieved (https://www.worldometers.info/coronavirus/#countries 2021).

Yamin, Martinis, and Jamilah. 2013. Panduan PAUD. Ciputat: Gaung Persada.

Yulianti, T. R. 2014. “Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Pos PAUD Melati 13 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah).” Jurnal EMPOWERMENT, 4(1),:11–24.




DOI: 10.24235/awlady.v8i2.9858

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks



Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

50  

 

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.