Permainan Tradisional Lulu Cina Buta: Stimulasi Keterampilan Sosial Emosional Anak

Fitri Febri Handayani(1*),


(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu prinsip belajar anak usia dini belajar seraya bermain, bermain dikatakan mampu meningkatkan ke enam aspek perkembangan anak. Terutama nilai-nilai dalam permainan tradisional yang dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah keterampilan sosial emosional anak kelompok B PAUD Mutiara Pertiwi Kecamatan Kempas yang berjumlah 22 anak dapat terstimulus melalui permainan tradisional lulu cina buta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antar peneliti dan guru kelas dengan menerapkan model Kemmis Tagart, dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Pelaksaaan tindakan dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdapat 3 kali pertemuan. Pengumpulan data melalui observasi dan catatan lapangan dan dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil Hasil penelitian menunjukkan keterampilan sosial emosional anak dapat terstimulus dengan sangat baik melalui permainan tradisional lulu cina buta

Keywords


sosial emosional anak, permainan tradisional lulu cina buta

Full Text:

PDF

References


Adi, B. S. (2020). "Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa." Jurnal Pendidikan Anak , Volume 9 ( 1 ), 2020 , 33-39 9(1), 33–39.

Amania, M., Nugahanta, G., A., & Kurniastuti, I. (2021). "Pengembangan Modul Permainan Tradisional Sebagai Upaya Mengembangkan Karakter Adil Pada Anak Usia 9-12 Tahun". 3 1, 2, 3. (2021). 8, 237–251.

Anzani, R. W., Insan, I. K., & Tangerang, U. M. (2020). "Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah." 2, 180–193.

Arikunto, S., dkk. (2015). penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqobah, Q., J., Ali, M., & Decheline, G., & Raharja, A., T. (2020). "Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal." 134 - 142 . 5(2), 134–142.

Bachtiar, M. Y. (2020). "Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Tradisional Congklak Di Taman Kanak-Kanak." 6(April).

Cendana, H., & Suryana, D. (2022). "Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini." 6(2), 771–778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1516.

Dewi, A. R., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). "Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini." 04(1), 181–190.

Fadlillah, Muhammad. (2017). desain pembelajaran paud: Tinjauan Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fauziddin, M. (2015). "Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui jam Pintar." Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49–54. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+hubungan+kemampuan+kognitif+dengan+pemahaman+matematika+pada+aud&btnG=#d=gs_cit&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3AgvzaxeuT7dUJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D1%26hl%3Did

Gusman, D., Studi, P., Informatika, T., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2021). "Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Animasi Di TK Taqifa." JOTE JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Volume 3 Nomor 1 Tahun 2021 Halaman 33-42.

Handoko, D., & Gumatan, A. (2021). "Penerapan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Olahraga Di Sma Negeri 1 Baradatu." 2(1), 1–7.

Hewi, L. (2020). "Perkembangan Sosial Emosional Di Tk Al-Aqsho Konawe Selatan."

Horin, Y., Afrilianti, A. (2020). "Emosional Anak Usia Dini Berdasrkan Undang-Undang Nomor. VI." 156–171.

https://www.melayupedia.com/berita/434/lu-lu-cina-buta-permainan-seru-tebak-nama-khas-kepri, diaskses pada 20 Desember 2021.

Husain, R. I., & Walangadi, H. (2021). "Permainan Awuta , Ponti dan Kainje dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini." 5(2), 1352–1358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.839

Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. ببب, 8(33), 37. http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf

Keputusan Menteri Agama Nomo 792 Tahun 2018 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Raudatul Athfal dan Juknis Raudatul Athfal : DO T : ME AS R KU. 2767.

Magfiroh, A. S., Usman, J., & Nisa, L. (2020). "Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Paud/Kb Al-Munawwarah Pamekasan." 1–16. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2978.

Maghfiroh, Y. (2020). "Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun." 6(1), 1–8.

Maulida, S. (2020). "Pengaruh Permainan Tradisional Bakiak Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia Dini." Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. 6.

Mulyasa, H., E. (2019). manajemen paud. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nisa, A. R., Patonah, P., & Prihatiningrum, Y., S. (2021). "Perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun: tinjauan pada aspek kesadaran diri anak." 4(1), 1–7.

Nurhayati, S., Pratama, M., & Wahyuni, I., W. (2020). "Perkembangan Interaksi Sosial Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Congklak Pada Anak Usia 5-6 Tahun." 7(2), 125–137.

Nurtianti, A. T., & Rahma, M. (2020). "Efektivitas Penerapan Metode Proyek Untuk Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B1 Tk Tahfizh Anak Bangsa Banda Aceh." 2) 1),2). (n.d.). 7(1), 11–19.

Rahayu, D., I., Hurhasanah., & Suarta, I., N. (2021). "Penerapan Permainan Tradisional Pada Main Pembukaan Pembelajaran Anak Usia Dini Dwi." 2(1), 171–176.

Rahmadani, S., Abdillah, M. Z., Oktavia, N. H., & Budiana, B. (2019). "Pengenalan Permainan Tradisional Jawa, Sunda, Batak dan Cina untuk Tingkat Sekolah Dasar." Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AbdiMas), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30871/abdimas.v1i1.1268.

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). "Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(2), 1011–1020. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502

Ramdani, Z., Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2021). "Penerapan Permainan Tradisional Bakiak Ular Tangga Untuk Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak." 5(02), 1–13.

Sari, H. M. (2021). "Analisis Pengembangan Kognitif dan Emosional Anak Kelompok Bermain Berbasis Kawasan Pesisir Pantai." 5(2), 996–1008. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.711.

Sujiono, Y., N. (2012). konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta Barat: Indeks.

Sukati, et al. (2019). ”Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini."

Syafi, I., & Solichah, E. N. (2021). "Asessmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Ummul Quro Talun Kidul." 5(02), 83–88/.

Sudijono, Anas. (2019). pengantar statistika pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trismahwati, D., & Sari, N. I. (2020). "Identifikasi kemampuan kerjasama anak usia dini melalui permainan tradisional."

Wahyuni, I., W., Muazimah, A., & Misda. (2020). "Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Tarik Upih Berbasis Kearifan Lokal." 8(1), 61–68.

Yus, Anita (2015). penilaian perkembangan belajar anak taman kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Yustina, A. (2021). "Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Jombang" Jurnal PAUD Teratai Volume 10 Nomor 1 Tahun 2021. 1–7.

Zakia & Mayar, F. (2020). "Menstimulasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Seni Permainan Tradisional." 2(2), 28–33.




DOI: 10.24235/awlady.v8i1.9609

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

50  

 

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.