PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PENGENALAN IDENTITAS DAN PERAN GENDER PADA ANAK USIA DINI

Renda Nur Rofiah(1*), Raden Rachmy Diani(2),


(1) UIN Sunan Kalijaga
(2) UIN Sunan Kalijaga
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan keluarga tidak hanya berpusat pada akademik semata tetapi juga mencakup sosialisasi nilai-nilai untuk perkembangan baik konsep diri maupun kepribadian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan keluarga dalam pengenalan identitas dan peran gender pada anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga pasang orangtua yang memiliki anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan identitas gender disesuaikan dengan tahap perkembangan anak usia dini yaitu pada fasse pra-operasional berdasarkan teorinya Piaget. Sehingga identitas gender dikenalkan melalui ciri-ciri fisik yang dapat diamati  langsung oleh anak. Untuk pengenalan peran gender dilakukan dengan cara memberi tauladan kepada anak dan melibatkan anak dalam aktivitas sehari-hari. Sebagian besar identitas dan peran gender yang disosialisasikan masih terpengaruh oleh stereotip gender yang berlaku dalam masyarakat. Pergeseran stereotip gender dipengaruhi oleh lingkungan, pendidikan, dan kesadaran diri orangtua.

Full Text:

PDF


DOI: 10.24235/awlady.v8i2.8406

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here